Portal Berita Ekonomi Senin, 18 Juni 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:21 WIB. AP II - AP II mencatat telah melayani 388 extra flight sejak hingga 18 Juni 2018 di Bandara Soekarno-Hatta.
  • 16:21 WIB. DIY - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta telah menindak 13 pelaku parkir liar yang menaikkan tarif secara tak wajar.
  • 08:48 WIB. KAI - Hadapi arus balik Lebaran, PT KAI Divre III Palembang siapakan 30 ribu tiket.
  • 08:50 WIB. Pertamina - Pertamina jamin kecukupan BBM dan elpiji untuk kebutuhan arus balik Lebaran 2018.
  • 10:36 WIB. LNG - ExxonMobil mempertimbangkan rencana impor LNG untuk mengantisipasi kekurangan pasokan gas pada 2021.
  • 08:57 WIB. KPU - KPU Kota Surabaya menjadi pelaksana kegiatan Election Visit Program di Pilkada Jatim.
  • 08:59 WIB. BI - BI antisipasi kenaikan suku bunga The Fed.
  • 09:01 WIB. BI - BI perlu naikkan bunga acuan 25 bps di bulan Juli atau Agustus.
  • 09:03 WIB. Pegadaian - Pegadaian alami penurunan outstanding pembiayaan pada 1 minggu jelang Lebaran.

Balikpapan Masuk Zona Hijau Ombudsman

Foto Berita Balikpapan Masuk Zona Hijau Ombudsman
Warta Ekonomi.co.id, Balikpapan -

Sekretaris Kota Balikpapan Sayid MN Fadli berbagi pengalaman terkait upaya pemerintah kota akhirnya bisa masuk zona hijau penilaian dari Ombudsman Republik Indonesia (ORI), karena awalnya berada di zona merah.

Zona hijau adalah penilaian untuk tingkat kepatuhan yang tinggi atas rekomendasi perbaikan yang dikeluarkan ORI, sementara zona merah adalah penilaian atas kepatuhan rendah dan zona kuning untuk kepatuhan sedang.

"Kami juga membuka akses bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam penyusunan dan penetapan standar pelayanan," kata Fadli di Balikpapan, Jumat.

Sehari sebelumnya, Sekkota Balikpapan menghadiri pertemuan dengan ORI di Banjarmasin, Kalsel, yang dihadiri perwakilan sejumlah pemerintah daerah.

Fadli menjelaskan, keikutsertaan masyarakat dalam penetapan standar pelayanan itu sesuai dengan amanat Undang-undang Pelayanan Publik.

Di Balikpapan, lanjutnya, untuk mengetahui tingkat kepuasan masayarakat pada satu layanan, maka sejumlah layanan diuji publik.

"Sehingga standar pelayanan yang diberlakukan kemudian adalah hasil kesepakatan antara pemerintah selaku penyelenggara dan masyarakat selalu pengguna," ujarnya.

Mengenai pelaksanaan uji publik yang membuka kemungkinan munculnya permintaan masyarakat bertentangan dengan kemampuan penyelenggara, Fadli kembali menyampaikan bahwa sebagai penyelenggara layanan pemkot tetap harus mendengarkan keinginan masyarakat.

"Ya, selama apa yang mereka minta memang benar-benar bertujuan untuk perbaikan pelayanan, seperti misalnya percepatan waktu untuk penyelesaian perizinan dari tujuh hari menjadi dua hari, ya kita ikuti saja. Kita yang harus melakukan perbaikan SOP," tegas Fadli.

Ia juga mengingatkan bahwa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat adalah kewajiban dan menjadi tugas aparatur negara, ada atau tidak ada penilaian dari Ombudsman.

Pada 2015, hasil penilaian Ombudsman terhadap kepatuhan Pemkot Balikpapan terhadap standar pelayanan masih dalam zona merah, sehingga pemkot berupaya memperbaiki citra dan kinerja.

Menurut Fadli, sejumlah upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kota Balikpapan adalah pembinaan terhadap pelaksana pelayanan, khususnya untuk penguatan kompetensi, integritas dan kepatuhan terhadap standar pelayanan.

Langkah ini penting dilakukan karena aparatur atau pelaksana adalah garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan kepada masyarakat akan berlangsung lebih baik apabila pelaksananya paham akan tugas dan kewajibannya dalam memberikan pelayanan serta berintegritas tinggi.

Sekkot MN Fadli menambahkan, bahwa upaya perbaikan layanan itu di beberapa aspek sehingga pada tahun 2016 ada sedikit peningkatan. Balikpapan pun menapak ke zona kuning. sampai dengan akhirnya pada tahun 2017 Pemerintah Kota Balikpapan masuk dalam zona hijau dengan skor penilaian 83,19.

Tag: Ombudsman Republik Indonesia (ORI), Balikpapan

Penulis: Redaksi/Ant

Editor: Gito Adiputro Wiratno

Foto: Sufri Yuliardi

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,696.31 3,659.41
British Pound GBP 1.00 19,128.17 18,933.64
China Yuan CNY 1.00 2,184.84 2,163.09
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,863.00 13,725.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,792.35 10,678.05
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,768.01 1,750.35
Dolar Singapura SGD 1.00 10,519.01 10,406.40
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,058.42 16,887.24
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,539.19 3,501.28
Yen Jepang JPY 100.00 12,991.28 12,855.94

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5993.627 -113.071 587
2 Agriculture 1535.417 -16.568 19
3 Mining 1950.048 -19.774 44
4 Basic Industry and Chemicals 810.011 -8.507 70
5 Miscellanous Industry 1230.258 -8.573 45
6 Consumer Goods 2439.310 -39.956 45
7 Cons., Property & Real Estate 473.172 -5.498 65
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1040.501 -26.112 65
9 Finance 1059.149 -33.106 93
10 Trade & Service 902.658 -6.794 141
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10