Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

HUT ke-117, Pegadaian Targetkan Jadi Financial Company

HUT ke-117, Pegadaian Targetkan Jadi Financial Company Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pegadaian (Persero) yang di usia ke-117 mulai melakukan transformasi perusahaan dalam upaya menjadi financial company dan rencana melantai di bursa pada tahun 2020 mendatang. Target tersebut berupaya dicapai melalui strategi G-5Star Generation yang ditandai dengan peluncuran Pegadaian Digital Service (PDS) untuk memperbesar target pasar hingga ke generasi milenial.

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Sunarso mengatakan transformasi perusahaan saat ini sudah memasuki tahap dreaming untuk menjadi financial company, setelah melalui tahapan diagnosis.

"Dan kami sedang menyiapkan semua prosesnya (4D), dari mulai squad organization dan project management. Selanjutnya masuk ke tahapan design dan deliveree sehingga dapat melantai di bursa pada 2020," jelasnya di sela-sela acara puncak HUT Pegadaian ke-117 di Jakarta, Minggu (1/4/2018).

Sunarso yang baru sekitar lima bulan memimpin Pegadaian menjelaskan goal-nya adalah menciptakan values company dengan strategi G-5Star Generation yang merupakan program transformasi yang mulai dilakukan di perusahaan. Dengan 5G's ini perseroan akan menumbuhkan bisnis yang ada sekarang (grow core), menangkap peluang baru (grab new), mengembangkan talenta internal (groom talent), menciptakan teknologi generasi terkini (gen-z tech), dan membangun budaya yang kuat (great culture).

Menurut Sunarso, investasi Pegadaian pada tahun ini cukup agresif dengan capital expenditure (capex) sebesar Rp1,2 triliun.

"Kami akan lari jarak jauh. Oleh sebab itu, capex yang kami sediakan cukup besar karena kami akan going global. Dari mulai mengoperasionalkan Pegadaian Digital Services dan agresif mengajak kerja sama agen serta memperluas produk layanan. Akhirnya, Pegadaian akan memiliki jasa gadai, fidusia, dan fintech," ujarnya.

Dengan strategi G-5Star Generation, Sunarso optimis jumlah nasabah yang berusia produktif akan terus meningkat. Karena saat ini saja sekitar 68% nasabah Pegadaian rata-rata usianya di bawah 45 tahun sehingga perseroan akan terus melakukan peningkatan kualitas layanan digital dan memperbanyak jaringan agen, serta gadai tanah syariah, dan layanan berbasis financial technology.

Direktur Produk Pegadaian Haryanto Widodo menjelaskan untuk memperluas agen pergadaian caranya dengan menggandeng badan usaha yang sudah melakukan kerja sama dengan Pegadaian dan didukung dengan penggunaan teknologi informasi.

Dia menambahkan Pegadaian akan terus mendigitalisasi business process, meningkatkan kenyamanan layanan di outlet, revitalisasi gudang & logistik, serta pelayanan prima kepada nasabah. Selain itu juga menambah produk baru, gadai tanpa bunga yang besaran pinjaman maksimal Rp500.000 dengan tenor dua bulan dan ditargetkan satu juta nasabah.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Cahyo Prayogo

Bagikan Artikel: