PT XL Axiata Tbk (EXCL) sepanjang 2017 berhasil mencatat pendapatan kotor sebesar Rp22,9 triliun atau tumbuh 7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kontributor utama pertumbuhan pendapatan ini adalah layanan data.
Selain berhasil meningkatkan pendapatan, XL juga berhasil menaikkan EBITDA 2017 mencapai Rp8,3 triliun atau tumbuh 3% year on year.
Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini mengatakan kinerja yang tumbuh sepanjang tahun lalu memperlihatkan transformasi bisnis yang dilakukan perusahaan sejak 2015 sudah tepat dan berhasil memperkuat bisnis layanan data sebagai tumpuan perusahaan.
"Salah satu indikatornya adalah pendapatan bisnis layanan data yang semakin besar memberikan kontribusi bagi pendapatan perusahaan, yang saat ini mencapai 69%, dari tahun sebelumnya sebesar 48%," kata Dian di Jakarta, Jumat (2/8/2018).
Sepanjang 2017, XL juga berhasil meningkatkan total jumlah pelanggannya menjadi 53,5 juta pelanggan atau naik 15% dibandingkan periode sama tahun lalu. Dari jumlah tersebut sebesar 52,8 juta merupakan pelanggan prabayar dan pascabayar lebih dari 700 ribu.
Dian menambahkan, jumlah pelanggan layanan data juga terus meningkat yang saat ini mencapai 73% dari total pelanggan XL Axiata. "Terus tumbuhnya jumlah pelanggan yang mengakses layanan data mampu mendorong kenaikan trafik layanan data dua kali atau mengalami peningkatan sebesar 148% year on year," pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Fauziah Nurul Hidayah
Tag Terkait: