Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2018, REI Targetkan Bangun 15.000 Rumah di Riau

2018, REI Targetkan Bangun 15.000 Rumah di Riau Kredit Foto: Antara/Adeng Bustomi
Warta Ekonomi, Pekanbaru -

Asosiasi pengembang perumahan yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) Provinsi Riau menargetkan akan membangun 15.000 rumah di seluruh kabupaten/kota setempat pada 2018.

"Target kita di tahun ini ada 15.000 rumah dengan 80 persennya tersebar di daerah penyangga Kota Pekanbaru seperti Pekan Sikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan) dan 20 persen kabupaten lainnya," kata Ketua REI Riau Nursyafri Tanjung di Pekanbaru, Rabu (3/1/2018).

Nursyafri Tanjung menjelaskan dari target 15.000 unit rumah yang akan dibangun tersebut terbesar atau sebanyak 12.500 unit rumah dibangun bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Provinsi Riau pada 2018. Sementara sisanya perumahan komersil sebanyak 2.500 unit.

Ia menjelaskan REI tetap akan menjadikan pembangunan rumah untuk MBR sebagai sasaran utama program. Hal ini ditopang dari keberhasilan pihaknyan pada tahun lalu membangun MBR sebanyak 10.000 unit.

"Tahun 2017 lalu, REI Riau berhasil membangun 10.000 unit rumah, bahkan lebih dari target," tuturnya.

Beranjak dari situ, dirinya juga optimis pembangunan perumahan di Riau cukup baik pada 2018. Mengingat kebutuhan masyarakat berpenghasilan rendah terhadap rumah bersubsidi cukup tinggi.

Apalagi, secara regulasi masyarakat untuk membayar uang muka (down payment) perumahan tidak dipersulit bahkan mengalami penurunan. "Sebab pedoman regulasi untuk DP perumahan MBR masih mengacu pada 2017," imbuhnya.

Karenanya dia yakin dan optimis mampu mencapai target membangun 15.000 unit rumah di Riau, berangkat dari hubungan kerjasama yang telah berhasil dibangun REI bersama beberapa pihak, khususnya bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat dalam hal percepatan administrasi sertifikat tanah dan perumahan.

"Kemudian, kami juga telah melakukan jalinan kerja sama dengan perusahaan listrik negara atau PLN dalam segi penerangan," katanya pula.

Dukungan dari PLN, sambung dia, antara lain pola pembayaran uang muka 50 persen yang disetor ke bank yang bekerja sama dengannya, kemudian akan ditindaklanjuti dengan pemasangan jaringan listrik 100 persen sehingga rumah sudah siap dengan aliran listrik. Pelunasan biaya listrik bisa dilakukan sepekan setelah itu.

"Sementara untuk dukungan pemerintah kabupaten dan kota berupa pemberian IMB sementara. Untuk dukungan BPN, terkait kerja sama dengan REI yang melahirkan fakta integritas dengan komitmen mendukung kepemilikan rumah bagi MBR," tambahnya.

Untuk wilayah, Ia menambahkan lagi ke depan pihaknya akan memfokuskan pembangunan perumahan MBR di Kabupaten Kampar karena berpotensi dalam pengembangan daerah serta pembangunan perumahan di Riau.

Untuk itu, REI berharap pemerintah daerah setempat mendukung program tersebut. Misalkan melalui kemudahan regulasi dan retribusi. (FNH/Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: