Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cetak Ekspor Tertinggi, TMMIN Bidik Ini di 2018

Cetak Ekspor Tertinggi, TMMIN Bidik Ini di 2018 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Edward Otto Kanter mengatakan pihaknya tengah menyiapkan sejumlah langkah guna meraih target yang lebih tinggi pada 2018, setelah membukukan volume ekspor tertinggi sebanyak 199.600 unit kendaraan pada 2017.

"Melihat perkembangan indikator perekonomian dalam negeri maupun diluar negeri, TMMIN berharap kinerja 2018 bisa menyamai bahkan lebih baik dibandingkan tahun lalu, baik di pasar dalam negeri maupun ekspor," katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (31/1/2018).

Langkah yang dilakukan tersebut meliputi berbagai program peningkatan kinerja melalui pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) di internal perusahaan maupun di perusahaan pemasok. Serta mendukung program pemagangan pemerintah guna menyiapkan tenaga kerja industri yang kompeten.  

"Kita harapkan hubungan dagang yang baik antara Indonesia dan negara tujuan ekspor juga dapat membantu menjaga volume ekspor kami di tahun ini,” kata Wakil Presiden Direktur TMMIN, Edward Otto Kanter.

TMMIN juga akan meningkatkan kerjasama dengan pemasok terkait penggunaan komponen lokal. Tahun lalu, TMMIN berhasil mendorong suplier untuk menggunakan bahan baku non-woven material  (material pelapis atap bagian dalam) dan resin polyproylene impact copolymer (plastik) yang diproduksi perusahan dalam negeri.

Tahun ini, TMMIN fokus pada upaya penggunaan beberapa bahan baku lokal seperti aluminium dan baja yang bekerjasama dengan beberapa perusahaan lokal negara.

"Peningkatan penggunaan bahan baku komponen dari produk lokal merupakan salah satu target perusahaan," kata Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono, Selasa.

Warih menambahkan, "TMMIN tidak hanya meningkatkan penggunaan komponen lokal, tapi juga bahan baku yang diproduksi di dalam negeri dan diharapkan dari tahun ke tahun terus meningkat."

Sebelumnya, TMMIN mengumumkan kinerja ekspor kendaraan dalam bentuk kendaraan utuh atau Completely Built-Up (CBU) sepanjang 2017 sebanyak 199.600 unit atau naik 18 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 169.100 unit.

Pencapaian itu tercipta berkat kontribusi besar model Fortuner yang mencapai rekor tertinggi dalam lima tahun terakhir, serta sedan Vios yang 97 persen total produksinya dikirimkan untuk pasar ekspor.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: