Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mengaku Sudah Antisipasi, Mentan Heran Harga Kebutuhan Pokok Terus Naik

Mengaku Sudah Antisipasi, Mentan Heran Harga Kebutuhan Pokok Terus Naik Kredit Foto: Antara/Antara (Wahyu Putro)
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan, harga kebutuhan pokok seharusnya tidak naik, mengingat pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional, salah satunya impor.

Selain itu, tambahnya di sela pelantikan pejabat eselon I Kementerian Pertanian di Jakarta, Senin, Indonesia juga sudah mampu mengekspor beberapa bahan pangan, artinya Indonesia sudah mampu mencukupi kebutuhan.

"Harusnya tidak naik karena kita impor. Kedua bawang merah kita ekspor harusnya tidak naik. Tidak ada alasan bawang merah naik karena kita sudah ekspor artinya berlebih. Bawang putih juga demikian karena kita impor sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan jadi tidak ada alasan harga naik," jelasnya.

Mentan mengatakan banyak masyarakat yang mengeluhkan harga pangan dan membandingkan bahwa harga kebutuhan pokok sepuluh tahun lalu jauh lebih murah dibandingkan sekarang.

Namun demikian, tambahnya, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menstabilkan harga-harga kebutuhan pokok dan hal itu terwujud.

"Tahun lalu merupakan stabilisasi harga terbaik dalam 10 tahun terakhir," ujar Amran.

Meskipun demikian, menurut dia, pihaknya meminta jajaran pertanian tidak cepat puas dengan harga kestabilan tahun lalu bila perlu harga lebih stabil tahun 2018 menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri.

Untuk itu, dia meminta kepada seluruh jajaran Kementan dan stakeholder untuk bersama-sama dalam menjaga harga kebutuhan bahan pokok.

"Menghadapi bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri kami minta untuk seluruh jajaran Kementerian kepada seluruh Dinas Pertanian Provinsi kepada seluruh Dinas Pertanian Kabupaten se Indonesia kami minta agar harga pangan lebih stabil bila perlu sepuluh tahun lalu," ujarnya.

Sementara itu dalam kesempatan tersebut Mentan Amran Sulaiman melantik dua pejabat eselon Iyakni Syukur Iwantoro sebagai Sekretaris Jenderal Kementan dan Suwandi sebagai Dirjen Hortikultura, serta seorang staf ahli yakni Hari Priyono sebagai Staf Ahli Menteri Bidang Investasi Pertanian.

Sebelumnya Syukur Iwantoro menjabat sebagai Staf Ahli Menteri sedangkan Hari Priyono sebagai Sekjen Kementan, sedangkan Suwandi merupakan Kepala Pusat Data dan Informasi Kementan.

Menteri berharap pelantikan ini bisa mendorong produksi hortikulturan nasional membaik sehingga harga di tingkat konsumen bisa lebih stabil dan tidak memberatkan masyarakat.

"Kalau bisa nilai ekspornya juga ditingkatkan," katanya saat sambutan pelantikan di Auditorium Kementerian Pertanian.

 

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel:

Video Pilihan