Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2018, Pegadaian Targetkan Pendapatan Rp12,5 Triliun

2018, Pegadaian Targetkan Pendapatan Rp12,5 Triliun Kredit Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Sunarso menjelaskan bahwa pada tahun ini perseroan yang dipimpinnya menargetkan 11,5 juta nasabah dan OSL sebesar Rp45,4 triliun. Pegadaian juga menargetkan pendapatan usaha di 2018 ini sebesar Rp12,5 triliun, meningkat sekitar 19% persen dibandingkan pendapatan tahun lalu yang senilai Rp10,5 triliun.

"Performa keuangan perusahaan tahun 2018 diperkirakan akan terus tumbuh positif seiring dengan berlanjutnya pertumbuhan ekonomi nasional," jelasnya di sela-sela acara puncak HUT Pegadaian ke-117, Minggu (1/4/2018).

Menurut Sunarso, Pegadaian menargetkan laba bersih pada 2018 sebesar Rp2,7 triliun, melonjak 7,14 persen dari tahun lalu yang diperkirakan mencapai Rp2,52 triliun. Di sisi lain, Pegadaian sebagai BUMN harus memenuhi aspirasi pemegang saham (pemerintah) untuk selalu meningkatkan perannya dalam inklusi keuangan yang diukur dengan banyaknya jumlah nasabah yang dapat dilayani perseroan.

Sebagaimana diketahui, Pegadaian pada 2017 telah memberikan kontribusi kepada pemegang saham berupa dividen sebsar Rp1,02 triliun dan setoran pajak sebesar Rp1,6 triliun.

Untuk kebutuhan pendanaan sepanjang tahun ini, perseroan menerbitkan obligasi berkelanjutan III tahap II dengan nilai total emisi Rp3,5 triliun yang akan digunakan untuk keperluan refinancing obligasi, modal kerja dan pelunasan SUP yang jatuh tempo, serta mengejar target OSL periode 2018.

Selain itu juga menerbitkan surat utang jangka menengah (medium term notes/MTN) senilai Rp500 miliar yang digunakan untuk restrukturisasi pinjaman dalam rangka perbaikan cost of fund pinjaman syariah.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Cahyo Prayogo

Bagikan Artikel: