Portal Berita Ekonomi Sabtu, 21 September 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 05:20 WIB. India - Menkeu: Pajak perusahaan dipotong menjadi 22% (30% sebelumnya) untuk perusahaan domestik
  • 00:46 WIB. Bursa - Indeks FTSE dibuka melemah 0,16% pada level 7.344
  • 20:09 WIB. CPO - Harga CPO CIF Rotterdam diperdagangkan pada level 567,5 dollar/ton
  • 20:05 WIB. Valas - Dollar menguat 0,38% terhadap Poundsterling pada level 1,2479 $/pound
  • 20:04 WIB. Valas - Dollar menguat 0,15% terhadap Euro pada level 1,1024 $/euro
  • 20:03 WIB. Valas - Dollar melemah 0,09% terhadap Yen pada level 107,92 yen/dollar
  • 20:02 WIB. Valas - Dollar melemah 0,05% terhadap Yuan pada level 7,0928 yuan/dollar
  • 20:00 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.501 $/ounce
  • 19:59 WIB. Oil - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 58,64 $/barel
  • 19:58 WIB. Oil - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 64,81 $/barel
  • 18:18 WIB. Korea - Kemenko dan Keuangan: Penurunan ekspor dan investasi terus berlanjut
  • 16:06 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup menguat 0,24% pada level 3.006
  • 16:05 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup menguat 0,54% pada level 2.091
  • 16:04 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup menguat 0,16% pada level 3.163
  • 16:02 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup melemah 0,13% pada level 26.435

Ini Strategi Turunkan Pencarian Negatif dengan Manajemen Reputasi Brand Online

Ini Strategi Turunkan Pencarian Negatif dengan Manajemen Reputasi Brand Online - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Mencari perusahaan Anda sendiri secara online mungkin terkesan seperti sesuatu yang buang-buang waktu, tetapi hal tersebut merupakan bagian penting dalam mengelola reputasi online brand Anda. Anda tidak hanya bisa mengetahui peringkat situs Anda, melainkan juga brand apa saja yang peringkatnya berada di dekat Anda. Terutama, apabila ada brand lain dengan komentar negatif tentang brand Anda. 

Jika Anda menemukan situs yang menempatkan perusahaan Anda dalam posisi yang tidak menguntungkan, Anda dapat mengambil tindakan. Meskipun 'berita negatif' tidak akan hilang secara keseluruhan, strategi pengelolaan reputasi online berikut bisa membantu menurunkan peringkat hasil pencarian negatif untuk brand Anda. Cobalah enam taktik berikut ini:

1. Gunakan Channel Sosial Media Anda

Media sosial dapat membawa banyak manfaat bagi brand Anda karena ini adalah platform yang besar dan memiliki pengaruh yang kuat. Menurut survei terbaru dari We Are Social dan Hootsuite yang dirilis pada Januari 2018, jumlah pengguna media sosial aktif di Indonesia mencapai 130 juta, atau 49% dari total populasi. Dengan memanfaatkan saluran media sosial sebagai platform bagi bisnis Anda untuk menjangkau audiens, Anda juga dapat membantu meminimalkan dampak hasil pencarian negatif.

Situs media sosial populer seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn bisa memiliki ranking yang bagus di hasil pencarian dan dapat membantu menenggelamkan persepsi negatif terhadap brand Anda. Kuncinya adalah konsisten mengkomunikasikan konten yang menarik dan relevan secara teratur sehingga bukan hanya mendorong hasil negatif, tapi juga membangun kesadaran dan loyalitas brand Anda.

2. Jangan Berikan Otoritas  

Jika Anda perlu mengatasi beberapa artikel atau komentar negatif, jangan berikan tautan balik ke URL atau domain tempat asal komentar negatif tersebut. Selain berpotensi mendorong pelanggan keluar dari situs Anda, ini memberi mereka otoritas tautan yang menginstruksikan mesin pencari (search engines) untuk mendorong laman ini masuk dalam peringkat atas mesin pencari. Sebagai gantinya, tangani, jawab, dan/atau minta maaf di situs atau blog Anda sendiri.

3. Buat Lebih Banyak Konten dan Profil

a. Mulailah sebuah blog dan menulislah sesering yang Anda bisa. Anda hanya harus konsisten dan berikan konten yang bermanfaat dan relevan dengan tulisan yang tidak perlu panjang. Anda bisa menulis tentang hal sederhana seperti daftar 10 besar atau opini Anda mengenai topik terkini. Manfaatkan situs blogging gratis yang mudah didapat dan mudah digunakan, seperti Tumblr dan WordPress.

b. Buat lebih banyak profil bisnis Anda, selain di Google, Bing, dan Yahoo!, pertimbangkanlah untuk membuat profil Anda di situs yang sudah ada, seperti Yelp dan Manta.

c. Luncurkan website internasional atau website sosial bisnis Anda. Tentu saja harus ada alasan yang kuat untuk Anda membuat situs ini. Jadi, Anda harus yakin bahwa situs tersebut harus mampu berdiri sendiri.

Keuntungannya bisa menjadi dua kali lipat: situs atau hasil pencarian negatif bisa terdorong ke bawah hasil pencarian dan Anda juga bisa membangun kredibilitas brand Anda.

4. Tingkatkan Sitelinks

Manfaatkan iklan Anda saat ini di mesin pencari seperti Google dan Bing dengan menerapkan ekstensi Sitelink. Tautan ekstra ini tidak hanya akan mengarahkan pengunjung ke halaman situs Anda yang lebih dalam, tapi iklan itu juga akan menghabiskan tempat pada bagian atas laman hasil pencarian atau SERP (search engines result page/halaman hasil pencarian), mendorong hasil negatif bahkan lebih jauh ke halaman-halaman berikutnya. Sebagai bonus, menurut Google, menambahkan ekstensi Sitelink meningkatkan CTR atau click through rate (rasio klik-tayang) rata-rata hingga 20-30%.

5. Gunakan Iklan PPC yang Strategis

Jika Anda tidak dapat mengatasi masalah dengan orang yang bertanggung jawab atas ulasan negatif tersebut, atau tidak dapat membuat daftar positif yang cukup untuk mengungguli hasil pencarian yang negatif, pertimbangkan untuk membeli iklan berbayar di samping hasil pencarian, menghubungkan konsumen ke halaman tempat Anda menanggapi keluhan atau kritik. Ingatlah bahwa Anda memasuki arena yang sensitif di mana Anda bisa saja memperburuk masalah. Jadi, lanjutkan dengan hati-hati, terutama karena Anda tentunya tidak ingin terlibat dalam debat secara online yang hanya akan menciptakan lebih banyak perasaan negatif dan publikasi media yang lebih buruk.

6. Daftarkan Nama Domain Negatif

Membeli situs yang mengandung konten negatif atas perusahaan Anda bisa jadi dipertimbangkan. Sebagai tindakan pencegahan, Anda bisa secara proaktif memikirkan nama domain yang mungkin dimanfaatkan untuk merusak kredibilitas perusahaan Anda melalui kesalahan ketik yang umum atau dengan menggunakan nama domain yang mirip. Ini dapat dilakukan dengan melihat lebih jauh salah ketik seperti apa yang sering terjadi dan mempertimbangkan untuk membuat laman khusus untuk kemungkinan salah ketik itu.

Anda tidak perlu mendapatkan ulasan negatif terlebih dahulu untuk menerapkan enam langkah ini. Gunakan strategi ini sekarang sebagai bagian upaya pencegahan agar terhindar dari masalah ke depannya. Memastikan bahwa Anda mengatasi masalah sejak dini sepatutnya menjadi tujuan Anda secara umum, dengan memberikan bagian khusus di situs Anda untuk keluhan dan menugaskan seseorang yang ahli untuk menanggapi keluhan ini, termasuk di forum online lainnya.

Kesimpulannya, semua ini adalah tentang reputasi. Jadi, gunakanlah waktu Anda untuk melindungi kehadiran online perusahaan Anda.

Tag: Tips Bisnis, Bisnis Online, We Are Social

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Foto: Cahyo Prayogo

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,773.96 3,736.24
British Pound GBP 1.00 17,748.95 17,572.01
China Yuan CNY 1.00 2,001.27 1,981.48
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,155.00 14,015.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,608.41 9,511.98
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,807.08 1,789.13
Dolar Singapura SGD 1.00 10,276.61 10,169.80
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,648.35 15,492.18
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,384.74 3,348.06
Yen Jepang JPY 100.00 13,113.77 12,980.46

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6231.473 -12.997 654
2 Agriculture 1373.405 5.845 21
3 Mining 1665.437 14.211 49
4 Basic Industry and Chemicals 880.940 -6.688 73
5 Miscellanous Industry 1168.551 -4.934 49
6 Consumer Goods 2224.357 -12.734 53
7 Cons., Property & Real Estate 500.602 -0.838 81
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1228.506 14.718 75
9 Finance 1256.024 -5.058 90
10 Trade & Service 796.555 -5.213 163
No Code Prev Close Change %
1 AHAP 56 75 19 33.93
2 KPAL 560 680 120 21.43
3 TIRA 244 286 42 17.21
4 SAPX 870 1,000 130 14.94
5 POLI 1,165 1,335 170 14.59
6 SMMA 10,000 11,000 1,000 10.00
7 POWR 1,010 1,100 90 8.91
8 HOTL 155 168 13 8.39
9 ABMM 1,805 1,950 145 8.03
10 SSTM 454 490 36 7.93
No Code Prev Close Change %
1 HOME 113 84 -29 -25.66
2 KRAH 1,500 1,135 -365 -24.33
3 VINS 136 103 -33 -24.26
4 OKAS 258 216 -42 -16.28
5 APEX 550 462 -88 -16.00
6 JKON 500 428 -72 -14.40
7 ALKA 488 420 -68 -13.93
8 FILM 480 416 -64 -13.33
9 TRIM 170 150 -20 -11.76
10 GGRP 945 855 -90 -9.52
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,270 1,250 -20 -1.57
2 HOME 113 84 -29 -25.66
3 MAMI 140 147 7 5.00
4 FREN 163 166 3 1.84
5 YELO 176 176 0 0.00
6 BBRI 4,220 4,160 -60 -1.42
7 IPTV 530 520 -10 -1.89
8 TLKM 4,210 4,290 80 1.90
9 KPAL 560 680 120 21.43
10 SWAT 118 120 2 1.69