Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

5 Kunci Sukses dengan Artificial Intelligence di 2018

5 Kunci Sukses dengan Artificial Intelligence di 2018 Kredit Foto: Reuters/Thomas Peter
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemikir terkemuka percaya bahwa AI akan memberikan solusi terhadap perubahan iklim, mencegah semua kecelakaan lalu lintas, dan mengubah semua orang menjadi cyborg super manusia.

Kemudian, ada orang-orang yang percaya bahwa AI dapat membuat hampir semua orang tidak bekerja, menghancurkan kelas menengah, atau menjadi alat militer tipe Skynet yang menghancurkan dunia.

Terlepas dari pandangan pribadi Anda, skenario terburuk maupun skenario terbaik tidak akan membuahkan hasil di tahun 2018. Prediksi yang relatif aman, bagaimanapun, adalah bahwa perusahaan Anda akan mengejar setidaknya satu tujuan yang berkaitan dengan AI di tahun yang akan datang. Itulah yang terjadi ketika sebanyak 81 persen CEO Fortune 500 mencantumkan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin sebagai hal yang sangat penting bagi masa depan perusahaan mereka.

Kesalahan langkah historis dengan perubahan transformatif juga menunjukkan bahwa inisiatif artificial intelligence buatan awal ini cenderung gagal. Berikut adalah lima hal yang perlu diingat untuk memastikan kesuksesan Anda dengan artificial intelligence (AI) di tahun baru ini.



1. Berhenti takut dengan AI.

Stephanie Trunzo, Chief Digital Officer dan COO di PointSource, sebuah perusahaan Globant, mengatakan bahwa masih banyak orang dan perusahaan yang mendengar kata-kata "kecerdasan buatan" dan diasosiasikan sebagai fiksi ilmiah. John McCarthy sebenarnya menciptakan istilah tersebut pada tahun 1955 dalam proposalnya untuk Konferensi Dartmouth yang diadakan pada tahun 1956. Pada tahun 1958, McCarthy menciptakan bahasa komputer Lisp yang berlanjut sebagai bahasa pemrograman AI standar sekarang.

Anda telah diam-diam menggunakan contoh kecerdasan buatan yang terus berkembang selama bertahun-tahun. Jika Anda menerima hadiah liburan bersama Siri, Alexa, atau Google Home, Anda menggunakan AI sekarang juga. Apa yang berbeda hari ini adalah peningkatan eksponensial dalam daya komputasi sehingga membuatnya merasa semuanya mungkin terjadi. Siap-siap. AI ada di sini, dan Anda perlu menunjukkan keingintahuan aktif tentang apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan.



2. Fokus pada pemecahan masalah bisnis bukan teknologinya.

Trunzo mengatakan, "Teknologi adalah subplot. Pertanyaan sebenarnya adalah bagaimana Anda mengatasi masalah pelanggan dan tantangan bisnis?

Trunzo melanjutkan dengan mengatakan, "Perusahaan yang ingin sukses dengan inisiatif AI mereka harus membuat pilihan penting. Apakah mereka ingin memperbaiki apa yang mereka lakukan hari ini, atau apakah mereka ingin mengembangkan cara kerja baru yang tidak dapat dilakukan sebelumnya," tuturnya.

Menerapkan kecerdasan buatan untuk memperbaiki proses, produk, dan layanan saat ini cenderung akan menjadi perubahan yang lebih nyaman karena bersifat inkremental. Hal ini juga lebih cenderung menghasilkan pengembalian investasi yang lebih cepat.

Terlepas dari dari mana Anda memulai, penting bagi Anda untuk berfokus pada pemecahan masalah daripada menerapkan teknologi. Setiap organisasi harus terus mencari cara untuk menjadi lebih cepat, lebih baik, lebih murah, dan lebih ramah. Seperti kata Trunzo, "Hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah membuat pelanggan Anda marah atau berusaha lebih untuk meminimalisir kesalahan."



3. Cari cara untuk memperbaiki keseluruhan sistem.

Sangat mudah untuk memanfaatkan AI sebagai solusi teknologi untuk memperbaiki produk dan layanan. "Ada banyak komponen pada sistem total yang memungkinkan pekerjaan dilakukan, dan semuanya harus dinaikkan ke nilai tertinggi," ungkap Trunzo Point Source, sebagaimana dikutip dari Huffington Post, Kamis (28/12/2017).

Jangan lupa untuk mempertimbangkan perangkat tambahan kecerdasan buatan yang bisa dibawa ke lingkungan kerja dan bahkan komponen orang dalam operasi Anda.

Salah satu pertanyaan kunci yang harus Anda jawab adalah peran manusia dalam pekerjaan masa depan. Mereka yang skeptis terhadap dampak AI secara otomatis berasumsi bahwa kebutuhan akan keterlibatan manusia secara otomatis akan menurun seiring kemampuan kecerdasan buatan meningkat. Menggunakan mesin untuk hanya meniru apa yang orang lakukan saat ini sesuai untuk beberapa industri dan pekerjaan. Di sisi lain, pendekatan tersebut meminimalkan peluang untuk memperbaiki keseluruhan sistem kerja dengan membebaskan dan membantu manusia untuk beroperasi dengan nilai tertinggi.



4. Buat semua tanggung jawab transformasi digital.

Kearifan konvensional menempatkan kepemilikan untuk inisiatif AI, serta upaya transformasi digital lainnya, di bawah naungan orang-orang teknologi. Mart?n Migoya, CEO Globant, membuat aplikasi kecerdasan buatan untuk memperkuat bagian bisnis dari pekerjaan setiap orang. Dia memulai dengan memberi seluruh anggota tim eksekutif tanggung jawab untuk sebuah esok hari yang lebih baik daripada hari ini, dan kemudian pesan itu meresap ke seluruh perusahaan. Pendekatan ini memungkinkan agen perubahan alami muncul dan menyediakan ruang yang dibutuhkan agar gagasan dapat berkembang.

5. Bersiap untuk melakukannya lagi.

Kecerdasan buatan dan transformasi digital yang dimilikinya bukanlah hal-hal yang Anda lakukan selain bisnis "biasa" Anda. Mereka adalah bagian integral dalam bagaimana bisnis akan dilakukan di masa depan. Kabar baiknya, menurut Stephanie Trunzo dari Point Source, adalah bahwa semua keputusan bisnis yang diperlukan untuk mendorong perubahan dalam bisnis Anda dapat dilakukan tanpa Anda tahu bagaimana teknologinya bekerja. Anda dapat membeli atau menyewakan sumber daya tersebut, dan selain itu, teknologi hari ini tidak relevan besok. Namun, Anda tidak bisa melepaskan komitmen untuk terus menantang status quo di bidang efisiensi, efektivitas, dan pengalaman pelanggan.

Evolusi komputer dari mainframe yang disutradarai oleh kartu punch, hingga komputer mini, hingga komputer desktop, laptop, dan perangkat mobile terjadi dalam waktu yang relatif singkat. Sepanjang jalan, orang beralih dari penasaran dan berhati-hati untuk mengandalkan teknologi digital di setiap area bisnis mereka. Demikian juga halnya dengan kecerdasan buatan. Mengadopsi kunci sederhana ini akan memastikan kesuksesan Anda selama masa transisi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Hafit Yudi Suprobo
Editor: Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Bagikan Artikel: