Portal Berita Ekonomi Sabtu, 15 Desember 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 22:58 WIB. Pelindo - Pelindo I, II, II dan IV akan menggelar Pelindo Charity Port Run 2018 di Pelabuhan Tanjung Perak pada Minggu (16/12).
  • 22:56 WIB. BRI - BRI menunjuk Morgan Stanley sebagai penasihat atau advisor dalam rencana penjualan saham minoritas di BRI Life.
  • 22:51 WIB. Pertamina - Pertamina meresmikan beroperasinya Depot Mini LPG Pressurized di Minahasa.
  • 20:07 WIB. ADRO - Adaro Power berencana mengembangkan PLTS berdaya 100 MW di Sumatra.
  • 20:05 WIB. ADRO - Pengerjaan proyek PLTU di Batang ditargetkan rampung dan mulai beroperasi pada 2020.
  • 20:00 WIB. Waskita - Waskita menerima pembayaran senilai Rp1,9 triliun dari proyek Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.
  • 19:59 WIB. Pelindo II - Pelindo II bersinergi dengan Pelindo III dan IV mengoptimalkan pelayanan jasa kepelabuhan.
  • 19:08 WIB. Kemenkominfo - Kemenkominfo pelajari penerapan eSIM di Indonesia.
  • 19:06 WIB. Apple - Teknologi eSIM milik iPhone tak bisa dipakai di Indonesia.
  • 19:04 WIB. Indosat - Jaringan 4G Plus Indosat Ooredoo di Sumut akan meliputi 586 spot baru.
  • 19:01 WIB. Apple - Apple Watch 4 resmi dijual di Indonesia seharga Rp8 juta.
  • 18:57 WIB. Apple - Apple buka blokir Tumblr yang mulai bersih-bersih konten porno.
  • 18:55 WIB. MediaTek - MediaTek rilis Helios P90.
  • 18:53 WIB. Huawei - Huawei P30 Pro bakal pakai layar OLED.

Ini Cara Jitu Memasarkan Bisnis Lokal via Online

Foto Berita Ini Cara Jitu Memasarkan Bisnis Lokal via Online
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Menurut Google Consumer Barometer, 54% pengguna internet di Indonesia menemukan merek yang relevan secara online dan 58% di antaranya membandingkan produk/harga/fitur secara online. Oleh karena itu, jika bisnis lokal Anda tidak online, Anda mungkin kehilangan banyak calon pelanggan.

Pada kenyataannya, membangun eksistensi dan kehadiran online untuk bisnis Anda tidak memerlukan banyak waktu atau uang. Berikut adalah tiga cara untuk membangun eksistensi online bisnis Anda hari ini juga.

1. Tambahkan bisnis Anda ke direktori online

Jika Anda masih mengandalkan cara tradisional untuk mendapatkan pelanggan baru, Anda mungkin telah kehilangan banyak kesempatan. Saat ini, banyak konsumen beralih ke direktori online terlebih dahulu untuk mencari informasi tentang bisnis lokal, dan bisnis Anda perlu muncul dalam penelusuran tersebut. Berikut adalah beberapa jenis direktori yang perlu dipertimbangkan.

a. Direktori mesin pencari

Tuliskan informasi dasar tentang bisnis Anda, seperti nomor telepon, alamat dan jam kerja, di tempat-tempat seperti Google My Business and Bing Places for Business.

b. Direktori lokal

Klaim bisnis Anda di beberapa situs yang khusus menyusun daftar  menurut kota atau wilayah, termasuk gbgindonesia.com, yellowpages.co.id, dan indonetwork.co.id

c. Direktori khusus ulasan

Jika Anda mengandalkan ulasan pelanggan untuk mendorong bisnis, pertimbangkan situs yang dikenal untuk penilaian dan ulasan konsumen. Pendaftaran juga gratis di banyak situs populer seperti Zomato.com dan Bridestory.com

d. Direktori khusus industri

Jika bisnis Anda berada dalam industri khusus, cara mudah untuk menemukan direktori lalu lintas yang relevan dan sesuai dengan bidang keahlian Anda adalah melakukan pencarian online cepat atas profesi Anda (misalnya, "pengacara") atau profesi Anda + "direktori" (misalnya, "direktori pengacara"). Hasil pencarian harus menyertakan link ke direktori yang mungkin ingin Anda fokuskan.

Dengan banyaknya pilihan direktori, jangan bingung dengan banyaknya kemungkinan. Pilihlah satu atau dua yang menurut Anda paling sering digunakan oleh pelanggan Anda. Selain itu, bisnis Anda mungkin sudah terdaftar di direktori ini karena mesin pencari dapat membuatnya secara otomatis untuk Anda. Dalam hal ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengklaimnya dan memastikan informasi yang tercantum benar.

2. Buat media sosial untuk bisnis Anda

Saat ini, menurut Asosiasi Penyedia Layanan Internet Indonesia (APJII), pada 2016 ada 132,7 juta pengguna internet di Indonesia. Jumlah tersebut melebihi separuh dari total penduduk Indonesia yaitu 256,2 juta. Dari jumlah tersebut pengguna internet 97,4 persen atau sekitar 129,2 juta orang mengakses internet untuk media sosial. Menurut We Are Social (2017) jumlahnya meningkat dengan +27 juta pengguna media sosial baru selama 12 bulan terakhir. Jadi, masuk akal untuk memanfaatkan kekuatan media sosial untuk membantu mempromosikan bisnis Anda. Tapi, platform media sosial apa yang tepat untuk Anda?

Saluran media sosial memiliki fitur dan layanan yang unik sehingga dengan mengetahui sasaran yang Anda targetkan, Anda bisa menentukan situs jejaring sosial mana yang sesuai untuk sasaran pelanggan Anda. Perkirakan dimana pelanggan Anda seringkali menghabiskan waktu mereka secara online. Jangan berasumsi bahwa pelanggan Anda selalu mengunjungi platform yang populer seperti Facebook, LinkedIn, atau Twitter saat mereka online karena itu bisa membatasi jangkauan Anda. Misalnya, jika Anda mencari konsumen, LinkedIn mungkin bukan situs yang paling tepat.

Pilih satu platform untuk dijadikan media sosial utama Anda. Ini akan mencegah Anda menjadi kewalahan dan membantu Anda belajar menggunakan situs ini secara efektif untuk usaha pemasaran Anda. Bila sudah siap, pertimbangkan untuk beriklan melalui media sosial. Anda dapat menargetkan iklan Anda ke orang-orang di wilayah tertentu dan bahkan secara demografis.

3. Mulai pemasaran melalui email

Pemasaran melalui email membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dengan merek Anda, mendorong bisnis ke saluran online dan offline, mengintegrasikan beberapa saluran pemasaran dan mendorong pertumbuhan jaringan sosial. Sebelum memulai, pertimbangkanlah beberapa hal berikut.

a. Daftar pelanggan Anda

Apakah Anda memiliki daftar pelanggan? Pastikan semua orang di daftar Anda berkenan menerima konten pemasaran melalui email. Setelah itu, bagaimana Anda akan mendapatkan pelanggan baru? Beberapa gagasan yang perlu dipertimbangkan adalah mengumpulkan alamat email pada acara dan/atau kegiatan media sosial Anda.

b. Membuat konten untuk dikirim ke pelanggan

Anda dapat mempromosikan produk dan layanan Anda, memberi informasi kepada pelanggan mengenai penawaran khusus atau bahkan memulai newsletter. Buatlah konten menarik yang akan dianggap berharga dan menarik untuk dibaca oleh pelanggan.

c. Memilih penyedia layanan email

Pertimbangkan solusi yang akan membantu Anda tumbuh, berbiaya rendah, dan tidak memenjarakan Anda dengan kontrak yang panjang. Pastikan Anda memiliki gambaran berapa jumlah pelanggan yang Anda miliki dan seberapa sering Anda berencana untuk mengirimkannya melalui email. Kebanyakan penyedia layanan email memberi harga layanannya berdasarkan pada faktor-faktor tersebut.

Kunci sukses email marketing adalah untuk menguji usaha Anda. Rencanakan untuk mengirimkan beberapa email percobaan untuk mendapatkan ide tentang jenis subjek dan konten yang paling banyak memicu interaksi dengan pelanggan Anda. Anda mungkin juga ingin menguji pengiriman email pada hari yang berbeda dan pada waktu yang berbeda untuk mengetahui apakah ada waktu ideal untuk mengirim email yang menghasilkan interaksi tertinggi.

4. Satukan semuanya dengan sebuah nama domain

Tiga cara memasarkan bisnis online Anda yang dibahas di atas adalah langkah awal yang penting untuk menciptakan eksistensi online untuk bisnis Anda. Tapi, bagaimana Anda mengikat semuanya dengan merek Anda? Caranya adalah dengan mendaftarkan nama domain, atau alamat web untuk dijadikan sebagai hub untuk merek online Anda.

Apakah Anda ingin pelanggan Anda pergi ke halaman direktori online atau halaman media sosial Anda? Apapun yang anda pilih, gunakan nama domain Anda untuk mengarahkan mereka ke situs tersebut. Disebut domain forwarding, pilihan ini biasanya mudah diatur saat Anda mendaftarkan nama domain Anda dan membutuhkan waktu sekitar lima menit. Intinya, Anda membuat aturan yang secara otomatis mengalihkan siapa pun yang mengunjungi nama domain Anda ke halaman yang Anda tentukan.

Tag: Google Indonesia, Tips Bisnis, Bisnis Online

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Foto: Antara/Widodo S Jusuf

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6169.843 -7.877 621
2 Agriculture 1522.036 5.966 20
3 Mining 1764.925 -11.589 47
4 Basic Industry and Chemicals 841.598 -5.250 71
5 Miscellanous Industry 1418.274 -2.043 46
6 Consumer Goods 2529.665 13.782 49
7 Cons., Property & Real Estate 454.173 -0.929 73
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1056.334 -5.796 71
9 Finance 1173.614 -2.714 91
10 Trade & Service 791.592 0.061 153
No Code Prev Close Change %
1 ZONE 555 690 135 24.32
2 GLOB 182 226 44 24.18
3 PADI 655 810 155 23.66
4 YPAS 610 750 140 22.95
5 PNSE 935 1,100 165 17.65
6 KICI 260 300 40 15.38
7 RIMO 151 172 21 13.91
8 KINO 2,470 2,810 340 13.77
9 ETWA 72 79 7 9.72
10 PTSN 880 965 85 9.66
No Code Prev Close Change %
1 KONI 450 340 -110 -24.44
2 SQMI 418 316 -102 -24.40
3 SSTM 510 396 -114 -22.35
4 SOTS 545 444 -101 -18.53
5 MTSM 228 202 -26 -11.40
6 GDYR 2,140 1,900 -240 -11.21
7 META 244 220 -24 -9.84
8 TRAM 180 165 -15 -8.33
9 INCF 242 222 -20 -8.26
10 ASJT 380 350 -30 -7.89
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 360 352 -8 -2.22
2 TLKM 3,750 3,730 -20 -0.53
3 BBRI 3,680 3,680 0 0.00
4 KPAS 705 705 0 0.00
5 RIMO 151 172 21 13.91
6 TRAM 180 165 -15 -8.33
7 ADRO 1,280 1,285 5 0.39
8 BHIT 61 61 0 0.00
9 MERK 7,200 7,500 300 4.17
10 ASII 8,450 8,450 0 0.00