Portal Berita Ekonomi Senin, 21 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 18:51 WIB. PLN - PLN sedang mengupayakan pemenuhan daya listrik untuk kompor listrik.
  • 18:49 WIB. PLN - PLN masih mempunyai batas hutang 300% atau hingga Rp2.000 triliun.
  • 18:46 WIB. Kemenpupera - Kemenpupera menargetkan pembangunan 51.000 unit rumah untuk MBR melalui skema pembiayaan BP2BT.
  • 18:22 WIB. AFPI - AFPI menargetkan penyaluran pinjaman Rp40 triliun pada 2019.
  • 17:55 WIB. AP I - Bandara NYIA sudah mencapai 30% fisik pembangunan.
  • 17:54 WIB. AP I - AP I buka peluang rute penerbangan dari Asia dan Timur Tengah via Bandara NYIA.
  • 17:53 WIB. Telkomsel - Telkomsel melalui T-Cash jalin kerja sama strategis dengan CRP Group.

Beri Edukasi Strategi Bisnis, Bukalapak Kopdar dengan Pelapak Kaltim

Foto Berita Beri Edukasi Strategi Bisnis, Bukalapak Kopdar dengan Pelapak Kaltim
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Komunitas Bukalapak Kalimantan Timur mengadakan Kopdar gabungan demi mengoptimalkan berjualan online bagi para pelapak di Kalimantan Timur. Kopdar ini merupakan gabungan para pelapak dari kota Balikpapan, Bontang, dan Samarinda. Samarinda dipilih sebagai tempat pelaksanaan kopdar karena dianggap paling strategis yang diapit oleh Balikpapan dan Bontang.

Acara ini dihadiri 50 pelapak dari Kalimantan Timur. Kopdar ini juga menghadirkan salah satu partner logistik Bukalapak yaitu TIKI yang membahas mengenai pengemasan barang dengan baik. 

Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak, mengatakan, tema yang diusung dalam kopdar komunitas Bukalapak Kalimantan Timur ini adalah "Bagaimana Meningkatkan Penghasilan dengan Mengoptimalkan Penjualan Online di Bukalapak".

"Sebetulnya di masing-masing kota juga kerap mengadakan kopdar. Namun, kopdar gabungan ini dibuat untuk memperluas jejaring bisnis sesama Pelapak di Kalimantan Timur. Untuk itu, komunitas dari Balikpapan dan Bontang pun kami ajak untuk bergabung pada kesempatan ini," tutur Fikri dalam keterangannya di Jakarta belum lama ini.

Fikri menambahkan bahwa pengalaman tentang bagaimana menulis judul dan mengambil foto produk dengan baik menjadi materi yang ditunggu oleh para peserta kopdar. Peserta juga antusias mengikuti bedah lapak dan praktik langsung yang disampaikan oleh kolaborasi para ranger dari Samarinda, Balikpapan, dan Bontang.

"Mayoritas barang yang dijual oleh pelapak di Kalimantan Timur adalah aksesoris dan kerajinan seperti kalung, gelang, dan tas. Kendala logistik yang mereka alami adalah kondisi paket yang tidak rapi sehingga sering mendapat respons negatif dari pembeli karena barang rusak pada saat pengiriman," imbuhnya.

TIKI sebagai salah satu mitra logistik Bukalapak turut serta memberikan dukungan dan materi kepada para peserta kopdar. Materi tentang pengemasan barang yang baik agar konsumen merasa puas ketika menerima barang pesanan mereka disampaikan oleh perwakilan TIKI Kalimantan Timur. 

"Kami turut mendukung misi Bukalapak untuk memajukan UKM di seluruh Indonesia. Berkontribusi sebagai mitra logistik, kami menyediakan berbagai layanan pengiriman yang bisa digunakan untuk memaksimalkan bisnis online dari para pelapak di Bukalapak," kata Pimpinan TIKI Samarinda Handry Setiawan.

Handry menambahkan, kualitas kemasan dan ketepatan waktu penerimaan barang pesanan oleh pengguna adalah hal penting yang harus diperhatikan.

Handry juga mengatakan bahwa pihaknya senang bisa memberikan dukungan untuk kegiatan kopdar kali ini dengan berbagi pengetahuan kepada para pelapak. Pengemasan barang yang baik adalah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Barang pesanan harus dikemas dengan baik agar tidak mudah terjadi kerusakan dan penulisan nama serta alamat penerima harus dilakukan dengan tepat pula.

"Karena hal itu akan berpengaruh kepada feedback yang diberikan oleh pengguna kepada pelapak setelah mereka menerima barang pesanannya," lanjutnya.

Kopdar gabungan Komunitas Bukalapak Kalimantan Timur ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi komunitas di regional lain untuk menambah jaringan bisnis dengan merangkul komunitas di kota lainnya. Komunitas Bukalapak yang saat ini sudah tersebar di lebih dari 83 kota di seluruh Indonesia merupakan inisiatif dari para pelapak Bukalapak sendiri. Hingga saat ini jumlah pelapak Bukalapak telah mencapai lebih dari 3 juta pelapak. 

"Konsep gotong-royong dan kolaborasi di Bukalapak kami wujudkan melalui sejumlah kegiatan bermanfaat seperti kopdar Komunitas Bukalapak ini. Kami dengan tangan terbuka menyambut dukungan berbagai pihak yang mempunyai cita-cita yang sama dengan kami yaitu untuk menaikkelaskan masyarakat Indonesia," tutup Muhammad Fikri.

Tag: Bukalapak, Muhammad Fikri, Tiki, Kalimantan Timur (Kaltim)

Penulis: Dina Kusumaningrum

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Foto: Bukalapak

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6448.156 24.376 627
2 Agriculture 1583.292 -1.764 21
3 Mining 1880.920 11.361 47
4 Basic Industry and Chemicals 889.696 -3.628 71
5 Miscellanous Industry 1443.379 27.257 46
6 Consumer Goods 2607.292 -13.145 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.624 -0.108 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1149.241 6.910 71
9 Finance 1234.248 10.015 91
10 Trade & Service 797.089 4.778 155
No Code Prev Close Change %
1 CLAY 180 306 126 70.00
2 NATO 103 175 72 69.90
3 SQMI 306 382 76 24.84
4 KMTR 268 334 66 24.63
5 JIHD 476 590 114 23.95
6 INRU 640 785 145 22.66
7 TNCA 206 250 44 21.36
8 INCF 296 358 62 20.95
9 DUTI 3,630 4,390 760 20.94
10 PADI 920 1,090 170 18.48
No Code Prev Close Change %
1 TFCO 735 620 -115 -15.65
2 OCAP 266 226 -40 -15.04
3 YPAS 660 575 -85 -12.88
4 CTTH 126 110 -16 -12.70
5 MFMI 725 635 -90 -12.41
6 BUKK 2,000 1,800 -200 -10.00
7 PYFA 180 163 -17 -9.44
8 TIRA 270 250 -20 -7.41
9 STTP 3,750 3,490 -260 -6.93
10 ASJT 300 280 -20 -6.67
No Code Prev Close Change %
1 INPC 79 80 1 1.27
2 UNTR 26,850 26,925 75 0.28
3 INDY 2,090 2,180 90 4.31
4 ASII 8,275 8,475 200 2.42
5 TLKM 3,990 4,020 30 0.75
6 BUMI 164 174 10 6.10
7 BBRI 3,810 3,820 10 0.26
8 KPAS 210 208 -2 -0.95
9 ERAA 2,310 2,310 0 0.00
10 TSPC 1,600 1,575 -25 -1.56