Portal Berita Ekonomi Jum'at, 19 Oktober 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 11:17 WIB. Palu - OJK bersama Industri Jasa Keuangan galang dana bantuan korban gempa Palu dan Donggala sebesar Rp15 miliar. 
  • 10:55 WIB. Bursa -  PT Yeloo Integra Datanet Tbk resmi tercatat di BEI pada 29/10/2018 dengan kode emiten YELO.
  • 10:55 WIB. Bursa - BEI lakukan pencatatan Obligasi TBIG Sebesar Rp628 Miliar hari ini. 
  • 10:27 WIB. BALI - BALI dan ITS Tekno Sains tanda tangani KSO penyediaan, pemasangan, dan komersialisasi sistem indentifikasi perangkat otomatis.
  • 10:26 WIB. BBLD - Oktober ini, BBLD terima fasilitas kredit sebesar Rp125 miliar dari Bank Jateng dan Bank Mayora. 
  • 10:03 WIB. Kredit - Perbankan Malut diminta permudah permohonan kredit untuk pelaku usaha perikanan.
  • 10:01 WIB. Daging - Harga daging sapi segar di Palu Rp110.000/kg.
  • 10:00 WIB. Ayam - Harga ayam di Palu untuk umur dua minggu dijual pedagang Rp35.000/ekor dan umur satu bulan Rp80.000/ekor.
  • 09:59 WIB. Ayam - Pedagang di Palu terpaksa datangkan ayam dari Kaltim untuk penuhi kebutuhan masyarakat.
  • 09:57 WIB. UMKM - Pemkot Malang dorong optimalisasi produk olahan dari hasil pertanian yang dikelola UMKM.
  • 08:31 WIB. Apple - Apple sebar undangan peluncuran iPad anyar.
  • 08:31 WIB. Tesla - Tesla dapat lahan di Shanghai untuk bangun Gigafactory.
  • 08:30 WIB. Amazon - Amazon dirikan kantor di Manchester.
  • 08:30 WIB. Instagram - Intagram hapus unggahan jual bayi online.

Kegelisahan Adalah Energi

Foto Berita Kegelisahan Adalah Energi
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Nama Bukalapak.com semakin membubung tinggi. Kesuksesan perusahaan ini semakin terasa dengan ditandainya investasi terbaru yang masuk senilai US$1 miliar sehingga menjadikan perusahaan startup lokal ini menjadi Unicorn, menyusul GoJek, Traveloka, dan Tokopedia. 

Chief Executive Officer Bukalapak. com, Achmad Zaky Syaefudin berkisah awal-awal menggali ide pendirian Bukalapak. Lahirnya Bukalapak dari kegelisahan. Jebolan Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) ini mengatakan, seharusnya dia bersyukur dapat kuliah di tempat bagus yang diidam-idamkan banyak orang dan memiliki teman-teman yang pintar. Dia akan merasa sangat bersalah kalau tidak menjadi apa-apa setelah lulus dari kuliah. 

“Masa iya, saya keluar nggak ngapa-ngapain, masa nggak ngasih sesuatu ke masyarakat,” ungkap pria kelahiran Sragen, 24 Agustus 1986 ini. 

Saat awal kuliah, Zaky mengaku tidak pernah berpikiran untuk menjadi pengusaha. Ia hanya terpikir untuk bekerja dengan gaji besar. Namun, menjelang kelulusannya di akhir tahun 2009, dia tiba-tiba merasa galau. Dia tidak ingin hanya sekadar bekerja, apalagi mendesak pekerjaan orang lain. Ia ingin memberikan pengaruh kepada banyak orang melalui keahlian yang dia punya, sebagai seorang lulusan teknologi informasi.

Dari situlah, Zaky berangkat mendirikan Bukalapak.com pada awal tahun 2010, sebuah situs belanja daring dengan konsep market place. Situs ini tidak hanya menjadi tempat untuk menjual barang, tetapi juga memberikan layanan transaksi terpercaya sehingga meningkatkan penjualan. Nama Bukalapak diambil dari aktivitas mengunggah gambar barang untuk dijual, atau disebut dengan membuat lapak yang identik dengan usaha kecil menengah (UKM). 

Di awal mendirikan Bukalapak, diakuinya sangat sulit, tantangan sangat besar, dan terus diikuti dengan kegelisahan. Saat itu, tidak ada ada orang yang yakin dengan bisnis yang dia jalankan, mengajak teman tidak ada yang mau, meminta dukungan dari orang tua juga tidak berani. Zaky sendiri merasa antara yakin dan tidak yakin, tetapi dia terus meyakinkan diri sendiri. Dulu tidak dipercaya oleh pelapak, sekarang menjadi rebutan para pelapak. Menurutnya, itu capaian yang sangat penting. 

“Kegelisahan itu bagus. Kalau kita gelisah, merasa ada yang salah dalam dunia ini, dari situlah sumbernya,” katanya. 

Kalau kita melihat iklan Bukalapak, kita akan menemukan hal yang berbeda, lucu, dan tidak biasa. Menurut Zaky, itu juga muncul dari kegelisahan. Dia gelisah ketika disuruh membuat iklan yang harus mengikuti standar, seperti harus mengatakan produk terbaik, paling aman, paling nyaman, dan sebagainya. Menurut Zaky, iklan itu harus dirombak, iklan itu harus menghibur dan menginspirasi masyarakat. Dengan demikian, iklan mampu menyentuh jutaan masyarakat yang melihatnya. 

Bukalapak diisi oleh anak-anak muda. Dalam pikirannya, banyak hal yang kreatif. Menurut Zaky, anak muda tidak memiliki textbook, tidak ada rumus di kepalanya. Berbeda dengan orang-orang yang bekerja di perusahaan konvensional yang sudah terbangun textbook dan rumusnya. Itulah kelebihan anak muda. 

Anak muda juga tidak suka dikekang. Oleh karena itu, lingkungan kerja diciptakan dengan fleksibel. Tim diberikan kebebasan, tidak ada aturan jam kerja, yang penting target. Menurutnya, semakin anak muda diatur, mereka akan semakin terkungkung dan akan menghambat kreativitasnya.

Tag: Achmad Zaky, Bukalapak

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Ratih Rahayu

Foto: Agus Aryanto

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 4,077.46 4,036.30
British Pound GBP 1.00 19,921.28 19,721.82
China Yuan CNY 1.00 2,204.59 2,182.69
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 15,297.00 15,145.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,868.52 10,759.01
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,951.30 1,931.74
Dolar Singapura SGD 1.00 11,083.98 10,971.46
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,528.83 17,353.14
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,679.82 3,638.00
Yen Jepang JPY 100.00 13,610.64 13,474.20

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5845.242 -23.378 610
2 Agriculture 1577.028 54.568 20
3 Mining 1916.200 -17.317 47
4 Basic Industry and Chemicals 752.704 6.245 70
5 Miscellanous Industry 1214.126 0.053 45
6 Consumer Goods 2489.884 0.220 49
7 Cons., Property & Real Estate 408.106 -0.132 71
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1047.831 -27.064 70
9 Finance 1059.438 -5.179 91
10 Trade & Service 796.896 -3.311 147
No Code Prev Close Change %
1 SURE 1,210 1,510 300 24.79
2 ABMM 1,935 2,190 255 13.18
3 MAYA 6,200 6,950 750 12.10
4 LSIP 1,155 1,270 115 9.96
5 VINS 88 96 8 9.09
6 CTTH 113 123 10 8.85
7 MTDL 680 740 60 8.82
8 PBRX 510 555 45 8.82
9 FISH 3,300 3,590 290 8.79
10 GOOD 2,350 2,550 200 8.51
No Code Prev Close Change %
1 DNAR 336 296 -40 -11.90
2 KBLM 284 252 -32 -11.27
3 SMDM 149 133 -16 -10.74
4 AGRS 256 236 -20 -7.81
5 GMFI 308 284 -24 -7.79
6 ABBA 116 107 -9 -7.76
7 CSIS 400 370 -30 -7.50
8 MLPL 88 82 -6 -6.82
9 BAYU 2,450 2,290 -160 -6.53
10 RBMS 172 161 -11 -6.40
No Code Prev Close Change %
1 ISSP 98 96 -2 -2.04
2 TLKM 3,900 3,760 -140 -3.59
3 KPIG 135 136 1 0.74
4 PGAS 2,310 2,230 -80 -3.46
5 SRIL 320 332 12 3.75
6 SMCB 1,625 1,725 100 6.15
7 PNLF 290 294 4 1.38
8 INKP 13,525 13,675 150 1.11
9 BHIT 80 82 2 2.50
10 MNCN 775 790 15 1.94