Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DKI Jakarta Catat Penerimaan Pajak Rp35,3 Triliun pada 2017

DKI Jakarta Catat Penerimaan Pajak Rp35,3 Triliun pada 2017 Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membukukan penerimaan pajak sebesar Rp35,3 triliun sepanjang 2017, atau kali pertama mencapai target sejak 2013.

"Berkat kerja keras seluruh pegawai Badan Pajak Restribusi Daerah. Untuk itu saya ucapkan selamat dan terima kasih atas prestasi yang dicapai," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Kantor Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD), Jakarta Pusat, Selasa (2/1/2018).

Menandai rasa syukur atas segala berkah tersebut, Pemprov DKI memberikan santunan kepada anak yatim dan dhuafa. Serta mendatangkan ustadz Arifin Ilham.

"Saya sangat menyambut positif kegiatan mulia hari ini dan saya harapkan dapat ditingkatkan pada tahun - tahun mendatang kualitas dan kuantitasnya," kata Gubernur.

Pertumbuhannya dari tahun ke tahun terlihat sangat signifikan. Pada 2014 realisasi tercatat Rp27 triliun, tahun 2015 meningkat Rp29 triliun, tahun 2016 menjadi Rp31 triliun dan tahun 2017 menjadi Rp35,3 triliun bahkan surplus sebesar Rp2,1 triliun.

"Tapi yang menarik adalah bahwa peningkatan dari tahun ke tahun selalu enam persen kali ini peningkatannya menjadi delapan persen. Kemarin saya tegaskan sama pak Kepala Badan kita nggak boleh hanya puas bahwa lebih baik daripada tahun lalu pertanyaanya bukan hanya lebih baik jumlahnya tapi harus lebih baik peningkatannya," kata Anies.

Penerimaan pajak paling tinggi pencapaiannya dari reklame sebesar 106 persen dan BPHTP (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) itu sebesar 121 persen, katanya.

"Jadi dari ini saja kita sudah menyaksikan adanya peningkatan yang signifikan ada pun angka yang tidak tercapai itu pajak air dan tanah ini 95 persen serta pajak hiburan sebesar 94 persen," kata Anies.

Ke depan diharapkan harus diperbaiki penerimaan pajak yang belum tercapai dan yang sudah tercapai harus diingkatkan, katanya.

"Lalu tadi saya sampaikan juga ini menjadi pedoman bagi kita untuk menjadi lebih baik ke depan dan target tahun depan kita pastikan targetnya tinggi dan kita ingin BPRD bisa tetap berprestasi seperti tahun ini," kata Anies.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Bagikan Artikel: