Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KPU: Golkar Jabar Lolos Verifikasi Pemilu 2019

KPU: Golkar Jabar Lolos Verifikasi Pemilu 2019 Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

KPU Jawa Barat memastikan Partai Golkar Jabar lolos verifikasi partai politik peserta Pemilu 2019. Komisioner KPU Jabar Endun Abdul Haq mengatakan berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK), KPU wajib melakukan verifikasi lapangan terhadap seluruh parpol calon peserta pemilu 2019. 

"Tidak hanya parpol baru, verifikasi faktual pun harus dilakukan terhadap partai lama yang telah menjadi peserta Pemilu 2014, termasuk Golkar," kata Endung kepada wartawan di Bandung, Senin (29/1/2018).

EndunG mengatakan verifikasi yang dilakukannya mencakup tiga hal, yakni terkait kepengusuan DPD Partai Golkar Jabar yang meliputi KTP elektronik yang dari pengurus partai, dan SK kepengurusan dari DPP. 

"Untuk kepengurusan ini sudah memenuhi syarat. Partai Golkar dianggap menenuhi syarat minimal 30 persen keterwakilan perempuan dalam kepengurusan," ucap Endun. 

Verifikasi faktual yang kedua adalah terkait keterwakilan perempuan, dari batas minimal yakni 30 persen perempuan, Golkar Jabar memiliki Calon Legislatif sebanyak 34 persen. 

"Walaupun keterwakilan perempuan di provinsi atau kota/kabupaten hanya memperhatikan, tapi Golkar Jabar ini sudah 34 persen," katanya. 

Kemudian verifikasi faktual yang ketiga adalah mengecek dokumentasi kantor sekretariat, di mana diperiksa domisili kantor sekretariat maupun kepemilikan kantor. 

Setelah itu, KPU akan menetapkan Parpol calon peserta pemilu 2019 yang lolos tahap verifikasi lapangan pada 17 Februari 2018. 

"Tiga hal tadi sudah kita cek bersama Bawaslu Jabar," ujar Endun.

Adapun, Ketua DPD Partai Golkar Jabar, Dedi Mulyadi menegaskan bahwa proses verifikasi Partai Golkar oleh KPU berjalan lancar. 

"Lancar saja Alhamdulillah, tidak ada kendala teknis, dan kuota perempuan pun terpenuhi 30 persen bahkan lebih. Dari 114 itu 34 nya perempuan," pungkasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: