Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Oppo Catat Kinerja Kinclong di 2017

Oppo Catat Kinerja Kinclong di 2017 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tahun 2017 bisa disebut tahunnya bagi ponsel pintar Oppo. Pasalnya, berkat fitur-fitur menarik khususnya swafoto (selfie) yang ditawarkan, vendor asal Tiongkok ini berhasil memikat hati konsumen terutama kaum hawa di rentang usia 20 hingga 27 tahun. Inovasinya ini juga mempengaruhi market share atau pangsa pasar yang ditorehkan Oppo.

"(Kinerja penjualan) kalau dilihat dari market share masih stabil. Posisi market nomor dua itu dari kuartal II dari 2016 sampai kuartal III 2017 menurut data IDC, kita melihatnya masih stabil memang di beberapa produk. Kita punya namanya hero products. Produk 2016 itu F1, 2016 F3, 2017 F5. Jadi, kinerja dari produknya sendiri grafiknya naik, penjualannya naik," ujar PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto saat ditemui Warta Ekonomi di Oppo Store Mall Taman Anggrek, Jakarta, Senin (23/1/2018).

Aryo menceritakan, Oppo tidak begitu ngoyo dalam menetapkan target penjualan ataupun terkait posisi peringkat karena yang terpenting adalah Oppo menjadi perangkat yang selalu diingat konsumen. 

"Yang terpenting perangkat ini merek top of mind konsumen ketika mereka mencari handphone kamera. Kamera selfie yang bagus apa ya? Tujuan golnya itu saja. Kalau golnya sudah tercapai, otomatis angka-angka itu akan menyusul," tuturnya.

Lebih jauh Aryo mengatakan, after sales menjadi unggulan Oppo selama ini yang tidak dimiliki produk-produk yang lain. Oppo memiliki pelayanan yang diberikan setelah konsumen melakukan pembelian produk. "Saat ini kita banyak memiliki service center di Indonesia," imbuhnya.

Dari kacamata Oppo, lanjut Aryo, pangsa pasar smartphone sendiri sedikit berbeda. Menurutnya, ada produk besar yang penjualannya turun dan ada beberapa justru mulai bangkit. 

"Kita masih melihat persaingannya akan sengit, tapi sekarang persaingannya adalah bagaimana cara merebut hati konsumen, tapi dengan perangkat yang memiliki daya tahan yang baik. Baik itu dari desainnnya, dari case-nya, dari perangkatnya itu sendiri. Karena kan banyak juga produsen yang menawarkan harga yang murah, tapi kita tahu di setiap harga yang ditawarkan pasti ada konsekuensi di dalamnya," terangnya.

Dikatakan olehnya, Oppo juga mengeluarkan inovasi lainnya seperti Power Bank. "Kita sudah punya Power Bank dari tahun 2013 itu tidak semua perangkat. Selain itu, kita punya beberapa merek seperti case dan lain-lain, Oase namanya, tapi bukan Oppo. Yang mengeluarkan itu atas rekomendasi dari Oppo," tandasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: