Portal Berita Ekonomi Rabu, 03 Juni 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 21:29 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,37% terhadap Yen pada level 7,10 CNY/USD.
  • 21:25 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,59% terhadap Poundsterling pada level 1,2566 USD/GBP.
  • 21:24 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,44% terhadap Euro pada level 1,1185 USD/EUR.
  • 21:22 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.744 USD/troy ounce.
  • 21:20 WIB. Oil - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 39,09 USD/barel.
  • 21:19 WIB. Oil - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 35,93 USD/barel.
  • 21:16 WIB. Bursa - Indeks Nasdaq dibuka negatif 0,01% pada level 9.551.
  • 21:06 WIB. Bursa - Indeks Dow Jones dibuka positif 0,58% pada level 25.623.
  • 21:05 WIB. Bursa - Indeks S&P 500 dibuka positif 0,14% pada level 3.060.

Pemerintah Dukung UMKM Go Digital Melalui Shopee Kreasi Nusantara

Pemerintah Dukung UMKM Go Digital Melalui Shopee Kreasi Nusantara
WE Online, Jakarta -

Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM mendukung program "Kreasi Nusantara" yang diluncurkan Shopee, salah satu marketplace di Asia Tenggara dan Taiwan pada Selasa (27/2/2018) di Smesco Indonesia. Program tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap produk-produk lokal dan kemandirian digital UMKM Indonesia untuk bisa bersaing di pasar global melalui teknologi digital.

Program tersebut juga didedikasikan untuk memamerkan rangkaian produk lokal Indonesia lintas kategori, seperti fesyen, makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan, perlengkapan rumah tangga, dan masih banyak lagi. Kreasi Nusantara sejalan dengan visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia dan untuk menggerakan kemandirian digital UMKM sebagai tonggak pertumbuhan ekonomi nasional. 

Dalam sambutannya, Asisten Deputi Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Herustiati sangat menyambut positif peluncuran Kreasi Nusantara dari Shopee guna memajukan produk lokal melalui platform online. "Sampai saat ini, sudah tercatat lebih dari 3,79 juta pelaku UKM yang memanfaatkan teknologi digital seperti e-commerce termasuk Shopee sehingga besar harapan kami para pelaku UKM mampu memaksimalkan penggunaan platform Kreasi Nusantara untuk mengembangkan bisnisnya dengan tetap mempertahankan ciri khas budaya lokal," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Emilia Suhaimi juga mengatakan bahwa potensi UMKM yang menurutnya luar biasa tersebut layak untuk mendapatkan perhatian secara khusus agar mampu mengakses pasar, tidak hanya domestik, tetapi juga global.

"Indonesia merupakan negara dengan pengguna internet terbesar di dunia dan pertumbuhannya tergolong cepat. Karena dalam rentang waktu satu tahun saja, kalau pada 2015 jumlah pengguna internet itu baru 93,4 juta, di tahun 2016 sudah 132,7 juta. Jadi, meningkat satu tahun 42 persen. Suatu angka yang cukup besar," ungkapnya.

Untuk itu, kata Emilia, Pemerintah mendorong UMKM Indonesia untuk Go Online, dengan 60 persen kekuatan ekonomi Indonesia berada di sektor UMKM. Saat ini Pemerintah juga menyediakan saluran untuk UKM dengan mengembangkan usahanya melalui e-commerce. "Program ini telah berhasil menjadikan online kurang lebih 30 ribu UMKM yang tersebar di 60 kota di Indonesia," ungkap Emilia.

Melihat bisnis ritel atau offline, satu per satu runtuh karena bergesernya pelaku usaha offline ke online, menurut Emilia, telah mampu melahirkan model-model bisnis baru yang semakin lama semakin menggerus pangsa pasar bisnis-bisnis konvensional. Oleh karena itu, sistem perdagangan online bagi UMKM dinilai sangat strategis di era digitalisasi ekonomi seperti saat ini. "Sebab faktanya bisa memebrikan mutual benefit ataupun manfaat untuk perluasan jaringan, pemasaran, kemitraan, maupun promosi produk- priduk UKM tersebut," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Chris Feng, CEO Shopee mengatakan, Shopee turut ambil bagian dalam mendukung pemerintah yang sangat fokus mengembangkan pasar ekonomi digital di Indonesia melalui kemandirian digital UMKM di Indonesia. "Shopee meluncurkan Kreasi Nusantara untuk memberikan wadah bagi UMKM menjangkau basis pasar yang lebih luas dan memasarkan produk karya mereka. Dimana secara bersamaan juga memberikan ragam pilihan produk unik asli Indonesia bagi para pengguna di 515 kota dan kabupaten di Indonesia," paparnya.

Sebagai perusahaan yang beroperasi di Indonesia, Chris Feng mengatakan bahwa telah menjadi tanggung jawab Shopee untuk ambil bagian dalam mendukung visi pemerintah. "Kreasi Nusantara diharapkap dapat memajukan produk lokal dan memberikan dampak positif dalam pertumbuhan ekonomi nasional," tutup Chris Feng.

Baca Juga

Tag: Shopee Indonesia, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM), Herustiati, Emilia Suhaimi, Chris Feng

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Foto: Ning Rahayu

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,882.91 3,843.25
British Pound GBP 1.00 18,199.19 18,015.22
China Yuan CNY 1.00 2,046.41 2,025.73
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,574.51 14,429.49
Dolar Australia AUD 1.00 9,881.52 9,780.31
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,880.34 1,861.61
Dolar Singapura SGD 1.00 10,360.04 10,254.04
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,209.77 16,047.04
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,397.32 3,355.70
Yen Jepang JPY 100.00 13,541.31 13,402.83
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 4847.507 93.895 692
2 Agriculture 966.684 1.753 22
3 Mining 1270.446 32.245 49
4 Basic Industry and Chemicals 759.541 13.808 78
5 Miscellanous Industry 854.205 -4.191 52
6 Consumer Goods 1820.498 13.773 58
7 Cons., Property & Real Estate 326.467 3.510 90
8 Infrastruc., Utility & Trans. 883.534 19.450 78
9 Finance 995.519 33.004 93
10 Trade & Service 611.583 4.950 172
No Code Prev Close Change %
1 ASBI 270 336 66 24.44
2 DIVA 940 1,145 205 21.81
3 BBTN 760 925 165 21.71
4 AKSI 117 141 24 20.51
5 MBTO 59 70 11 18.64
6 TMPO 127 148 21 16.54
7 DUCK 470 540 70 14.89
8 PJAA 466 535 69 14.81
9 PANS 745 855 110 14.77
10 ETWA 64 73 9 14.06
No Code Prev Close Change %
1 DFAM 400 372 -28 -7.00
2 STTP 8,300 7,725 -575 -6.93
3 ARKA 1,300 1,210 -90 -6.92
4 LAND 318 296 -22 -6.92
5 NATO 535 498 -37 -6.92
6 CASS 188 175 -13 -6.91
7 VICO 116 108 -8 -6.90
8 ADES 960 895 -65 -6.77
9 OCAP 150 140 -10 -6.67
10 POLI 1,050 980 -70 -6.67
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 2,950 3,180 230 7.80
2 BBTN 760 925 165 21.71
3 PURA 75 77 2 2.67
4 TKIM 3,970 4,260 290 7.30
5 BBCA 25,950 26,800 850 3.28
6 TLKM 3,150 3,250 100 3.17
7 ICBP 8,150 8,475 325 3.99
8 BMRI 4,470 4,620 150 3.36
9 BBNI 3,830 3,970 140 3.66
10 INDF 5,750 6,025 275 4.78