Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

7 Karakteristik Startup

7 Karakteristik Startup Kredit Foto: Cahyo Prayogo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Startup atau perusahaan rintisan merupakan bisnis yang belum lama berkembang, tetapi pertumbuhannya sangat cepat. Bisnis startup juga kerap dikaitkan dengan teknologi, website, maupun internet. Namun, perusahaan startup berbeda dengan perusahaan pada umumnya. Karena biasanya startup sebagai sebuah perusahaan yang sedang berkembang hanya dijalankan oleh segelintir orang saja.

Berikut ini merupakan karakteristik-karakteristik startup seperti dikutip dari Berinovasi.com.

1. Usia perusahaan belum lama

Startup dapat diibaratkan sebagai bayi yang baru saja lahir karena setidaknya baru tiga tahun berdiri.

2. Jumlah karyawan sedikit

Startup umumnya memiliki karyawan yang sedikit. Meski demikian, bukan berarti startup tidak dapat berkembang. Startup justru akan semakin efektif dan bisa menghemat biaya karena tidak menggaji karyawan terlalu banyak.

3. Mampu bekerja multitasking

Meski jumlahnya terbilang sedikit, SDM di startup memiliki kemampuan yang berkualitas dan mampu merangkap dua hingga tiga pekerjaan sekaligus.

4. Memiliki semangat muda yang tinggi

Biasanya, bisnis startup didirikan oleh anak muda berkisar 20 sampai 35 tahun. Di usia inilah mereka memiliki banyak keinginan yang selalu ingin dikejar yang diiringi dengan semangat yang menggebu-gebu.

5. Penghasilan dan investor

Bertahannya sebuah startup karena ada 2 faktor, yaitu memiliki investor yang memberikan dana besar dan menggunakan dana sendiri yang bisa mencukupi kebutuhan hingga 2-3 tahun.

6. Umumnya memanfatkan teknologi

Startup berkaitan erat dengan teknologi. Bisnis yang mereka jalankan meliputi jasa online yang pengoperasiannya menggunakan aplikasi pada smartphone.

7. Menggunakan website

Perusahaan startup pastinya memiliki website pribadi untuk menjalankan segala pekerjaannya, yaitu untuk menawarkan dan mempromosikan produk yang dijual.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel:

Video Pilihan