Portal Berita Ekonomi Jum'at, 21 September 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:14 WIB. HIPMI  - HIPMI: tanggapi polemik beras dengan kepala dingin.
  • 16:13 WIB. Perikanan - Menteri Susi mendorong pengusaha perikanan nasional untuk dapat melakukan terobosan ekspor
  • 16:02 WIB. Instagram - Instagram dikabarkan uji fitur 'Repost' konten. 
  • 16:02 WIB. Gerindra - Semua nomor urut capres-cawapres adalah baik.
  • 16:01 WIB. Amazon - Amazon targetkan buka 3.000 toko tanpa kasir di AS.
  • 16:00 WIB. Kemenhub - Kemenhub libatkan Organda godok peraturan transportasi online.
  • 15:59 WIB. Facebook - Facebook lepas dukungan kampanye politik.
  • 15:24 WIB. Samsung - Samsung Galaxy A7 melenggang dengan tiga kamera utama.
  • 15:16 WIB. PLN - Pefindo menegaskan dua peringkat surat utang milik PLN dengan peringkat idAAA dan idAAA syariah.
  • 15:00 WIB. Pertamina - Total kebutuhan FAME Pertamina yaitu sekitar 5,8 juta kiloliter per tahun.
  • 14:59 WIB. Pertamina - Pertamina mengalami kekurangan pasokan bahan campuran B20.
  • 14:57 WIB. AP I - AP I merancang Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, DIY tahan gempa hingga 8,8 SR.
  • 14:55 WIB. Bulog - Perum Bulog Divre Sulawesi Utara telah menggelontorkan sebanyak 2.000 ton beras untuk OP.
  • 14:55 WIB. PP - PT PP meraih penghargaan bertaraf internasional Asian Power Awards 2018.
  • 14:54 WIB. IKM - Mengenalkan E-Commerce kepada pelaku IKM di Buleleng, Dinas Kominfosandi selenggarakan Sosialisasi E-Commerce.

Pemerintah Dukung UMKM Go Digital Melalui Shopee Kreasi Nusantara

Foto Berita Pemerintah Dukung UMKM Go Digital Melalui Shopee Kreasi Nusantara
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM mendukung program "Kreasi Nusantara" yang diluncurkan Shopee, salah satu marketplace di Asia Tenggara dan Taiwan pada Selasa (27/2/2018) di Smesco Indonesia. Program tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap produk-produk lokal dan kemandirian digital UMKM Indonesia untuk bisa bersaing di pasar global melalui teknologi digital.

Program tersebut juga didedikasikan untuk memamerkan rangkaian produk lokal Indonesia lintas kategori, seperti fesyen, makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan, perlengkapan rumah tangga, dan masih banyak lagi. Kreasi Nusantara sejalan dengan visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia dan untuk menggerakan kemandirian digital UMKM sebagai tonggak pertumbuhan ekonomi nasional. 

Dalam sambutannya, Asisten Deputi Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Herustiati sangat menyambut positif peluncuran Kreasi Nusantara dari Shopee guna memajukan produk lokal melalui platform online. "Sampai saat ini, sudah tercatat lebih dari 3,79 juta pelaku UKM yang memanfaatkan teknologi digital seperti e-commerce termasuk Shopee sehingga besar harapan kami para pelaku UKM mampu memaksimalkan penggunaan platform Kreasi Nusantara untuk mengembangkan bisnisnya dengan tetap mempertahankan ciri khas budaya lokal," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Emilia Suhaimi juga mengatakan bahwa potensi UMKM yang menurutnya luar biasa tersebut layak untuk mendapatkan perhatian secara khusus agar mampu mengakses pasar, tidak hanya domestik, tetapi juga global.

"Indonesia merupakan negara dengan pengguna internet terbesar di dunia dan pertumbuhannya tergolong cepat. Karena dalam rentang waktu satu tahun saja, kalau pada 2015 jumlah pengguna internet itu baru 93,4 juta, di tahun 2016 sudah 132,7 juta. Jadi, meningkat satu tahun 42 persen. Suatu angka yang cukup besar," ungkapnya.

Untuk itu, kata Emilia, Pemerintah mendorong UMKM Indonesia untuk Go Online, dengan 60 persen kekuatan ekonomi Indonesia berada di sektor UMKM. Saat ini Pemerintah juga menyediakan saluran untuk UKM dengan mengembangkan usahanya melalui e-commerce. "Program ini telah berhasil menjadikan online kurang lebih 30 ribu UMKM yang tersebar di 60 kota di Indonesia," ungkap Emilia.

Melihat bisnis ritel atau offline, satu per satu runtuh karena bergesernya pelaku usaha offline ke online, menurut Emilia, telah mampu melahirkan model-model bisnis baru yang semakin lama semakin menggerus pangsa pasar bisnis-bisnis konvensional. Oleh karena itu, sistem perdagangan online bagi UMKM dinilai sangat strategis di era digitalisasi ekonomi seperti saat ini. "Sebab faktanya bisa memebrikan mutual benefit ataupun manfaat untuk perluasan jaringan, pemasaran, kemitraan, maupun promosi produk- priduk UKM tersebut," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Chris Feng, CEO Shopee mengatakan, Shopee turut ambil bagian dalam mendukung pemerintah yang sangat fokus mengembangkan pasar ekonomi digital di Indonesia melalui kemandirian digital UMKM di Indonesia. "Shopee meluncurkan Kreasi Nusantara untuk memberikan wadah bagi UMKM menjangkau basis pasar yang lebih luas dan memasarkan produk karya mereka. Dimana secara bersamaan juga memberikan ragam pilihan produk unik asli Indonesia bagi para pengguna di 515 kota dan kabupaten di Indonesia," paparnya.

Sebagai perusahaan yang beroperasi di Indonesia, Chris Feng mengatakan bahwa telah menjadi tanggung jawab Shopee untuk ambil bagian dalam mendukung visi pemerintah. "Kreasi Nusantara diharapkap dapat memajukan produk lokal dan memberikan dampak positif dalam pertumbuhan ekonomi nasional," tutup Chris Feng.

Tag: Shopee Indonesia, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM), Herustiati, Emilia Suhaimi, Chris Feng

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Foto: Ning Rahayu

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,972.48 3,932.70
British Pound GBP 1.00 19,766.67 19,568.83
China Yuan CNY 1.00 2,179.44 2,157.79
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,898.00 14,750.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,860.64 10,751.28
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,904.46 1,885.47
Dolar Singapura SGD 1.00 10,919.89 10,810.61
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,552.82 17,372.55
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,609.89 3,570.56
Yen Jepang JPY 100.00 13,234.43 13,099.47

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5931.266 57.669 602
2 Agriculture 1584.135 11.004 20
3 Mining 1936.077 20.470 46
4 Basic Industry and Chemicals 810.673 14.455 71
5 Miscellanous Industry 1272.514 15.152 45
6 Consumer Goods 2477.630 29.722 47
7 Cons., Property & Real Estate 421.938 0.005 68
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1029.500 5.998 69
9 Finance 1067.861 11.961 91
10 Trade & Service 821.943 1.167 145
No Code Prev Close Change %
1 BKDP 62 83 21 33.87
2 HDTX 172 218 46 26.74
3 DIGI 424 530 106 25.00
4 PANI 246 306 60 24.39
5 KPAL 442 530 88 19.91
6 TRUS 170 200 30 17.65
7 OKAS 195 222 27 13.85
8 DYAN 88 100 12 13.64
9 MINA 464 525 61 13.15
10 ARTO 137 154 17 12.41
No Code Prev Close Change %
1 CNTX 680 580 -100 -14.71
2 DNAR 310 266 -44 -14.19
3 DSSA 16,300 14,000 -2,300 -14.11
4 GLOB 160 140 -20 -12.50
5 RELI 262 234 -28 -10.69
6 INPP 660 590 -70 -10.61
7 SRAJ 139 125 -14 -10.07
8 BULL 169 153 -16 -9.47
9 YPAS 700 635 -65 -9.29
10 ALMI 350 320 -30 -8.57
No Code Prev Close Change %
1 PNLF 238 232 -6 -2.52
2 BMTR 406 406 0 0.00
3 KPIG 710 690 -20 -2.82
4 BBRI 3,000 3,090 90 3.00
5 DYAN 88 100 12 13.64
6 BHIT 88 90 2 2.27
7 TLKM 3,550 3,600 50 1.41
8 INKP 17,850 18,300 450 2.52
9 ADRO 1,740 1,805 65 3.74
10 PGAS 2,020 2,080 60 2.97