Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

SBY Jawab Kekhawatiran Ratusan Siswa tentang Indonesia Bubar 2030

SBY Jawab Kekhawatiran Ratusan Siswa tentang Indonesia Bubar 2030 Kredit Foto: Warta Ekonomi
Warta Ekonomi, Jakarta -

SBY menjawab kekhawatiran ratusan siswa dan alumni Sekolah Bisnis Sragen (SBS) akan kondisi ekonomi bangsa saat ini. Hal tersebut dilakukan SBY dengan mengajak ratusan pengusaha pemula (startup) untuk tetap optimis menatap geliat ekonomi bangsa di masa mendatang. 

Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mengaku kurang sependapat dengan rumor Indonesia bubar pada 2030, malah menurutnya pada tahun tersebut ekonomi negara akan semakin menguat. Indonesia pernah dihantam krisis yang luar biasa pada 1998, mulai dari krisis ekonomi, politik, sosial, keamanan, hukum sampai hubungan internasional. Indonesia diramalkan akan jadi negara gagal dan akan lenyap dari peta dunia.

“Nyatanya, sejarah mencatat Indonesia bukan hanya bisa mengatasi masalah-masalah itu, tapi ekonomi bangsa tumbuh lebih maju lagi. Bahkan, 10 tahun setelah itu, kita berhasil masuk dalam G20, kelompok negara dengan perekonomian besar di dunia,” papar SBY dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Pendapatan per kapita rakyat Indonesia juga melonjak tajam pada masa itu. Di tahun 2005, pendapatan masyarakat rata-rata hanya 1.100US$ pertahun. 10 tahun kemudian, jumlah itu meningkat 400 persen menjadi 3.760US$ per tahun.

“Keberhasilan itu, tidak akan terjadi tanpa izin dan pertolongan Allah. Serta berkat kerja keras pemerintah, baik itu pimpinan negara, para menteri, pimpinan BUMN, maupun pimpinan dunia usaha, bahkan para pemred-pemred media massa,” imbuh SBY.

Sementara, bagi pebisnis pemula, SBY mengharap jangan cepat patah arang. Meski ekonomis sedang sulit, tetapi bukan berarti usaha kecil dan menengah tak bisa tumbuh dengan pesat.

“Ini pesan seorang kakak kepada adik-adiknya, jadikan kesulitan ini sebagai opportunity, peluang. Saat krisis ekonomi dulu, ketika perusahaan besar kolaps, UMKM ini tetap bertahan. Sekarang juga harus demikian, jangan pantang menyerah mengejar kesuksesan,” pesan SBY.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ratih Rahayu
Editor: Ratih Rahayu

Bagikan Artikel: