Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sinergi BRI dan TCASH Perluas Layanan Keuangan Digital di Indonesia

Sinergi BRI dan TCASH Perluas Layanan Keuangan Digital di Indonesia Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan TCASH. Hal tersebut untuk memperluas cakupan layanan keuangan digital bagi masyarakat Indonesia. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara Executive Vice President Bank BRI (Divisi Center of Excellence) Kaspar Situmorang dan CEO TCASH Danu Wicaksana di BRI Innovation Center, Kantor Pusat Bank BRI di Jakarta, (28/3/2018).

"Kerja sama ini sejalan dengan komitmen BRI untuk menjadi pelopor dalam menginisiasi metode layanan keuangan yang beragam dan memenuhi preferensi nasabah dalam bertransaksi," ujar Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto. 

Selain itu, kerja sama ini juga merupakan langkah strategis yang diambil oleh Bank BRI sebagai Bank milik negara dengan jaringan yang sudah tersebar di Indonesia bersama TCASH sebagai uang elektronik milik Telkomsel. 

Bank BRI memandang bahwa sinergi antara BRI dan TCASH ini merupakan salah satu titik penting dalam meningkatkan layanan kepada nasabah BRI dan pelanggan TCASH. Nota kesepahaman ini menjadi payung kerja sama beragam inisiatif keuangan digital yang mengkombinasikan keunggulan kedua perusahaan, yaitu jaringan perbankan dari Bank BRI serta jaringan TCASH sebagai uang elektronik dengan lebih dari 20 juta pelanggan. 

Melalui kerja sama ini, masyarakat akan semakin dimudahkan dalam melakukan pembayaran tagihan (listrik, air, internet) dan e-government secara digital, hanya melalui telepon genggam. Tak hanya itu, pelanggan dapat memanfaatkan jaringan ATM milik Bank BRI yang luas untuk mengisi saldo uang elektronik TCASH secara mudah, aman, dan cepat melalui menu transfer antarbank (kode 911) + nomor handphone.

Kerja sama ini dilaksanakan juga sebagai perwujudan komitmen kedua perusahaan dalam mendukung akselerasi keuangan inklusif di Indonesia yang ditargetkan dapat mencapai 75% pada 2019, sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo. 

"Melalui kerja sama ini, channel pembayaran untuk tagihan pihak ketiga yang telah bekerja sama dengan BRI akan semakin luas menjangkau masyarakat sehingga kami meyakini kerja sama ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia," ungkap Bambang. 

Sementara itu, Danu Wicaksana mengatakan bahwa kolaborasi merupakan kunci utama bagi perusahaan teknologi finansial (tekfin) bersama dengan perbankan untuk dapat memberikan layanan keuangan yang menyeluruh bagi seluruh lapisan masyarakat yang juga dapat memperkuat ekosistem keuangan digital di Indonesia guna mendukung akselerasi terciptanya keuangan inklusif dan less-cash society di Indonesia.

"Selain itu, dengan adanya penambahan titik layanan pengisian saldo TCASH melalui jaringan Bank BRI semakin memudahkan pelanggan dalam mengintegrasikan transaksi digital dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya.

Di masa yang akan datang, Bank BRI dan TCASH akan terus mengembangkan kerja samanya untuk memaksimalkan kemudahan akses layanan keuangan digital bagi masyarakat Indonesia. Komitmen dilakukan untuk menjangkau masyarakat di seluruh pelosok negeri yang belum tersentuh layanan perbankan sebagai salah satu fokus target utama, melalui beragam variasi produk layanan dan jaringan luas milik kedua perusahaan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: