Portal Berita Ekonomi Senin, 21 Mei 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:36 WIB. BTN - BTN akan berikan layanan secara terbatas saat libur panjang cuti bersama pada Lebaran tahun ini.
  • 16:35 WIB. PTPP - PTPP kantongi izin dari Kementerian BUMN untuk mengemisi obligasi hingga Rp3 triliun.
  • 16:35 WIB. PTPP - PTPP sedang memroses penerbitan PUB II Obligasi 2018 senilai Rp1,5 triliun.
  • 16:35 WIB. PTPP - PTPP telah mengemisi SBP tahap I 2018 dengan jumlah pokok Rp150 miliar.
  • 16:34 WIB. Pefindo - Pefindo terus pantau SNP Finance terkait kasus gagal bayar bunga medium tem notes (MTN).
  • 16:29 WIB. PLN - PLN akan bangun pembangkit dengan total daya 896 MW di Kalsel.
  • 16:28 WIB. BTN -  Per April 2018,  DPK BTN capai sekitar Rp192 triliun, naik sekitar 22%.
  • 16:27 WIB. Asabri - Asabri prediksi nilai klaim akan meningkat di tahun politik seiring dengan tensi politik yang meningkat.
  • 16:27 WIB. Pertamina - Pertamina tambah 37 ribu tabung gas melon untuk Banyumas.
  • 16:26 WIB. Nasional Re - PT Reasuransi Nasional Indonesia bukukan premi bruto senilai Rp5,6 triliun sepanjang 2017, tumbuh 15,1%.
  • 16:25 WIB. BTN - BTN siapkan dana Rp43,6 triliun untuk penuhi kebutuhan uang tunai masyarakat jelang Idul Fitri 1439 H. 
  • 16:01 WIB. Grab - Grab bermitra dengan Maybank luncurkan 'mobile wallet' di Malaysia.
  • 15:59 WIB. Kuba - Kuba identifikasi 110 korban insiden jatuhnya pesawat.
  • 15:57 WIB. China - Jelajahi sisi gelap bulan, China kirim satelit relay Chang'e-4.
  • 15:54 WIB. Trump - Departemen Kehakiman AS selidiki upaya infiltrasi FBI ke kampanye Trump di Pilpres AS 2016.

Ini Strategi Turunkan Pencarian Negatif dengan Manajemen Reputasi Brand Online

Foto Berita Ini Strategi Turunkan Pencarian Negatif dengan Manajemen Reputasi Brand Online
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Mencari perusahaan Anda sendiri secara online mungkin terkesan seperti sesuatu yang buang-buang waktu, tetapi hal tersebut merupakan bagian penting dalam mengelola reputasi online brand Anda. Anda tidak hanya bisa mengetahui peringkat situs Anda, melainkan juga brand apa saja yang peringkatnya berada di dekat Anda. Terutama, apabila ada brand lain dengan komentar negatif tentang brand Anda. 

Jika Anda menemukan situs yang menempatkan perusahaan Anda dalam posisi yang tidak menguntungkan, Anda dapat mengambil tindakan. Meskipun 'berita negatif' tidak akan hilang secara keseluruhan, strategi pengelolaan reputasi online berikut bisa membantu menurunkan peringkat hasil pencarian negatif untuk brand Anda. Cobalah enam taktik berikut ini:

1. Gunakan Channel Sosial Media Anda

Media sosial dapat membawa banyak manfaat bagi brand Anda karena ini adalah platform yang besar dan memiliki pengaruh yang kuat. Menurut survei terbaru dari We Are Social dan Hootsuite yang dirilis pada Januari 2018, jumlah pengguna media sosial aktif di Indonesia mencapai 130 juta, atau 49% dari total populasi. Dengan memanfaatkan saluran media sosial sebagai platform bagi bisnis Anda untuk menjangkau audiens, Anda juga dapat membantu meminimalkan dampak hasil pencarian negatif.

Situs media sosial populer seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn bisa memiliki ranking yang bagus di hasil pencarian dan dapat membantu menenggelamkan persepsi negatif terhadap brand Anda. Kuncinya adalah konsisten mengkomunikasikan konten yang menarik dan relevan secara teratur sehingga bukan hanya mendorong hasil negatif, tapi juga membangun kesadaran dan loyalitas brand Anda.

2. Jangan Berikan Otoritas  

Jika Anda perlu mengatasi beberapa artikel atau komentar negatif, jangan berikan tautan balik ke URL atau domain tempat asal komentar negatif tersebut. Selain berpotensi mendorong pelanggan keluar dari situs Anda, ini memberi mereka otoritas tautan yang menginstruksikan mesin pencari (search engines) untuk mendorong laman ini masuk dalam peringkat atas mesin pencari. Sebagai gantinya, tangani, jawab, dan/atau minta maaf di situs atau blog Anda sendiri.

3. Buat Lebih Banyak Konten dan Profil

a. Mulailah sebuah blog dan menulislah sesering yang Anda bisa. Anda hanya harus konsisten dan berikan konten yang bermanfaat dan relevan dengan tulisan yang tidak perlu panjang. Anda bisa menulis tentang hal sederhana seperti daftar 10 besar atau opini Anda mengenai topik terkini. Manfaatkan situs blogging gratis yang mudah didapat dan mudah digunakan, seperti Tumblr dan WordPress.

b. Buat lebih banyak profil bisnis Anda, selain di Google, Bing, dan Yahoo!, pertimbangkanlah untuk membuat profil Anda di situs yang sudah ada, seperti Yelp dan Manta.

c. Luncurkan website internasional atau website sosial bisnis Anda. Tentu saja harus ada alasan yang kuat untuk Anda membuat situs ini. Jadi, Anda harus yakin bahwa situs tersebut harus mampu berdiri sendiri.

Keuntungannya bisa menjadi dua kali lipat: situs atau hasil pencarian negatif bisa terdorong ke bawah hasil pencarian dan Anda juga bisa membangun kredibilitas brand Anda.

4. Tingkatkan Sitelinks

Manfaatkan iklan Anda saat ini di mesin pencari seperti Google dan Bing dengan menerapkan ekstensi Sitelink. Tautan ekstra ini tidak hanya akan mengarahkan pengunjung ke halaman situs Anda yang lebih dalam, tapi iklan itu juga akan menghabiskan tempat pada bagian atas laman hasil pencarian atau SERP (search engines result page/halaman hasil pencarian), mendorong hasil negatif bahkan lebih jauh ke halaman-halaman berikutnya. Sebagai bonus, menurut Google, menambahkan ekstensi Sitelink meningkatkan CTR atau click through rate (rasio klik-tayang) rata-rata hingga 20-30%.

5. Gunakan Iklan PPC yang Strategis

Jika Anda tidak dapat mengatasi masalah dengan orang yang bertanggung jawab atas ulasan negatif tersebut, atau tidak dapat membuat daftar positif yang cukup untuk mengungguli hasil pencarian yang negatif, pertimbangkan untuk membeli iklan berbayar di samping hasil pencarian, menghubungkan konsumen ke halaman tempat Anda menanggapi keluhan atau kritik. Ingatlah bahwa Anda memasuki arena yang sensitif di mana Anda bisa saja memperburuk masalah. Jadi, lanjutkan dengan hati-hati, terutama karena Anda tentunya tidak ingin terlibat dalam debat secara online yang hanya akan menciptakan lebih banyak perasaan negatif dan publikasi media yang lebih buruk.

6. Daftarkan Nama Domain Negatif

Membeli situs yang mengandung konten negatif atas perusahaan Anda bisa jadi dipertimbangkan. Sebagai tindakan pencegahan, Anda bisa secara proaktif memikirkan nama domain yang mungkin dimanfaatkan untuk merusak kredibilitas perusahaan Anda melalui kesalahan ketik yang umum atau dengan menggunakan nama domain yang mirip. Ini dapat dilakukan dengan melihat lebih jauh salah ketik seperti apa yang sering terjadi dan mempertimbangkan untuk membuat laman khusus untuk kemungkinan salah ketik itu.

Anda tidak perlu mendapatkan ulasan negatif terlebih dahulu untuk menerapkan enam langkah ini. Gunakan strategi ini sekarang sebagai bagian upaya pencegahan agar terhindar dari masalah ke depannya. Memastikan bahwa Anda mengatasi masalah sejak dini sepatutnya menjadi tujuan Anda secara umum, dengan memberikan bagian khusus di situs Anda untuk keluhan dan menugaskan seseorang yang ahli untuk menanggapi keluhan ini, termasuk di forum online lainnya.

Kesimpulannya, semua ini adalah tentang reputasi. Jadi, gunakanlah waktu Anda untuk melindungi kehadiran online perusahaan Anda.

Tag: Tips Bisnis, Bisnis Online, We Are Social

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Foto: Cahyo Prayogo

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,696.31 3,659.41
British Pound GBP 1.00 19,128.17 18,933.64
China Yuan CNY 1.00 2,184.84 2,163.09
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,863.00 13,725.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,792.35 10,678.05
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,768.01 1,750.35
Dolar Singapura SGD 1.00 10,519.01 10,406.40
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,058.42 16,887.24
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,539.19 3,501.28
Yen Jepang JPY 100.00 12,991.28 12,855.94

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5733.854 -49.456 581
2 Agriculture 1544.033 34.109 19
3 Mining 1908.397 21.577 44
4 Basic Industry and Chemicals 757.643 -4.711 69
5 Miscellanous Industry 1155.231 2.164 44
6 Consumer Goods 2362.984 -16.826 45
7 Cons., Property & Real Estate 447.090 -2.643 65
8 Infrastruc., Utility & Trans. 985.528 -14.959 64
9 Finance 999.500 -19.108 92
10 Trade & Service 894.918 -2.039 139
No Code Prev Close Change %
1 FORZ 334 416 82 24.55
2 MITI 84 101 17 20.24
3 WOOD 462 545 83 17.97
4 GOLD 412 486 74 17.96
5 DEFI 940 1,100 160 17.02
6 TRIL 77 89 12 15.58
7 BUKK 1,550 1,700 150 9.68
8 ERAA 2,150 2,350 200 9.30
9 BIMA 76 83 7 9.21
10 ALMI 292 318 26 8.90
No Code Prev Close Change %
1 KONI 308 252 -56 -18.18
2 ETWA 88 74 -14 -15.91
3 UNIT 320 270 -50 -15.62
4 IKAI 505 446 -59 -11.68
5 LPIN 1,015 910 -105 -10.34
6 ESSA 276 250 -26 -9.42
7 GOLL 82 76 -6 -7.32
8 APLI 107 100 -7 -6.54
9 BPFI 535 500 -35 -6.54
10 TOBA 2,330 2,180 -150 -6.44
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 2,940 2,760 -180 -6.12
2 WOOD 462 545 83 17.97
3 BMTR 540 540 0 0.00
4 ERAA 2,150 2,350 200 9.30
5 ADRO 1,905 1,950 45 2.36
6 KREN 660 655 -5 -0.76
7 PTBA 3,690 3,830 140 3.79
8 BMRI 6,800 6,675 -125 -1.84
9 PGAS 1,980 1,935 -45 -2.27
10 TLKM 3,490 3,420 -70 -2.01