Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

1.000 Orang Bersih-bersih Kampung dari Sisa Ceceran Minyak

1.000 Orang Bersih-bersih Kampung dari Sisa Ceceran Minyak Kredit Foto: Andi Aliev
Warta Ekonomi, Balikpapan -

Sekitar 1.000 orang yang terdiri dari pekerja Pertamina, warga masyarakat Balikpapan Barat dan anggota DPRD Kota Balikpapan mengikuti bersih-bersih Kampung, pada Minggu (8/4/2018).

Kegiatan yang merupakan agenda rutin Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di Kelurahan Margasari ini dilaksanakan dalam skala yang lebih besar sebagai upaya mendukung percepatan pembersihan perkampungan masyarakat yang dekat dengan Kilang Pertamina Balikpapan, pasca kejadian ceceran minyak. 

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Margasari Usman Daming menyatakan bersih-bersih Kampung diselenggarakan di 3 kelurahan di Kecamatan Balikpapan Barat yakni Kelurahan Margasari, Kelurahan Kampung Baru Ulu dan Kelurahan Kampung Baru Tengah.

"Program bersih-bersih kampung ini sudah menjadi program rutin bulanan di Kelurahan Margasari. Kali ini jumlah sekitar 1.000 orang yang tersebar di beberapa titik pasca terjadinya ceceran minyak akibat kebocoran pipa Pertamina," katanya.

Usman juga menyatakan tanpa banyak pertimbangan, warga masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan yang diinisiasi oleh DPRD Kota Balikpapan yang didukung penuh oleh Pertamina.

"Kita lihat mereka semuanya terlibat bersama-sama membersihkan sampah di lingkungan tempat tinggal apalagi warga disini paling terdampak tumpahan minyak," kata Usman yang juga anggota DPRD Balikpapan.

Senada dengan pernyataan dari Ibu Nurjanah warga RT 13. Ia menyatakan keterlibatannya pada bersih-bersih kampung ini lebih didasari oleh kepedulian terhadap lingkungan. 

"Ini upaya bersama masyarakat dengan Pertamina dan wakil rakyat untuk  penanggulangan ceceran minyak," ucapnya.

Region Manager Comm. & CSR Pertamina Kalimantan Yudi Nugraha menyatakan penanggulangan ceceran di sekitar pantai Balikpapan sudah masuk ke dalam tahap pemantauan. 

Dari hasil pengecekan langsung ke lapangan dan pengambilan gambar dari udara didapatkan hasil garis pantai Balikpapan sudah bersih dari ceceran. 

“Fokus pembersihan sekarang adalah di wilayah pemukiman penduduk. Namun, pemantauan di wilayah terdampak tetap rutin kami lakukan," tukas Yudy.

Selain melakukan pembersihan, Pertamina terus melakukan monitoring dan pengetesan kondisi udara. Hingga hari ini (08/04) kadar Oksigen berada di dalam range normal yaitu 19 – 23%, kadar carbon di bawah 20 ppm, combustible gas di bawah 5% LEL dan H2S dibawah 10 ppm. 

Hasil pemeriksaan pada hari ini, kadar oksigen menunjukkan angka 20,8%, cabon 0 ppm, combustible gas 0% dan H2S 0 ppm.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Andi Aliev
Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: