Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Merek Franchise yang Paling Diingat Konsumen dan Investor di 2017

Ini Merek Franchise yang Paling Diingat Konsumen dan Investor di 2017 Kredit Foto: Ning Rahayu
Warta Ekonomi, Jakarta -

Franchise Indonesia bersama Assosiasi Franchise Indonesia (AFI) kembali memberikan penghargaan Franchise Top of Mind 2017. Ini adalah penghargaan bergengsi di industri franchise.

Penghargaan ini sudah diberikan kepada merek-merek franchise terpilih sejak 2009. Diberikan kepada merek-merek franchise yang berhasil meraih popularitas tertinggi di benak konsumen dan investor (top of mind/TOM) berdasarkan hasil survei tahunan.

Anang Sukandar, Ketua Asosiasi Franchise Indonesia mengatakan, ada beberapa keuntungan merek franchise yang meraih TOM. Di antaranya, mudah diingat orang sehingga gampang pula untuk dijual kepada konsumen dan investor.

"Merek yang meraih TOM juga bisa menjadi referensi, menjadi merek yang direkomendasikan orang lain. Orang akan ingat bahwa mereknya ada di benak mereka," katanya, di Jakarta, Selasa (23/1/2018) malam. 

Karena itu, bagi peraih TOM 2017, Anang menyarankan untuk terus menjaga konsistensinya dalam menjalankan marketing yang menyeluruh. Tidak hanya dengan menggelontorkan uang saja. Tetapi juga harus menjaga kualitas produk dan jasa. "Menjaga marketing jangan hanya berhenti ketika mereknya sudah TOM," tegasnya.

Sementara itu, Rofian Albar, Pemimpin Umum majalah Franchise Indonesia, mengatakan, tahun 2017 merupakan tahun ke-9 diselenggarakannya survei TOM. Survei ini melibatkan 450 koresponden di 10 koran utama di Tanah Air, yaitu Jabodetabek, Bandung, Makassar, Balikpapan, Palembang, Medan, Samarinda, Surabaya, Banjarmasin, dan Pontianak.

Menurutnya, survei TOM ditargetkan untuk semua kategori bisnis franchise. Jumlah total kategori bisnis franchise yang disurvei hampir mencapai 100 kategori. Adapun kriteria responden adalah para investor atau calon investor bisnis franchise.

Pihaknya berharap, merek-merek franchise yang meraih TOM 2017 bisa lebih meningkatkan kinerja mereknya di tahun 2018 ini. Terlebih di tahun ini kondisi ekonomi diprediksi akan lebih baik yang ditunjang oleh berbagai kebijakan fiskal dan moneter pemerintah.

Adapun merek-merek yang meraih penghargaan di antaranya Depo Air Minum Biru, Green Nitrogen, Primagama, Simply Fresh Laundry, Indomaret, Melia Laundry, Bakmi Naga Resto, Sabana Fried Chicken, Snappy, JNE, Warunk Upnormal, Ray White, Ayam Bakar Wong Solo, Ray White, Nest Spa, Bimba AIUEO, Mrs. Waffles, Martha Tilaar Salon Day Spa, Apotek K-24, Carvil, Shop & Drive, dan merek lainnya. 

Rovian Akbar berharap merek-merak franchise yang meraih TOM 2017 bisa lebih meningkatkan kinerja mereknya di tahun 2018 ini. Apalagi tahun 2018 ini kondisi ekonomi diprediksi akan lebih baik akibat dari berbagai kebijakan Pemerintah baik dari sisi fiskal maupun moneter yang sangat mendukung iklim investasi maupun bisnis di Indonesia. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: