Portal Berita Ekonomi Rabu, 20 Maret 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 01:11 WIB. IPCC - Ekspansi IPCC di luar negeri diharapkan bakal tingkatkan layanan.
  • 01:09 WIB. SMF - SMF gencar menerbitkan surat berharga untuk merealisasi target pembiayaan KPR sebesar Rp10 triliun tahun ini.
  • 01:08 WIB. Mandiri - Bank Mandiri yakin migrasi 50% kartu debit berchip rampung November.
  • 01:06 WIB. MRT - MRT Fase dua segera Groundbreaking.
  • 01:05 WIB. Mandiri - Bank Mandiri menaikkan suku bunga deposito dolar 0,75 Persen.
  • 01:04 WIB. Pertamina - Pertamina & Hiswana Migas berjanji menjaga harga LPG jelang Pemilu.
  • 21:43 WIB. BNI - Kemenkop menunjuk BNI menjadi bank penyalur KPR untuk seluruh pegawainya.
  • 21:40 WIB. EBT - Pertamina, RNI dan PTPN III bersinergi mengembangkan energi baru dan terbarukan.
  • 21:37 WIB. PNM - PNM akan kelola hibah dana kemitraan AP I senilai Rp2 miliar.
  • 21:14 WIB. WSBP - Waskita Beton Precast menargetkan kontrak Rp10,39 triliun tahun ini.
  • 21:13 WIB. WSBP - Mayoritas kontrak baru WSBP tahun ini bakal berasal dari proyek jalan tol.
  • 21:13 WIB. WTON - WIKA Beton optimis mencatatkan pertumbuhan kontrak baru setinggi 17% di 2019.
  • 21:13 WIB. WTON - WIKA Beton optimis bisa mencatat kontrak baru sebesar Rp9 triliun tahun ini.
  • 21:12 WIB. WTON - WIKA Beton menyiapkan Rp428 miliar untuk belanja modal tahun ini.

Indonesia Most Admired CEO 2017

Indonesia Most Admired CEO 2017 - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Aspek kepemimpinan menjadi pertimbangan paling besar saat para responden memilih CEO idaman. Kemudian, aspek profitabel menyusul sebagai banyak pertimbangan para responden.

Kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang sangat memengaruhi keberhasilan sebuah organisasi dalam mencapai tujuan, begitu juga dalam dunia bisnis. Seorang chief executive officer (CEO) memiliki peran dalam menentukan arah perkembangan usaha demi tercapainya tujuan perusahaan. Oleh sebab itu, diperlukan kompetensi khusus untuk menjadi pemimpin andal di sebuah perusahaan.

Indonesia memiliki banyak pemimpin perusahaan yang andal, tapi tidak semua pemimpin menjadi sosok idaman bagi banyak orang. Pemimpin idaman merupakan sosok yang diakui reputasi, komitmen, kerja keras, serta kepiawaiannya dalam mengelola perusahaan hingga mampu menjadikan perusahaan tersebut tumbuh dan berkembang.

Riset Warta Ekonomi – Indonesia Most Admire CEO 2017 merupakan riset untuk menentukan CEO-CEO di Indonesia yang dinilai mampu menunjukkan kualitas dan citranya sebagai CEO idaman menurut masyarakat Indonesia pada tahun 2017. Riset ini diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi para CEO lainnya untuk mengembangkan kualitas kepemimpinannya sehingga mampu meningkatkan kinerja perusahaan yang dipimpinnya.

Indikator Penilaian

Pemilihan CEO Idaman 2017 dilakukan dengan menjaring nama-nama CEO pilihan responden berdasarkan indikator penilaian yang sudah ditetapkan oleh WEIU. Dasar kriteria penilaian CEO idaman 2017 ini, antara lain sebagai berkut.

Leadership Image

Penilaian dilakukan dengan melihat kemampuan CEO dalam membawa perubahan, kemampuan menyejahterakan karyawan, serta cara pandang dan visi yang dimiliki untuk pengembangan bisnis perusahaan ke depannya. 

Professional Image

Seorang CEO harus memiliki sifat profesional, mampu memimpin, dan mampu bekerja keras. Ketiga sifat ini dianggap menjadi bagian penting untuk menilai tingkat profesionalisme seseorang.

Personal Image

Citra seorang CEO di mata orang lain menjadi cermin atas kualitas pribadinya dalam memimpin perusahaan. Seorang CEO yang memiliki kepribadian baik, kompeten di bidangnya, serta dikenal banyak orang merupakan bentuk citra positif seorang CEO.

Performance Image

Selain kepemimpinan, profesionalisme, dan personal image, hal yang paling penting untuk memperoleh gelar “CEO Idaman” adalah ketika ia mampu memperlihatkan kinerjanya yang berkualitas. Hal ini dapat dibuktikan melalui prestasi-prestasi perusahaan yang berhasil diukir CEO, seperti kemampuan dalam mengembangkan usaha perusahaan, kemampuan untuk menjadikan perusahaan terkemuka di bidangnya, serta kemampuan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.

Global Competitiveness Image

Kemampuan CEO dalam membawa perusahaannya bersaing di pasar global, inovasi yang dilakukan, perkembangan pangsa pasar dalam negeri dan luar negeri, serta proses bisnis yang mutakhir juga menjadi hal yang dinilai oleh responden.

Social Image

Responden juga menilai citra CEO dalam hal aktivitas sosial yang dilakukan perusahaan dengan tujuan untuk menyejahterakan masyarakat dan lingkungannya.

Hasil Riset

Perekonomian secara global sudah berubah dibanding dengan kondisinya pada awal abad 20. Jika meminjam ungkapan dari Prof. Rhenald Kasali, dalam beberapa tahun terakhir, ekonomi berpindah dari model owning economy (ekonomi individu) menjadi sharing economy (ekonomi kelompok). Model sharing economy atau dikenal juga dengan nama collaborative economy berkembang di beberapa sektor, mulai dari retail, transportasi, hingga jasa penyewaan. Model ekonomi kedua ini dinilai lebih efisien. Dengan model bisnis nonkonvensional ditambah dengan teknologi berbasis platform, model ekonomi kedua membuat banyak pihak yang mengincar.

Perubahan model ekonomi ini didukung dengan adanya perkembangan teknologi digital yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, adanya pergeseran demografi dari generasi baby boomers menjadi generasi milenial yang secara umum jauh berbeda. Perubahan kondisi dalam struktur perekonomian ini membuat terjadinya perubahan model bisnis.

Dalam perekonomian dengan struktur demografi penduduk generasi milenial, para generasi milenial tersebut memilih CEO Idaman berdasarkan tingkat kepemimpinan seorang CEO. Kepemimpinan dianggap sebagai faktor utama dalam membangun perusahaan menjadi semakin berkembang. Kepemimpinan adalah tentang seseorang yang bergairah terhadap perubahan yang terjadi terus-menerus.

Menjadi seorang pemimpin besar membutuhkan usaha, refleksi, kesadaran pribadi yang tinggi, dan kemauan untuk terus berkembang. Seorang CEO dengan sifat kepemimpinan yang baik dapat memberikan contoh bagi karyawannya dalam menjalankan aktivitas kegiatan perusahaan. CEO seperti ini pada umumnya memiliki kredibilitas yang sangat dihormati. Mereka melakukan kegiatan sesuai dengan apa yang telah dikatakan sehingga membuat banyak orang bersedia mengikuti arahan para CEO ini.

Jika pemilihan CEO Idaman dikelompokkan berdasarkan sektor industri, secara umum dapat diketahui bahwa nilai professional dan profitable menjadi alasan yang paling sering dipilih dalam menilai CEO Idaman. Kedua nilai ini dipilih oleh masing-masing sektor industri. Untuk sektor telekomunikasi, minyak dan gas, pembiayaan, serta startup, tingkat profesionalitas seorang CEO menjadi penentu dalam memilih CEO Idaman. 

Sementara, kemampuan seorang CEO dalam memberikan keuntungan bagi perusahaan menjadi alasan utama dipilihnya CEO Idaman pada sektor bank, consumer goods, farmasi, dan televisi. Berikut ini adalah daftar nama CEO peraih peghargaan Indonesia Most Admire CEO 2017. Nama-nama berikut merupakan sebagian kecil dari para peraih penghargaan yang jumlah keseluruhan mencapai 104. 

  1. CEO Perusahaan Startup - Nadiem Makarim - GoJek Indonesia - Top 5 Most Admired CEO in Start Up Sector
  2. CEO Perusahaan Televisi - Wishnutama Kusubandio - NET Mediatama - Top 5 Most Admired CEO in Television Sector
  3. CEO Perusahaan Asuransi - Jens Reisch - Prudential Life Assurance - Top 5 Most Admired CEO in Insurance Sector
  4. CEO Perusahaan Pembiayaan - Roni Haslim - BCA Finance - Top 5 Most Admired CEO in Multifinance Sector
  5. CEO Perusahaan Sekuritas - Hermawan Hosein - Sinarmas Sekuritas - Top 5 Most Admired CEO in Securities Sector 
  6. CEO Perusahaan Farmasi - Honesti Basyir - Kimia Farma (Persero) Tbk - Top 5 Most Admired CEO in Pharmacy Sector
  7. CEO Perusahaan Konsumsi - Anthony Salim - Indofood Sukses Makmur Tbk - Top 5 Most Admired CEO in Consumer Goods Sector
  8. CEO Perusahaan Otomotif - Toshiyuki Inuma - Astra Honda Motor - Top 5 Most Admired CEO in Automotive Sector
  9. CEO Perusahaan Konstruksi Budi Harto - Adhi Karya (Persero) - Tbk - Top 5 Most Admired CEO in Construction Sector
  10. CEO Perusahaan Properti Cosmas Batubara - Agung Podomoro Land Tbk - Top 5 Most Admired CEO in Property Sector
  11. CEO Perusahaan Migas Elia Massa Manik - Pertamina (Persero) - Top 5 Most Admired CEO in Oil and Gas Sector
  12. CEO Perusahaan Pertambangan Adi Adriansyah Sjoekr- Merdeka Copper Gold Tbk - Top 5 Most Admired CEO in Mining Sector
  13. CEO Perusahaan Retail Safri Syamsudin - Trans Retail Indonesia - Top 5 Most Admired CEO in Retail Sector
  14. CEO Perusahaan Telekomunikasi Alex J. Sinaga - Telekomunikasi Indonesia Tbk - Top 5 Most Admired CEO in Telecommunication Sector
  15. CEO Perusahaan Transportasi Pahala N. Mansury - Garuda Indonesia (Persero) Tbk - Top 5 Most Admired CEO in Transportation Sector 
  16. CEO Perusahaan Teknologi Informasi Tony Keusgen - Google Indonesia - Top 5 Most Admired CEO in Information Technology Sector
  17. CEO Perusahaan Perbankan Jahja Setiaatmadja - Bank Central Asia Tbk - Top 5 Most Admired CEO in Bank Sector
  18. CEO Perusahaan Agribisnis Marc Louette - Sampoerna Agro Tbk - Top 5 Most Admired CEO in Agribusiness Sector

Tag: ceo, Indonesia Most Admired CEO 2017

Penulis: Iman Nurfakihiswara

Editor: Ratih Rahayu

Foto: Sufri Yuliardi

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,813.17 3,774.39
British Pound GBP 1.00 18,984.78 18,789.17
China Yuan CNY 1.00 2,132.21 2,111.03
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,299.00 14,157.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,159.44 10,051.47
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,821.58 1,803.46
Dolar Singapura SGD 1.00 10,586.36 10,477.35
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,217.93 16,055.45
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,511.54 3,473.26
Yen Jepang JPY 100.00 12,859.97 12,729.97

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6480.276 -29.171 628
2 Agriculture 1503.229 -7.168 21
3 Mining 1873.047 3.764 47
4 Basic Industry and Chemicals 893.501 -9.954 71
5 Miscellanous Industry 1289.313 -14.320 46
6 Consumer Goods 2662.032 -26.975 51
7 Cons., Property & Real Estate 461.343 1.179 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1174.299 -11.551 72
9 Finance 1244.347 -0.730 91
10 Trade & Service 829.161 2.341 155
No Code Prev Close Change %
1 MLPT 1,135 1,415 280 24.67
2 ATIC 825 990 165 20.00
3 JSKY 1,045 1,245 200 19.14
4 KPAL 262 312 50 19.08
5 MFMI 730 850 120 16.44
6 HDFA 156 180 24 15.38
7 MINA 720 825 105 14.58
8 TMAS 700 800 100 14.29
9 BALI 1,220 1,385 165 13.52
10 BBLD 442 496 54 12.22
No Code Prev Close Change %
1 INCF 386 290 -96 -24.87
2 JAYA 268 202 -66 -24.63
3 INCI 645 560 -85 -13.18
4 KDSI 1,175 1,025 -150 -12.77
5 BCAP 189 168 -21 -11.11
6 CSAP 640 575 -65 -10.16
7 KBLV 520 470 -50 -9.62
8 MFIN 1,100 995 -105 -9.55
9 AKRA 5,300 4,820 -480 -9.06
10 SAPX 740 675 -65 -8.78
No Code Prev Close Change %
1 JAYA 268 202 -66 -24.63
2 SIMA 394 396 2 0.51
3 BNLI 980 920 -60 -6.12
4 BMRI 7,100 7,400 300 4.23
5 MYRX 105 103 -2 -1.90
6 LPPF 4,100 4,010 -90 -2.20
7 BBRI 4,040 3,990 -50 -1.24
8 AKRA 5,300 4,820 -480 -9.06
9 KBLI 316 352 36 11.39
10 TLKM 3,830 3,780 -50 -1.31