Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kaltimra Paling Rendah Serap Beras Rastra 2017

Kaltimra Paling Rendah Serap Beras Rastra 2017 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Balikpapan -

Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara yang merupakan wilayah kerja Bulog Kaltimra menjadi daerah yang paling rendah penyerapan beras Rastra di 2017.

Bulog Kaltimra hanya mampu menyerap beras subsidi pemerintah pusat sekitar 92 persen dari 25 ribu ton beras yang disiapkan.

Capaian nasional 2017 lalu mencapai 98,45 persen dari sebanyak 2.558.293.560 KPM, serupa dengan penyaluran pagu pada 2016 silam. Di Kaltimra hanya bisa terealisasi 92% karena ada kabupaten yang tak menerbitkan surat permintaan sesuai yang dipagukan (disediakan) oleh pusat,” ujar Kepala Bulog Divre Kaltimtra Muhammad Anwar, diakhir pecan.

Tiga Kabupaten yakini Kukar, Malinau dan Nunukan menjadi daerah di Divre Kalimantan Timur dan Utara  yang tidak menyerap maksimal beras rastra 2017.

Muhammad Anwar menyebutkan dengan kemampuan menyerap 92,01 persen dari total pagu rastra sebanyak 25 ribu ton menjadikan Kaltimra ini sebagai satu- satunya regional dengan capaian di bawah rata rata nasional.

Terdapat 15 daerah selain Kaltim berada di bawah rata rata nasional namun  penyerapan mencapai 95 persen, seperti Sumbar, DKI dan Banten, NTT, Maluku, Sumsel dan lain lain.

Sedangkan terdapat 10 daerah yang berhasil mencapai realisasi penuh pagu rastra yang disediakan pusat, seperti DIY, Kalteng, Sulbar, NTB, Jateng dan lainnya.

Dia mengakui penyebab rendahnya penyerapan beras sejahtera karena diantaranya Kabupaten Malinau menangguhkan  beras rastra. Mestinya daerah ini menyerap sebanyak 500 ton dengan total penerima manfaat sebanyak 3.000 KPM.

"Sedangkan, Kabupaten Kukar hanya menyerap 74,26 persen dari 5.000 ton rastra yang disiapkan. Dan Kabupaten Nunukan sebanyak 97,98 persen dari 158 ton.  Jumlah keluarga penerima manfaat di Kukar diketahui  31 ribu KPM, dan Nunukan sebanyak  8 ribu KPM," terangnya.

Penerima bantuan beras sejatra di Kaltim berjumlah sekitar 120 ribu keluaga penerima manfaat(KPM) sedangkan di Kaltara sekitar 23 ribu KPM. 

 Sebanyak dua ribu ton beras yang tak terserap sehingga dikembalikan ke pusat.

“Di Kaltimra terdapat 143.609 Keluarga penerima manfaat (KPM) dengan jumlah beras keluarga sejahtera yang disiapkan 2017 yakni 25 ribu ton,” sebutnya.

Dari jumlah sebanyak itu, 2.154 ton disalurkan tiap bulan oleh Bulog ke jumla total KPM di Kaltimra. Masing –masing keluarga mendapatkan beras subdisi ini sebanyak 15 kg perbulan.

Untuk daerah lain di Kaltimra menurutnya menyerap secara penuh bantuan beras pemerintah pusat ini.  Beras rastra ini  jika tidak disalurkan,  harga beras dapat melambung  di pasaran.

"Bantuan dari pusat ini seharusnya dapat dimaksimalkan setiap daerah untuk mengentaskan angka kemiskinan," tandasnya.

Dengan disediakan beras keluarga sejahtera ini dapat mengurangi beban pengeluaran keluarga dibidang kebutuhan pokok. Apalagi ditengah kondisi harga beras kualitas medium dan premium yang cukup tinggi saat ini.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Andi Aliev
Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: