Portal Berita Ekonomi Senin, 18 Juni 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 10:36 WIB. LNG - ExxonMobil mempertimbangkan rencana impor LNG untuk mengantisipasi kekurangan pasokan gas pada 2021.
  • 10:02 WIB. IPW - IPW meminta Kepolisian segera menuntaskan kasus video mesum yang diduga melibatkan anggota DPR.
  • 08:46 WIB. KAI - PT KAI prediksi puncak arus balik Lebaran pada 19-20 Juni 2018.
  • 08:48 WIB. KAI - Hadapi arus balik Lebaran, PT KAI Divre III Palembang siapakan 30 ribu tiket.
  • 08:50 WIB. Pertamina - Pertamina jamin kecukupan BBM dan elpiji untuk kebutuhan arus balik Lebaran 2018.
  • 08:53 WIB. BPBD - BPDBD Sleman pantau keamanan wisata di lereng Gunung Merapi pada libur Lebaran 2018.
  • 08:54 WIB. PDIP - Dewan Pimpinan Pusat PDIP tetapkan Yunus Takandewa sebagai Wakil Ketua DPRD NTT.
  • 08:55 WIB. Kesehatan - Layanan pemilik KPS di RSUD Kabupaten Biak Numfor, Papua, cakup 5 kabupaten di Teluk Saereri.
  • 08:57 WIB. KPU - KPU Kota Surabaya menjadi pelaksana kegiatan Election Visit Program di Pilkada Jatim.
  • 08:59 WIB. BI - BI antisipasi kenaikan suku bunga The Fed.
  • 09:01 WIB. BI - BI perlu naikkan bunga acuan 25 bps di bulan Juli atau Agustus.
  • 09:03 WIB. Pegadaian - Pegadaian alami penurunan outstanding pembiayaan pada 1 minggu jelang Lebaran.
  • 07:03 WIB. Pontianak - Cagub Kalimantan Barat Sutarmidji mengimbau masyarakat tetap menjaga kerukunan dan kebersamaan.

Nilai Belanja Iklan Tumbuh 8%, TV Porsi Terbesar

Foto Berita Nilai Belanja Iklan Tumbuh 8%, TV Porsi Terbesar
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Total belanja iklan di media massa cetak dan televisi sepanjang 2017 tercatat sebesar Rp145 triliun. Nilai ini tumbuh 8% daripada tahun sebelumnya.

Executive Director, Head of Media Business Nielsen Indonesia Hellen Katherina mengatakan pertumbuhan nilai ini lebih didorong oleh kenaikan harga gross rate iklan di masing-masing media.

Menurut dia, porsi belanja iklan masih didominasi oleh media TV sebesar 80%. Belanja iklan televisi tumbuh 12% dari tahun sebelumnya. Berbeda dengan televisi, porsi belanja iklan di media cetak menunjukkan tren  penurunan. "Ini seiring dengan berkurangnya media cetak yang beroperasi," kata dia di Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Helen mengatakan, belanja iklan produk konsumsi cepat habis (fast moving consumer goods/FMCG) mengalami pertumbuhan positif.  Sektor yang tumbuh paling tinggi, kata dia, adalah belanja iklan produk perawatan pribadi yang mencapai Rp24,9 triliun atau naik 21% dibandingkan periode sebelumnya.

Kemudian, kategori minuman dengan total belanja iklan Rp21,6 triliun. Lalu, iklan makanan mencatatkan  belanja Rp19,1 triliun atau meningkat sebesar 12% dibandingkan tahun 2016.

Tren belanja iklan di luar produk cepat habis (non-FMCG) juga menunjukkan tren yang positif. Pertumbuhan yang sangat terlihat adalah dari sektor properti (62%) dan kategori telekomunikasi dan digital (30%) dengan total belanja iklan  masing-masing mencapai Rp4,1 triliun dan Rp13,3 triliun.

"Sementara di sisi lain sektor rokok mengalami penurunan sebesar 17% sehingga nilai belanja iklannya mencapai Rp5,4 triliun," kata dia.

Tag: Nielsen Indonesia, Hellen Katherina, Belanja Iklan

Penulis: Boyke P. Siregar

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Foto: Sufri Yuliardi

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,696.31 3,659.41
British Pound GBP 1.00 19,128.17 18,933.64
China Yuan CNY 1.00 2,184.84 2,163.09
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,863.00 13,725.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,792.35 10,678.05
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,768.01 1,750.35
Dolar Singapura SGD 1.00 10,519.01 10,406.40
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,058.42 16,887.24
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,539.19 3,501.28
Yen Jepang JPY 100.00 12,991.28 12,855.94

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5993.627 -113.071 587
2 Agriculture 1535.417 -16.568 19
3 Mining 1950.048 -19.774 44
4 Basic Industry and Chemicals 810.011 -8.507 70
5 Miscellanous Industry 1230.258 -8.573 45
6 Consumer Goods 2439.310 -39.956 45
7 Cons., Property & Real Estate 473.172 -5.498 65
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1040.501 -26.112 65
9 Finance 1059.149 -33.106 93
10 Trade & Service 902.658 -6.794 141
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10