Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Arab Saudi Targetkan Pasar Hipotek Tembus $134 Miliar di 2020

Arab Saudi Targetkan Pasar Hipotek Tembus $134 Miliar di 2020 Kredit Foto: Cahyo Prayogo
Warta Ekonomi, Riyadh -

Kementerian perumahan Arab Saudi telah menetapkan target pasar hipotek untuk mencapai nilai total 502 miliar riyal ($134 miliar) pada tahun 2020 dari 290 miliar riyal saat ini, menteri perumahan kerajaan Arab Saudi tersebut pada hari Rabu (14/3/2018).

Arab Saudi telah meluncurkan program tindakan untuk merangsang pinjaman hipotek. Sejauh ini termasuk dengan memungkinkan bank untuk menyediakan bagian lebih besar dari dana untuk pembelian rumah dan mengangkat tingkat pinjaman ke nilai maksimum untuk hipotek yang diperuntukkan kepada pembeli rumah pertama kali sebesar 90 persen dari 85 persen.

"Kami bekerja untuk memfasilitasi akses terhadap keuangan sehingga peluang warga Saudi untuk memperoleh rumah dengan mudah seperti di masa lalu dapat dirasakan kembali," ungkap Majed al-Hogail pada sebuah konferensi perumahan, sebagaimana dikutip dari Reuters, Rabu (14/3/2018).

Pemerintah Saudi ingin meningkatkan aktivitas di pasar real estate saat mereka bergerak untuk merevitalisasi ekonomi dan mengambil langkah untuk mereformasi sektor ini sebagai bagian dari rencana strategis 2030-nya.

Dia mengatakan pemerintah bertujuan untuk meningkatkan rasio kepemilikan rumah tangga menjadi 70 persen pada tahun 2030, yang berarti tambahan sekitar 1,2 juta unit rumah.

"Ukuran pembiayaan real estate relatif terhadap produk domestik bruto adalah 5 persen di Arab Saudi dibandingkan dengan 69 persen di Amerika Serikat, 74 persen di Inggris dan 43 persen di Kanada," pungkas kementerian perumahan Arab Saudi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Hafit Yudi Suprobo
Editor: Hafit Yudi Suprobo

Bagikan Artikel: