Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kereta Api Medan-Belawan Beroperasi 9 Januari 2018

Kereta Api Medan-Belawan Beroperasi 9 Januari 2018 Kredit Foto: Agus Aryanto
Warta Ekonomi, Medan -

Manajemen PT Kereta Api Indonesia menyiapkan lima kereta untuk mengangkut penumpang rute Medan-Belawan-Medan yang kembali diaktifkan mulai 9 Januari 2018.

"Operasional kereta penumpang Medan-Belawan-Medan diaktifkan mulai Selasa (9/1) mengambil momentum Kapal Penumpang Kelud tiba di Belawan," ujar Vice President KAI Divre Sumut, Aslikan di Medan, Minggu (07/01/2018). 

Kereta api itu melayani penumpang dari Stasiun Medan sekitar pukul 09.00 WIB dengan lama perjalan sekitar 40 menit. Untuk tahap awal, layanan kereta api Medan-Belawan-Medan itu beroperasi satu kali seminggu, saat Kapal Penumpang Kelud dari Pelabuhan Tanjung Priok tiba di Belawan.

"Kalau 30 persen saja dari total penumpang Kelud bisa diangkut KAI, kursi kereta api yang disediakan KAI sebanyak 530 bisa terisi penuh," ujar Aslikan.

Aslikan yang didampigi Manager Humas KAI, Sapto Hartoyo, mengakui belum ada penetapan tarif kereta Medan-Belawan-Medan tersebut karena masih menunggu dari pusat.

"Yang pasti angkutan penumpang kereta api jalur Medan-Belawan-Medan Itu untuk meningkatkan konektivitas transportasi di Sumut," ujarnya.

Sebelum dioperasikan kembali setelah tujuh tahun tidak aktif, manajemen KAI sudah memperbaiki/membenahi sarana dan prasarana rel dan peron. Bahkan, kata Aslikan, kereta api penumpang itu sudah diuji coba.

"Walau selama ini rel sepanjang 21 kilometer itu digunakan untuk kereta barang, tetapi tetap perlu dibenahi,"katanya.

Selama ini, frekuensi kereta api pengangkut barang Medan-Belawan-Medan itu setiap harinya mencapai 28 kali.

"Manajemen KAI berharap angkutan penumpang Medan-Belawan-Medan itu akan diminati masyarakat, seperti Medan-Binjai-Medan,"kata Aliskan.

Apalagi, ujar dia, potensi penumpang dari Belawan itu cukup besar. Selain kawasan itu memiliki pelabuhan laut yang juga melayani angkutan penumpang, Belawan merupakan pusat industri. Belawan juga sebagai salah satu objek wisata sejarah dan laut serta dikenal sebagai lokasi kuliner dan belanja.

 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ratih Rahayu

Bagikan Artikel: