Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2018, Kalteng Target Cetak 400 Hektare Lahan Sawah Baru

2018, Kalteng Target Cetak 400 Hektare Lahan Sawah Baru Kredit Foto: Antara/Irwansyah Putra
Warta Ekonomi, Palangka Raya -

Pemprov Kalimantan Tengah selama 2018 menargetkan mampu mencetak sawah baru seluas 400 hektare yang difokuskan di dua kabupaten untuk meningkatkan produksi padi.

"Masing-masing program cetak sawah akan dilaksanakan di Kabupaten Kapuas seluas 200 hektare dan Kabupaten Pulang Pisau dengan luas yang sama," ungkap Sumarli selaku Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Tanaman Pangan, Hotikultura, dan Peternakan KaltengĀ  di Palangka Raya, Sabtu (20/1/2018).

Dia menerangkan dipilihnya dua kabupaten tersebut dalam program cetak sawah 2018 karena masuk dalam kategori daerah penghasil padi terbanyak di Kalimantan Tengah.

Sumarli mengakui luas cetak sawah pada 2018 tersebut menurun dibandingkan dengan program yang sama pada 2017 dengan luas mencapai 4.600 hektare tersebar di Kabupaten Kotawaringin Timur, Seruyan, Sukamara, Katingan, Pulang Pisau, Kapuas, dan Barito Timur.

"Pada program 2018 kita telah mengajukan program cetak sawah seluas 4.000 hektare, namun yang disetujui pusat hanya 400 hektare. Keadaan ini nantinya akan kami bawa dalam rapat di tingkat nasional," ungkap Sumarli.

Pemerintah Provinsi Kalteng juga terus berupaya meningkatkan jumlah produksi padi dengan target menjadikan provinsi tersebut sebagai salah satu lumbung padi nasional.

"Selain melalui program cetak sawah, kami juga terus mengoptimalkan penggarapan sawah-sawah yang telah ada melalui penggunaan teknologi pertanian. Kami pun juga selalu memberikan bantuan kepada petani baik bibit, pupuk, maupun peralatan pertanian," ujarnya.

Pada 2016 Provinsi Kalimantan Tengah mendapat jatah cetak sawah baru seluas 17 ribu hektare yang tersebar di sembilan kabupaten dan pelaksananya terdiri dari TNI serta dibantu pemda setempat.

Sebanyak sembilan kabupaten yang mendapat jatah cetak sawah baru pada 2016, yakni Barito Utara 1.500 hektare, Barito Selatan 2.000 hektare, Barito Timur 1.500 hektare, Kapuas 1.000 hektare, Pulang Pisau 4.235 hektare, Katingan 5.000 hektare, Gunung Mas 1.200 hektare, Kotawaringin Timur 200 hektare, dan Seruyan 575 hektare.

Sumarli juga berharap, dengan makin banyak sawah baru di Kalteng akan membuat produksi padi mengalami peningkatan.

"Tidak hanya jumlah produksi padi, tapi juga berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian masyarakat," pungkasnya. (HYS/Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Hafit Yudi Suprobo

Bagikan Artikel: