Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2018, Konsumsi Rumah Tangga Diprediksi Membaik

2018, Konsumsi Rumah Tangga Diprediksi Membaik Kredit Foto: Ibtimes.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

Konsumsi rumah tangga Indonesia diperkirakan membaik dan akan menjadi faktor pendorong pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan sebesar 5,3 persen (tahun ke tahun/yoy) pada 2018, menurut ekonom DBS Bank. Grup Riset DBS dalam pernyataan diterima di Jakarta, Senin, melansir bahwa situasi tersebut didukung perbaikan ekonomi makro serta kebijakan stimulus dari pemerintah kepada masyarakat.

Sejumlah indikator menunjukkan adanya peningkatan optimisme konsumen yang terlihat dari kenaikan Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) Desember 2017 ke 126,4 poin. Konsumsi rumah tangga merupakan faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi pada tahun lalu. Pada kuartal III 2017, pertumbuhan PDB sebesar 5,06 persen lebih rendah dari target Bank Indonesia sebesar 5,18 persen.

Rendahnya pertumbuhan tercermin dari tingkat konsumsi rumah tangga yang turun menjadi 4,93 persen, dibandingkan 4,95 persen pada kuartal II 2017. Apalagi kenaikan tarif listrik pada Januari dan Mei 2017 turut mempengaruhi tingkat konsumsi masyarakat. Namun, kondisi ini diperkirakan membaik pada 2018.

"Pertumbuhan ekonomi 2018 terutama akan didorong oleh peningkatan investasi di dalam negeri," ungkap ekonom Tiesha Putri dan Victor Stefano dalam laporan bertajuk ASEAN Consumer: Food for Thought.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: