Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

5 Cryptocurrency yang Hits di 2017

5 Cryptocurrency yang Hits di 2017 Kredit Foto: Reuters/Ints Kalnins
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bitcoin, mata uang digital terkemuka berdasarkan kapitalisasi pasar telah meningkat nilainya lebih dari 10 kali pada titik tertingginya tahun ini, namun juga mengalami penurunan nilai yang signifikan. Meski demikian, sejumlah cryptocurrency lain juga berhasil muncul di papan atas.

2017 boleh dikatakan telah menjadi tahun yang besar bagi mata uang digital tidak akan mulai melakukan keadilan industri. Dalam rentang bulan saja, mata uang digital melonjak dalam aspek nilai, bunga, dan jumlahnya. Ada mata uang digital baru diluncurkan ke investor setiap minggu, dan timbunan startup terkait blokir mengikuti jejak mereka, yang sering diperkuat oleh upaya penggalangan dana besar melalui ICO.

Dalam dunia mata uang virtual, kekayaan cenderung bergerak naik turun dengan cepat. Ruang didominasi oleh volatilitas di atas banyak faktor lainnya. Maka dari itu, ini adalah mata uang digital terbesar menurut 'Market Cap' pada pertengahan Desember 2017.

1.   Bitcoin

Bitcoin adalah original cryptocurrency dan menjadi pemimpin ruang. Kapitalisasi pasar mata uang digital teratas di dunia ini nilainya lebih dari $284 miliar, dengan harga per koin hampir $17.000. Ada sekitar 16,7 juta BTC yang beredar, menurut coinmarketcap.com.

Ini semua terlepas dari spekulasi sebelumnya tentang Flippening, di mana mata uang digital lainnya akan secara permanen mengambil alih posisi No. 1, dan hal seperti itu belum pernah terjadi.

2.   Ethereum

Ethereum, token digital yang mendorong kenaikan penawaran koin awal, berada di urutan kedua dalam daftar cryptocurrency menurut Market Cap. Ethereum secara signifikan masih lebih kecil dari pada bitcoin, kapitalisasi pasar saat ini hanya di angka $70 miliar, dengan harga perdagangan sekitar $726 per token. Ada lebih dari 96 juta token ETH yang beredar.

3.   Bitcoin Cash

Uang tunai Bitcoin, spin-off dari bitcoin yang diluncurkan sebagai hasil garpu keras, berada di peringkat ketiga. Pangsa pasar total dari mata uang digital ini adalah sekitar $28,3 miliar, dengan harga pasar $1,681 per koin dan sirkulasi total kurang dari 17 juta BCH.

4.   Ripple

Di nomor 4, dengan kapitalisasi total pasar lebih dari $18 miliar terdapat Ripple. Berbeda dengan tiga mata uang digital teratas, harga masing-masing token XRP sangat kecil, yaitu hanya di bawah 48 sen per token. Di sisi lain, jumlah XRP yang beredar cukup tinggi. Ada hampir 39 miliar token yang beredar sekarang, sebagaimana dikutip dari Investopedia.com, Kamis (4/1/2018).

5.   Litecoin

Di peringkat lima adalah Litecoin, dengan pangsa pasar $17,3 miliar dan total sirkulasi lebih dari 54 juta token.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Hafit Yudi Suprobo
Editor: Hafit Yudi Suprobo

Bagikan Artikel: