Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank Permata Luncurkan Layanan Voice ID

Bank Permata Luncurkan Layanan Voice ID Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Permata Tbk (BNLI) baru saja meluncurkan layanan baru hasil adopsi voice biometric yang dinamakan Voice ID. Aksi ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan layanan yang sederhana, cepat, dan andal.

Voice Biometric sendiri merupakan teknologi baru yang menggunakan pola suara untuk menghasilkan identifikasi bagi setiap individu dengan menggunakan lebih dari 50 faktor suara fisik dan perilaku. Karakteristik perilaku meliputi pengucapan, penekanan, kecepatan bicara dan aksen, sedangkan karakter fisik mencakup sifat fisik khas saluran vokal, saluran hidung, dan saluran lainnya. 

Direktur Teknologi dan Operasi Bank Permata Abdy Salimin mengatakan solusi autentifikasi berbasis suara ini dilakukan pada saat nasabah mengakses PermataTel (contact center Bank Permata). Nantinya, sistem akan memvalidasi suara dalam hitungan 10 detik.

"Dengan demikiann proses verifikasi yang sebelumnya memakan waktu 2 menit kini terpangkas hanya 45 detik tanpa nasabah perlu menjawab begitu banyak pertanyaan yang merepotkan," katanya saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Lebih lanjut dirinya mengatakan layanan ini juga melengkapi rangkaian layanan berbasis teknologi yang sudah dimiliki oleh perusahaan, yakni Finger ID dan Facial ID. Ketiga layanan ini diharapkan dapat mempermudah nasabah dalam berinteraksi dengan Bank Permata.

"Bank Permata berkomitmen untuk terus mengembangkan layanan berbasis teknologi digital untuk memberikan costumer experience dan pengelolaan risk management yang lebih baik. Inovasi ini hanyalah awal dari rangkaian inovasi digital dari perusahaan dan diharapkan dapat menjadi salah satu acuan dalam industri perbankan di Indonesia dalam memberikan layanan yang sederhana, aman, dan cepat," tambahnya.

Sebagai catatan, sepanjang tahun lalu PermataTel menerima lebih dari 2,3 juta sambungan telepon nasabah, dimana sekitar 70%-nya dilayani oleh petugas PermataTel. Sementara 30% tersisa dilayani oleh mesin swajawab IVR (Interactive Voice Response).

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Gito Adiputro Wiratno
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: