Portal Berita Ekonomi Rabu, 20 Juni 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 19:23 WIB. DanaBijak - DanaBijak membidik pendanaan sebesar US$1,5 juta pada tahun ini.
  • 19:22 WIB. UKM - Presiden Jokowi akan meluncurkan kebijakan baru tarif PPh final untuk UKM jadi 0,5% di Surabaya, Jumat (22/6).
  • 19:21 WIB. AP I - Angkasa Pura I menganggarkan Rp2,2 triliun untuk pengembangan Bandara Ngurah Rai.
  • 19:20 WIB. NISP - OCBC NISP menyalurkan pinjaman kepada Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara senilai Rp100 miliar.
  • 19:18 WIB. Sea Limited - Sea Limited mengumumkan penambahan modal agregat senilai US$575 juta.
  • 19:17 WIB. DuitHape - DuitHape mengincar pendanaan sebesar US$500.000 hingga akhir Juni 2018.
  • 19:14 WIB. Bitcoin - Bursa kripto asal Korea Selatan, Bithumb, kebobolan lebih dari US$30 juta akibat serangan cyber
  • 19:12 WIB. SIS - Suzuki Indomobil Sales menargetkan penjualan NEX II sebanyak 1.500 unit di Pekanbaru dan Riau pada 2018.
  • 19:09 WIB. Grab - Grab berencana mengembangkan layanan mobil terhubung dalam Toyota Mobility Service Platform.
  • 19:11 WIB. SIS - Suzuki Indomobil Sales memperkirakan distribusi NEX II akan mengalami penurunan menjadi 2.000 unit pada Juni.
  • 19:07 WIB. ASDP - Kemenhub akan menata ulang manajemen lima dermaga di wilayah Danau Toba untuk dilimpahkan ke ASDP.
  • 19:03 WIB. IHSG - Investor asing mencatatkan aksi jual bersih sebesar lebih dari Rp2 triliun pada akhir perdagangan hari Rabu (20/6).
  • 17:49 WIB. Cryptocurrency - Dua platform pertukaran cryptocurrency global, Bithumb dan Coinrail, jadi korban dari serangan hacker.
  • 17:48 WIB. Mendekor.com - Mendekor Anugerah Indonesia mencatat peningkatan penjualan 30% selama periode Lebaran 2018.
  • 17:47 WIB. Korea Selatan - LS Cable & System akan membangun pabrik kabel listrik senilai US$50 juta di Karawang Barat.

Belum Miliki Cabang di Daerah, Bekraf Manfaatkan Mobile Marketing

Foto Berita Belum Miliki Cabang di Daerah, Bekraf Manfaatkan Mobile Marketing
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Koordinasi dan sinergis antara pemerintah pusat dengan daerah sangat penting dalam pemasaran produk dan jasa kreatif. Namun, hingga saat ini Bekraf belum memiliki perwakilan-perwakilan di provinsi dan kabupaten/kota untuk bisa berinteraksi langsung dengan para pelaku ekonomi kreatif dan konsumen di daerah. Untuk itu, Bekraf memanfaatkan strategi mobile marketing, jaringan distribusi nasional dan e-commerce untuk mengatasi masalah tersebut. 

Mobile marketing adalah salah satu upaya untuk melakukan pemasaran produk dan jasa kreatif secara nonpermanen. Strategi yang satu ini dinilai kreatif sekaligus afordable untuk memasarkan produk kreatif untuk menjangkau konsumen di berbagai daerah. 

Sementara e-commerce adalah upaya untuk menciptakan platform pemasaran secara online untuk menjangkau konsumen secara luas dan efisien. Kerja sama dengan berbagai platform e-commerce yang telah ada dan dikenal masyarakat secara luas. 

Selain mobile event, jaringan distribusi nasional dan e-catalog. Bekraf juga akan terus-menerus melakukan kampanye di berbagai media massa, baik konvensional maupun platform digital. Tujuannya agar image produk dan jasa kreatif lokal itu berkualitas, keren, dan kekinian sehingga nantinya konsumen semakin cinta terhadap buatan Indonesia dan mengutamakan pembelian produk-produk dalam negeri. 

Pada intinya, Deputi Pemasaran Bekraf ingin mempertemukan para produsen ekonomi kreatif dengan konsumennya bukan secara fisik saja, tapi juga secara virtual sehingga pemasarannya lebih masif dan tersebar, yaitu mulai dari dalam negeri. Hingga merambah ke negara tetangga, kawasan regional, bahkan ke seluruh dunia. 

Salah satu strategi pemasaran paling efektif untuk mempromosikan produk dan jasa kreatif Indonesia adalah dengan mengikuti pameran-pameran di luar negeri. Di ajang ini, para pelaku ekonomi kreatif bisa bertemu secara fisik dengan konsumen dan memperkenalkan langsung produk-produk kreatif miliknya yang paling hit atau mutakhir. 

Pameran juga menjadi barometer untuk mengukur kualitas produk kreatif Indonesia. "Yaitu apakah diterima oleh pasar global atau masih perlu ditingkatkan lagi kualitasnya. Penilaian ini penting karena tanpa peningkatan kualitas, produk dari industri kreatif Indonesia tidak akan bisa bersaing dengan produk dari luar negeri. Ditambah lagi, kita akan kesulitan mendapat konsumen setia karena image kualitas yang kurang bagus," papar Deputi Pemasaran Bekraf, Josua Simanjuntak.

Tag: Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Josua Simanjuntak

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Foto: Ning Rahayu

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,696.31 3,659.41
British Pound GBP 1.00 19,128.17 18,933.64
China Yuan CNY 1.00 2,184.84 2,163.09
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,863.00 13,725.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,792.35 10,678.05
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,768.01 1,750.35
Dolar Singapura SGD 1.00 10,519.01 10,406.40
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,058.42 16,887.24
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,539.19 3,501.28
Yen Jepang JPY 100.00 12,991.28 12,855.94

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5993.627 -113.071 587
2 Agriculture 1535.417 -16.568 19
3 Mining 1950.048 -19.774 44
4 Basic Industry and Chemicals 810.011 -8.507 70
5 Miscellanous Industry 1230.258 -8.573 45
6 Consumer Goods 2439.310 -39.956 45
7 Cons., Property & Real Estate 473.172 -5.498 65
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1040.501 -26.112 65
9 Finance 1059.149 -33.106 93
10 Trade & Service 902.658 -6.794 141
No Code Prev Close Change %
1 KPAL 195 262 67 34.36
2 GDST 198 266 68 34.34
3 MYTX 160 204 44 27.50
4 SWAT 272 340 68 25.00
5 JPRS 266 332 66 24.81
6 CITA 875 1,090 215 24.57
7 ATIC 735 915 180 24.49
8 CSIS 980 1,180 200 20.41
9 ASJT 290 328 38 13.10
10 DSSA 15,500 17,500 2,000 12.90
No Code Prev Close Change %
1 BNBR 104 70 -34 -32.69
2 DFAM 1,205 905 -300 -24.90
3 SDMU 282 222 -60 -21.28
4 FORU 144 126 -18 -12.50
5 JKSW 74 66 -8 -10.81
6 SAME 560 500 -60 -10.71
7 MNCN 1,180 1,070 -110 -9.32
8 ERTX 132 120 -12 -9.09
9 IIKP 230 212 -18 -7.83
10 SMRA 995 920 -75 -7.54
No Code Prev Close Change %
1 SWAT 272 340 68 25.00
2 BBRI 3,140 2,960 -180 -5.73
3 TLKM 3,610 3,710 100 2.77
4 BBCA 22,250 21,500 -750 -3.37
5 BBNI 8,050 7,525 -525 -6.52
6 BMRI 6,950 6,700 -250 -3.60
7 ADRO 1,935 2,000 65 3.36
8 UNTR 34,800 33,500 -1,300 -3.74
9 ASII 6,900 6,950 50 0.72
10 PGAS 2,080 2,040 -40 -1.92