Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jembatan Teluk Kendari Ditargetkan Rampung September 2019

Jembatan Teluk Kendari Ditargetkan Rampung September 2019 Kredit Foto: Kementerian PUPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pengerjaan proyek Jembatan Teluk Kendari sepanjang 1.348 meter. Jembatan Teluk Kendari dibangun untuk menunjang sistem jaringan jalan dari Kota Lama di sisi utara menuju Poasia di sisi selatan Teluk Kendari dan sebaliknya.

Dengan konektivitas yang semakin lancar, pertumbuhan ekonomi daerah diharapkan meningkat sehingga dapat membantu proses percepatan pembangunan di wilayah tersebut.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan kehadiran infrastruktur jembatan selain memperlancar arus lalu lintas, juga perlu dibuat indah dengan memasukkan elemen budaya lokal.

"Dengan demikian, infrastruktur tesbeut menjadi kebanggaan masyarakat dan menambah estetika kota,” jelas Menteri Basuki dalam katerangan yang diterima di Jakarta, Kamis (16/3/2018).

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional XIV, Ditjen Bina Marga, Ahmad Cahyadi, mengungkapkan kehadiran jembatan akan menunjang kegiatan kawasan Pelabuhan Bunkutoko dan pelabuhan Kendari New Port yang nantinya akan menjadi pintu masuk bagi komoditas dari dan ke luar Kota Kendari maupun Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Saat ini, progres pembangunan fisik telah mencapai 36,3% dan ditargetkan akan rampung dan dapat beroperasi pada September 2019,” kata Ahmad Cahyadi. 

Pembangunan Jembatan Teluk Kendari sedianya terdiri atas beberapa proses pengerjaan, yakni pembangunan jembatan layang baru dengan dua jalur, masing-masing memiliki dua lajur dengan median dan trotoar. Kemudian, proses konstruksi bangunan bawah yakni pondasi tiang bor dengan pylon pada jembatan utama dan pier pada jembatan pendekat.

Lalu proses konstruksi bangunan atas yaitu bentang utama jembatan tipe cable stayed pada jembatan utama dan gelagar pratekan pada jembatan pendekat serta pembangunan jalan pendekat (oprit) pada kedua ujung jembatan.

Pembangunan Jembatan Teluk Kendari dikerjakan oleh perusahaan konsorsium yakni PT PP dan PT Nindya Karya dengan anggaran mencapai Rp802 miliar.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ratih Rahayu
Editor: Ratih Rahayu

Bagikan Artikel: