Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Keyakinan Konsumen Tergelincir di Februari 2018

Keyakinan Konsumen Tergelincir di Februari 2018 Kredit Foto: Muhamad Ihsan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Survei Konsumen Bank Indonesia pada Februari 2018 menunjukkan keyakinan konsumen lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya. Tercatat Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2018 sebesar 122,5, lebih rendah dari IKK bulan sebelumnya sebesar 126,1.

Penurunan IKK terutama disebabkan oleh menurunnya indeks ketepatan waktu pembelian barang tahan lama/durable goods dan indeks ekspektasi kegiatan usaha pada 6 bulan mendatang.

Hasil survei juga mengindikasikan bahwa tekanan kenaikan harga meningkat pada 3 bulan mendatang (Mei 2018). Ekspektasi terhadap peningkatan harga dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan terhadap barang/jasa pada periode bulan Ramadhan dan kekhawatiran konsumen terhadap evaluasi tarif listrik dan harga BBM pada triwulan II 2018.

Sementara tekanan harga dalam 6 bulan dan 12 bulan mendatang diperkirakan menurun didukung persepsi konsumen terhadap tetap terjaganya ketersediaan barang dan jasa.

Menurut Research Analyst FXTM Lukman Otunuga, penurunan ini juga terjadi karena ekspektasi berkurangnya lapangan kerja dan lemahnya upah meningkatkan pesimisme konsumen. 

"Walaupun laporan keyakinan konsumen yang mengecewakan dapat mengganggu sentimen investor, perlu diingat bahwa prospek Indonesia tetap sangat menjanjikan, terutama melihat bagaimana pertumbuhan di Q4 berhasil mencapai level tertinggi 4 tahun di 5,19%," ujar dia di Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: