Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkominfo Sebut Bank Ini Terdepan dalam Penerapan Teknologi

Menkominfo Sebut Bank Ini Terdepan dalam Penerapan Teknologi Kredit Foto: BNI
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara mengakui PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk atau BNI sebagai bank yang terdepan dalam penerapan dan pemanfaatan teknologi.

Hal ini dikemukakan saat menghadiri peluncuran BNI Cinta (Chat with your INTelligent Advisor) di yap! Experience Booth, Jakarta Internasional BNI Java Jazz Festival 2018, Jakarta, Minggu (4/2/2018). BNI Cinta merupakan layanan perbankan dengan metode chatting yang memanfaatkan teknologi chatbot dan artificial intelligence (AI)

"Artinya bagus ya BNI segera merespons terhadap perubahan yang terjadi. Perubahan apa? Perubahan demand/pasar dan perubahan teknologi yang bisa dimanfaatkan," ujar Rudiantara.

Menurutnya, layanan perbankan via chatting merupakan cara baru yang sudah sangat akrab bagi masyarakat khususnya generasi milenial. Teknologi chatbot yang dilengkapi oleh natural language processing (NLP), membuat Cinta dapat bercakap dengan bahasa kasual sehingga masyarakat merasa seperti sedang chatting dengan manusia.

"Ini kan sebenarnya cara baru walaupun BNI bukan consumer banking, tapi korporasi. Tapi, BNI menurut saya yang terdepan dalam penerapan teknologi. Dan ini kan membuat mudah nasabah/masyarakat enggak perlu datang ke kantor. Kalau nanya juga enggak perlu telepon lagi, bahasanya juga sudah bahasa gaul," jelasnya.

Ke depan kalau sudah terkoneksi dan big data analitic-nya jalan, tidak tertutup kemungkinan BNI Cinta bisa melayani nasabahnya dengan bahasa daerah masing-masing.

"Bahasa diksinya itu bisa diksi suku batak gitu, jadi big data analitic-nya semua sudah di-customize. Diharapkan bank itu betul-betul ada di sini (handphone) karena kalau mau fokusnya consumer banking mau tidak mau harus begini kalau enggak lewat dia," katanya.

Rudiantara mengatakan, ke depan sebaiknya dibuka peluang untuk menggunakan aplikasi chatting yang diciptakan oleh anak negeri atau anak-anak muda berbakat dan kreatif asli Indonesia. Tidak menutup kemungkinan penggunaan aplikasi Cinta untuk menjawab pertanyaan pengguna yang memakai bahasa daerah di Indonesia.

Saat ini Cinta hadir di beberapa aplikasi chatting terpopuler, yaitu Facebook messenger (FBM) dengan nama BNI CINTA, di Twitter dengan nama @bni_cinta, dan di LINE dengan nama BNI CINTA (profile ID @bnicinta). Adapun fiturnya adalah informasi seputar produk layanan BNI, program promosi BNI, locator (ATM, Cabang BNI, dan Agen 46). Fitur ini akan segera dikembangkan dengan pelayanan perbankan seperti pembukaan rekening, pembayaran/pembelian, akses layanan permodalan bagi usaha kecil dan menengah, serta produk layanan lain seperti asuransi, kartu kredit, dan pinjaman konsumer. Cinta juga terintegrasi dengan yap! dan channel digital BNI lainnya seperti mobile banking, BNI contact center, Agen46, dan ATM.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: