Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2018, Jamkrindo Syariah Rencanakan Buka KUP di 8 Kota

2018, Jamkrindo Syariah Rencanakan Buka KUP di 8 Kota Kredit Foto: Ning Rahayu
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pertumbuhan bisnis yang cukup signifikan dari tahun ke tahun membuktikan bahwa kinerja lembaga penjaminan Jamkrindo Syariah (JamSyar) cukup positif. Sebagaimana dijelaskan Direktur Bisnis PT Penjaminan Jamkrindo Syariah Gatot Suprabowo dalam Gathering Agen Penjaminan dan Mitra Wartawan, pada Kamis (15/2/2018) di gedung Jamkrindo, Jakarta Pusat, bahwa volume kinerja penjaminan Jamkrindo Syariah terus meningkat setiap tahunnya. Sampai dengan tahun 2017, jumlah yang telah dijamin sebesar Rp24,09 triliun.

Untuk itu, Gatot mengungkapkan bahwa pertumbuhan tersebut menggiring Jamkrindo Syariah untuk kembali mendirikan Kantor Unit Pelayanan (KUP) di beberapa kota yang belum menjadi jaringan pelayanan dan menjadikan rencana tersebut sebagai target di tahun 2018. Adapun delapan kota yang tengah dilirik JamSyar di antaranya yaitu Serang, Padang, Pekanbaru, Pangkal Pinang, Balikpapan, DI Yogyakarta, Lampung, dan Jambi.

Namun, Gatot menuturkan bahwa rencana perluasan wilayah tersebut masih dalam tahap proses pengkajian. "Kira-kira yang mana yang layak. Ini menunjukkan bahwa JamSyar sesuai mottonya adalah progresif. Insya Allah kita terus tumbuh, terus berkembang," tutur Gatot.

Hingga saat ini, Jamkrindo Syariah yang berkantor pusat di gedung Jamkrindo Jakarta Pusat memiliki empat kantor cabang yang terdapat di kota Medan, Palembang, Bandung, dan Surabaya. Kemudian, KUP di kota Aceh, Semarang, Pontianak, Banjarmasin, Makassar, dan Mataram.

Gatot juga mengatakan bahwa rencana ekspansi tersebut bertujuan untuk memperluas pelayanan bagi calon debitur JamSyar, yang terdiri dari para pelaku usaha baik mikro, kecil, menengah (UMKM) maupun besar. Mayoritas debitur JamSyar yaitu para pelaku usaha yang belum bankable, tetapi memiliki permasalahan dalam hal peminjaman modal usaha dan sebagainya.

"Calon debitur yang semula dinilai belum bankable, dengan jaminan syariah menjadi bankable sehingga dapat menerima fasilitas pembiayaan untuk mendukung pengembangan usahanya," jelas Gatot.

Jamkrindo Syariah yang merupakan anak perusahaan dari Perum Jamkrindo memiliki beberapa produk penjaminan, di antaranya yaitu kontra bank garansi, surety bond, customs bond, kafalah pembiayaan invoice, kafalah pembiayaan umum, kafalah pembiayaan mikro, kafalah pembiayaan kontruksi dan pengadaan barang/jasa, kafalah pembiayaan pemilikan rumah, kafalah KPR sejahtera FLPP, kafalah distribusi barang, kafalah KUR iB, dan kafalah pembiayaan multiguna. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: