Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

31.465 Pekerja Sumut Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

31.465 Pekerja Sumut Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Medan -

BPJS Ketenagakerjaan Sumatera Bagian Utara, Pemerintah Provinsi Sumut, dan Bank Sumut bekerja sama memberikan kepesertaan gratis kepada 31.465 pekerja rentan di daerah itu.

"Kerja sama itu menggembirakan dan BPJS Ketenagakerjaan memberi apresiasi kepada Pemprov Sumut dan Bank Sumut," ujar Direktur Perencanaan Strategis dan Teknologi Informasi BPJS Ketenagakerjaan Sumarjono di Medan, Sabtu (27/1/2018).

Dia mengatakan itu usai pembagian kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan secara gratis yang meraih Museum Rekor Indonesia (MURI). Kepesertaan gratis itu untuk perlindungan pekerja selama tiga bulan untuk dua program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

Menurut dia, langkah Pemprov Sumut dan Bank Sumut dalam memberikan perlindungan kepada para pekerja rentan itu diharapkan bisa ditiru pemerintah provinsi lainnya. Sumarjono menegaskan, program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan atau GN Lingkaran tersebut memang perlu dikembangkan.

Manajemen BPJS Ketenagakerjaan berharap para pekerja yang mendapat kepesertaan gratis itu bisa bekerja lebih tenang karena mendapat perlindungan.

Untuk kemudian, pekerja itu bisa melanjutkan sendiri program perlindungan tersebut agar dapat tetap tenang dan nyaman dalam bekerja. Deputi Direktur Wilayah Sumbagut BPJS Ketenagakerjaan Umardin Lubis mengatakan, pihaknya akan terus memberikan pelayanan terbaik atas program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh peserta.

Dia menyebutkan hingga dewasa ini, terhitung sebanyak 1,3 juta peserta telah terdaftar dalam program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Sumut. Perlindungan BPJS yang terbagi dalam empat sektor pekerja, yaitu pekerja Penerima Upah (PU), pekerja Bukan Penerima Upah (BPU), pegawai non Aparat Sipil Negara (ASN), dan sektor Jasa Konstruksi.

Meski jumlah keanggotaan bertambah, tetapi dinilai masih belum maksimal karena data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut tahun 2017 mengungkapkan terdapat 4,5 juta angkatan kerja di daerah itu.

"Tugas BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada para pekerja di seluruh Indonesia," katanya.

Program GN Lingkaran merupakan salah satu inisiasi agar seluruh pekerja, khususnya pekerja rentan, juga dapat merasakan ketenangan dalam bekerja karena telah terlindungi dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ratih Rahayu

Bagikan Artikel: