Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Begini Cara Telkom Dukung Pengembangan UKM

Begini Cara Telkom Dukung Pengembangan UKM Kredit Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menggelar pameran Telkom Craft Indonesia yang berlangsung pada Kamis (22/3/2018) hingga Minggu (25/3/2018) di Hall A & B Jakarta Convention Center. Hal ini dilakukan guna mendukung peningkatan kualitas dan daya saing UKM.

Menteri BUMN Rini M Soemarno mengatakan bahwa dirinya mengapreasiasi penyelenggaraan Telkom Craft Indonesia 2018 yang diselenggarakan oleh Telkom. Menurutnya, Telkom Craft Indonesia merupakan offline event Rumah Kreatif BUMN (RKB), yang merupakan wujud BUMN Hadir untuk Negeri dalam bentuk pembinaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). 

"Rumah Kreatif BUMN membantu mendampingi pelaku UKM meningkatan kualitas produk, pengemasan hingga siap dipasarkan baik secara offline maupun online," jelasnya di Jakarta, Kamis (22/3/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga mengungkapkan bahwa Telkom Craft Indonesia merupakan bagian dari Program BUMN Hadir untuk Negeri, khususnya pemberdayaan UKM dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka peningkatan akses ke pasar, seperti yang akan dilakukan di Telkom Craft Indonesia selama empat hari ke depan.

Peserta Telkom Craft Indonesia 2018 ini merupakan UKM yang telah memenuhi tahapan pembinaan UKM di Rumah Kreatif BUMN, yaitu Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global. Setelah melalui proses seleksi kurasi yang menilai level of quality dan competitiveness dari produk, terpilihlah 400 UKM peserta yang terdiri dari 200 UKM Binaan Telkom, 150 UKM binaan BUMN lainnya, dan 50 UKM dari berbagai komunitas dan asosiasi. Dengan banyaknya UKM yang turut serta, para pengunjung dapat menemukan kekayaan ragam budaya Indonesia yang tertuang dalam bentuk fesyen, craft, dan makanan yang mewakili ciri khas masing-masing daerah dari seluruh penjuru Indonesia.

"Telkom Craft Indonesia 2018 mengusung kembali tema tahun sebelumnya, yaitu Local Heroes to Global Champions, dengan maksud agar UKM Indonesia dapat menghasilkan karya terbaik dan sekaligus berdaya saing sehingga diharapkan dapat menembus pasar global," ujarnya. 

Telkom menggelar pameran Telkom Craft Indonesia 2018 untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan dan menggerakkan perekonomian digital Indonesia. Pemanfaatan teknologi digital di Telkom Craft Indonesia ini sebagai enabler bagi pelaku UKM agar semakin kreatif, inovatif, dan berdaya saing global dalam menggerakkan perekonomian digital Indonesia.

Melalui pameran ini, Telkom mengajak masyarakat luas hadir di Jakarta Convention Center menyaksikan karya-karya terbaik UKM Indonesia serta turut merasakan digital experience dan digital lifestyle pada event ini melalui pemanfaatan transaksi digital mobile payment TCASH, platform e-commerce blanja.com serta EDC Himbara dengan kartu kredit maupun kartu debit.

Selain menampilkan karya terbaik Nusantara melalui UKM binaan, Telkom juga mengajak seluruh anak bangsa terutama generasi muda untuk lebih peduli terhadap budaya Nusantara yang sangat kaya dan menjadi kebanggaan bangsa melalui program "Telkom Peduli Budaya Nusantara". Untuk menyemarakkan program tersebut, Telkom hadirkan buku Permainan Tradisional Anak Negeri, stan Alun-Alun Dolanan Anak serta stan Pendopo Peduli Budaya Nusantara. Selain itu, akan ditampilkan pula penampilan hasil audisi Negeri program Telkom Peduli Budaya Nusantara di 5 kota besar Indonesia yang akan tampil setiap hari.

"Telkom Craft Indonesia 2018 cukup istimewa karena sebagai wujud nyata komitmen perusahaan untuk melestarikan budaya Nusantara. Pada kesempatan pembukaan Telkom Craft Indonesia 2018 ini kami mengajak masyarakat untuk peduli dan bersama-sama ikut melestarikan budaya Nusantara," jelas Alex.

Alex menegaskan melalui Telkom Craft Indonesia diharapkan dapat memberdayakan UKM untuk mampu bersaing secara global sekaligus sebagai penggerak ekonomi digital Indonesia. Hal ini sejalan dengan tekad pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Ikut memeriahkan Telkom Craft Indonesia artis terkenal Indonesia, yakni Judika, Via Vallen, Once Mekel, dan Gigi. Peragaan busana akan menampilkan Ghea Panggabean dan Rafi Ridwan sebagai desainer tunarungu yang telah merambah ke kancah internasional. Selain itu, dimeriahkan juga oleh talkshow yang menghadirkan narasumber antara lain Jenahara Nasution (fashion designer), Nukman Luthfie (pegiat media sosial), Keenan Pearce, Ernanda Putra, dan Arief Muhammad (content creator). Bagi pengunjung yang beruntung, disediakan door prize antara lain sepeda motor dan paket wisata (domestik maupun internasional) yang akan dibagikan setiap harinya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: