Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2018, PLN Sumut Fokus pada Infrastruktur Tol Listrik

2018, PLN Sumut Fokus pada Infrastruktur Tol Listrik Kredit Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Warta Ekonomi, Medan -
General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara Feby Djoko mengatakan upaya PLN Sumut ditahun 2018, salah satunya mendorong penyelesaian pembangunan jaringan Tol Listrik ke Sumut. Pengoperaian infrastruktur ini akan dapat menekan BPP secara signifikan karena 'energi murah' yang dipasok dari Sumatra Selatan tersebut berbahan bakar batu bara. Meski murah tetapi memiliki daya cukup besar, bisa ditransfer ke Sumut sampai dengan 400 MW.
 
"Tol Listrik ini akan mengalirkan daya dari Lahat di Sumsel sampai ke Aceh, melalui Sumut. Dia mengakui, pengerjaan proyek ini di Sumut sempat terkendala sejak 2008 akibat permasalahan ganti rugi lahan," katanya Kamis (25/1/2018).
 
Namun saat ini, lanjutnya, proses konsinyasi dan pembangunannya sudah hampir selesai dan dijadwalkan pada Maret 2018 mulai beroperasi penuh.
 
"Dengan kedua upaya itu saja kami yakin akan dapat menekan BPP secara signifikan, jauh di bawah angka BPP saat ini yang sebesar Rp1.719 per kWh,"ujarnya.
 
Selain itu, dorongan pertumbuhan pendapatan juga akan dilakukan pihaknya dengan melakukan penjualan yang agresif.
 
"Tingkat penjualan tenaga listrik pada 2017 yang cenderung menurun mendorong kami melakukan pemasaran yang lebih agresif untuk meningkatkan pendapatan di tahun 2018,"katanya.
 
Pihaknya akan gencar mendorong rumah tangga beralih menggunakan energi listrik, terutama kepada mereka yang melakukan kegiatan produksi (home industry). Kampanye tersebut juga akan menyasar hotel-hotel dan restoran.
 
"Kami memproyeksikan pertumbuhan pelanggan sebesar 4,8% atau dari 3.421.185 pelanggan pada 2017 akan menjadi 3.587.889 di 2018," katanya.
 
PLN Sumut juga meyakini bahwa efisiensi operasional juga menjadi bagian dari upaya melakukan penjualan yang agresif, khususnya menekan susut distribusi.
 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: