Portal Berita Ekonomi Selasa, 21 Agustus 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 11:39 WIB. 5G - Tekonologi 5G janjikan kecepatan 10 kali lipat dibanding 4G.
  • 11:14 WIB. XL - XL ingin sediakan internet kencang dengan harga murah.
  • 11:14 WIB. Uni Eropa - Uni Eropa ingin denda situs yang lamban tangani konten terorisme.
  • 11:13 WIB. Skype - Skype sekarang punya fitur enkripsi percakapan end-to-end.
  • 11:12 WIB. Mitsubishi - Distribusi unit Mitsubishi terganggu gempa Lombok.
  • 11:11 WIB. Beras - produksi beras di Indonesia membutuhkan sistem data yang terintegrasi.
  • 11:09 WIB. Pencuri Ikan - 125 kapal pencuri ikan ditenggelamkan serentak di 11 lokasi di Tanah Air.
  • 11:07 WIB. IKM - Kemenperin fasilitasi IKM promosi di Asian Games.
  • 10:39 WIB. Inifix - Inifix Hot S3X resmi meluncur.
  • 10:29 WIB. Tokopedia - Tokopedia klaim telah jangkau 93% kecamatan di Indonesia.
  • 10:28 WIB. Oppo - Oppo gandeng Shopee untuk menggenjot penjualan F9.
  • 10:26 WIB. Huawei - Huawei tercyduk pakai DSLR untuk hasil selfie iklan Nova 3.
  • 09:08 WIB. Gempa Lombok - Jangkauan mobile BTS di lokasi gempa Lombok tak sebaik menara.
  • 09:07 WIB. Bahan baku - Indonesia miliki pabrik bahan baku ban pertama di Banten.
  • 09:06 WIB. Harga pokok - DISPERINDAG Kota Palembang awasi harga pokok di pasar tradisional jelang Idul Adha.

eIQ Ungkap Alasan Orang Indonesia Memilih Transportasi Online

Foto Berita eIQ Ungkap Alasan Orang Indonesia Memilih Transportasi Online
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

ecommerceIQ (eIQ) adalah sebuah brand market riset di Asia Tenggara yang mendedikasikan dirinya pada dunia ecommerce. Pada Januari 2018, ecommerceIQ melakukan survei yang diikuti oleh 515 orang di kota-kota besar di Indonesia untuk mencari tahu transportasi berbasis aplikasi mana yang menjadi pilihan orang Indonesia. 

Lebih dari 250 juta orang Indonesia dengan cepat mengadaptasi pertumbuhan transportasi berbasis aplikasi (taksi dan ojek online) untuk memudahkan hidup mereka. Tiga pemain besar di Indonesia--Go-Jek, Grab dan Uber--tidak hanya mengurangi kemacetan di jalan dengan menghubungkan banyak pengemudi, tapi juga menawarkan pemesanan makanan online, pembelian melalui fitur e-wallet, dan hampir berbagai layanan on-demand yang Anda pikirkan.

Semua fitur tersebut tercipta karena ketiga aplikasi tersebut mendapatkan kucuran dana jutaan dolar dari venture capital dan perusahaan raksasa seperti Alibaba, Honda, dan Softbank. Namun, aplikasi mana yang sering digunakan dan apa alasannya? 

Tim melakukan survei online terhadap 515 orang (46 persen pria, 54 persen perempuan) di kota besar di Indonesia--Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Beli, Nusa Tenggara Barat hingga Papua.

Mungkin terkaan umum yang akan muncul adalah harga dan jumlah kode promosi sebagai dua faktor utama yang memengaruhi adopsi transportasi berbasis aplikasi di Indonesia. Namun, ternyata survei eIQ menunjukkan hasil yang berbeda. 

Kebanyakan responden menyatakan safety atau keamanan sebagai faktor utama saat memilih aplikasi mana yang akan mereka gunakan. Melihat betapa padatnya lalu lintas Jakarta dan bagaimana cara pengguna sepeda motor berkendara menjadi faktor pendorong responden memilih keamanan.

Studi dari eIQ menunjukkan bahwa kebanyakan dari responden (26 persen) mementingkan keamanan dibandingkan dengan fitur lain ketika memilih aplikasi mana yang akan mereka gunakan. 

Menurut Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa, kasus kematian karena kecelakaan lalu lintas di Indonesia telah memasuki tingkat berbahaya, di kisaran angka 30.000 per tahun, lebih besar dari gabungan jumlah angka kematian karena kejahatan dan terorisme di Indonesia. Ia juga menambahkan bahwa angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia paling tinggi dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya. 

"Kira-kira 28.000 hingga 30.000 orang meninggal karena kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya. Dibandingkan dengan kematian karena kasus terorisme dan kriminal (digabung) angkanya jauh lebih besar kecelakaan lalu lintas," jelas Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa.

Penyedia transportasi berbasis aplikasi harus fokus pada peningkatan kualitas pengendara dan kendaraan mereka, perlengkapan pelindung dan kebijakan asuransi untuk menarik perhatian lebih banyak pengguna. Elemen online dan offline harus dipertimbangkan selama pengembangan produk karena sama pentingnya ketika menyangkut keputusan pembelian konsumen.

Untuk menambah jaminan bagi penumpang dan pengemudi, tiga aplikasi transportasi tersebut pun menawarkan asuransi. Go-Jek menawarkan hingga Rp10 juta (US$751) untuk kematian dan Rp5 juta (US$375,50) untuk cedera. Grab menyediakan hingga Rp50 juta (US$3.755) untuk kematian dan Rp25 juta (US$1.877,50) untuk pengguna dengan luka parah. Sementara Uber menyediakan yang terbaik; mencapai Rp100 juta (US$7.510) untuk kematian dan Rp10 juta (US$751) untuk perawatan.

Tag: Uber Indonesia, PT Go-Jek Indonesia, Transportasi Online, Grab Indonesia, ecommerceIQ (eIQ)

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Foto: Agus Aryanto

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,696.31 3,659.41
British Pound GBP 1.00 19,128.17 18,933.64
China Yuan CNY 1.00 2,184.84 2,163.09
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,863.00 13,725.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,792.35 10,678.05
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,768.01 1,750.35
Dolar Singapura SGD 1.00 10,519.01 10,406.40
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,058.42 16,887.24
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,539.19 3,501.28
Yen Jepang JPY 100.00 12,991.28 12,855.94

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5892.192 108.394 599
2 Agriculture 1588.944 4.751 20
3 Mining 2014.336 48.471 46
4 Basic Industry and Chemicals 803.050 21.046 70
5 Miscellanous Industry 1263.593 43.399 45
6 Consumer Goods 2363.210 31.896 46
7 Cons., Property & Real Estate 439.284 6.072 67
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1012.787 14.681 70
9 Finance 1060.303 19.100 91
10 Trade & Service 846.847 15.397 144
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10