Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Trafik Data Telkomsel Naik 32 Persen pada Libur Akhir Tahun

Trafik Data Telkomsel Naik 32 Persen pada Libur Akhir Tahun Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, trafik layanan data atau payload di wilayah operasional Area Jabotabek Jabar diperkirakan meningkat 32 persen dibandingkan hari biasa.?

Vice President ICT & Network Management Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Juanita Erawati mengatakan?umumnya pada periode ini layanan data digunakan pelanggan untuk menyaksikan video dan mendengarkan musik secara streaming, bermain online games, maupun berinteraksi di aplikasi pesan instan dan media sosial.?

"Berbanding terbalik dengan layanan data yang semakin tumbuh, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun seiring dengan tingginya adopsi pelanggan terhadap layanan berbasis broadband dan digital di wilayah Telkomsel Area Jabotabek Jabar," kata Juanita kepada wartawan di Bandung, Jumat (22/12/2017).

Juanita mengungkapkan sebagai? antisipasi awal yang dipersiapkan Telkomsel Area Jabotabek Jabar antara lain dengan melakukan identifikasi sekitar 142 lokasi yang diprediksi setiap tahunnya selalu menjadi titik pusat keramaian masyarakat dalam memanfaatkan momen libur Natal dan Tahun Baru, seperti tempat beribadah, pusat perbelanjaan baik modern maupun pasar tradisional, alun-alun kota, destinasi wisata dan hiburan, hingga titik transit massa seperti pelabuhan, stasiun kereta, terminal dan bandar udara.

"Setelah sukses mengawal periode Hari Raya Idul Fitri beberapa waktu lalu, kini Telkomsel juga memastikan kesiapan jaringan di sejumlah titik keramaian, terutama menjamin kenyamanan pengalaman akses layanan broadband para pelanggan dalam mengabadikan momen libur Natal dan pergantian tahun," papar Juanita.

Telkomsel Area Jabotabek Jabar juga? telah memprioritaskan pengamanan jaringan dengan melakukan optimalisasi jaringan 3G dan 4G di sejumlah lokasi destinasi wisata yang diprediksi akan mengalami lonjakan kunjungan massa saat momen pergantian tahun, antara lain Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (Jakarta), Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Botani Square (Bogor), dan Pantai Pangandaran (Kab. Pangandaran), serta kawasan pusat perbelanjaan modern seperti Bundaran Kelapa Gading Jakarta, Depok Town Square, Mall Living World Alam Sutera dan Paskal 23 Bandung.?

"Secara keseluruhan, untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada momen Natal dan Tahun Baru ini, Telkomsel telah menggelar lebih dari 33.000 BTS dengan sekitar 8.300 eNode B (BTS 4G) di lebih dari 100 kota kabupaten juga disiagakan di wilayah operasional Area Jabotabek Jabar untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data," jelas Juanita.

Adapun, Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan menjelaskan, pihaknya telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati liburan Natal dan Tahun Baru, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun.?

"Kami juga secara rutin melakukan uji jaringan, baik dalam kondisi bergerak maupun tidak bergerak, untuk menjamin kelancaran penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video aktivitas pergantian tahun melalui perangkatnya.? ujar Bob.

Dari sisi pelayanan pelanggan, Telkomsel telah menyiagakan 63 Mobile GraPARI (MoGi) dan?yang akan membantu memenuhi kebutuhan pembelian kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, aktivasi berbagai layanan broadband dan digital.?

Selain itu, sekitar 39 Telkomsel Distribution Center (TDC) yang dikelola oleh Mitra Authorized Dealer (AD) Telkomsel juga akan tetap beroperasi secara normal untuk memastikan ketersediaan produk Telkomsel tetap bisa terdistribusi untuk outlet reseller di wilayah operasional Telkomsel Area Jabotabek Jabar.?

"Bagi pelanggan yang terbiasa menggunakan layanan pesan instan, layanan self-service GraPARI Virtual siap berinteraksi secara langsung untuk menjawab berbagai permintaan informasi seputar produk dan layanan Telkomsel selama 7x24 jam yang dapat diakses melalui LINE, Facebook Messenger, dan Telegram," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: