Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cari Solusi Disparitas, Indonesia-Australia Akan Gelar IDF 2018

Cari Solusi Disparitas, Indonesia-Australia Akan Gelar IDF 2018 Kredit Foto: Kementerian PPN/Bappenas
Warta Ekonomi, Jakarta -

Untuk mencari solusi disparitas, Indonesia dan Australia akan menggelar IDF (Indonesia Development Forum) 2018 pada 10-11 Juli 2018 di Jakarta. IDF 2018 bertema “Pathways to Tackle Regional Disparities Across the Archipelago” diadakan atas kerja sama Kementerian PPN/Bappenas dengan pemerintah Australia melalui Knowledge Sector Initiative (KSI).

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang P. S. Brojonegoro, pada tahun 2018 ini, IDF akan membahas cara mengatasi disparitas di berbagai daerah di nusantara. IDF merupakan wadah bagi para pihak untuk bertemu dan memberikan solusi langsung bagi pemerintah Indonesia untuk menurunkan disparitas antardaerah yang menjadi prioritas Presiden Joko Widodo saat ini.

"Bahasan tersebut penting mengingat banyak hal yang telah dicapai oleh pemerintah Indonesia dalam setahun terakhir ini," ujar Bambang dalam Peluncuran IDF 2018 sekaligus Peluncuran Call for Paper IDF 2018, pada Kamis (22/3/2018) di Kementerian PPN/Bappenas.

Dalam dua tahun terakhir, rasio disparitas cenderung mengalami penurunan. Pada 2017, rasio gini Indonesia berada pada level 0,393, dan pada 2018 ditargetkan turun menjadi 0,380. Dalam RPJMN 2015-2019, rasio ketimpangan ditargetkan mencapai 0,36 pada 2019. Melalui IDF 2018, pemerintah Indonesia berharap mendapatkan pengetahuan, pengalaman, dan fakta yang sesuai dari seluruh pemangku kepentingan sebagai masukan bagi penyusunan RPJMN 2020-2024 mendatang.

Tidak hanya menampilkan paparan dari para ahli dan akademisi, IDF 2018 juga membuka peluang bagi pemangku kepentingan untuk menonjolkan cerita sukses di tingkat lokal yang dapat diadopsi di skala nasional.

“Kami ingin mencari terobosan baru dari para ahli dan akademisi, baik dari dalam maupun luar negeri, mengenai kemiskinan dan disparitas yang telah diuji di komunitas sehingga menjadi pembelajaran dan insipirasi bagi daerah lain,” jelas Menteri Bambang.

Charge d’Affaires Kedutaan Australia untuk Indonesia, Allaster Cox, mengucapkan selamat kepada pemerintah Indonesia atas peluncuran IDF 2018. Disparitas adalah tantangan bersama dan merupakan prioritas utama bagi pemerintah Australia dan Indonesia.

"Kami mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk mengatasi disparitas regional karena pertumbuhan yang kuat dan merata adalah tujuan inti dari kemitraan ekonomi kedua negara,” kata Allaster.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ratih Rahayu
Editor: Ratih Rahayu

Bagikan Artikel: