Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

3 Peluang Bisnis yang Menjanjikan di 2018

3 Peluang Bisnis yang Menjanjikan di 2018 Kredit Foto: Khairunnisak Lubis
Warta Ekonomi, Jakarta -

Berbicara bisnis yang menjanjikan, rasanya tidak mungkin lepas dari yang namanya teknologi. Kesuksesan berbisnis para pengusaha tampak didomonasi oleh bisnis yang melibatkan teknologi, baik bisnis startup digital maupun bisnis konvensional. Teknologi akan menjadi senjata paling ampuh untuk mempercepat pertumbuhan, perluasan pasar, dan melakukan riset pasar. Hal tersebut mengingat teknologi digital berbasis internet lebih cepat dalam menyebarkan informasi. 

Berikut ini adalah 3 jenis bisnis yang dianggap menjanjikan di tahun 2018 menurut Centrausaha.com yang tentunya melibatkan peran internet.

1. Membangun toko online yang akan menjangkau seluruh dunia

Peluang binsis 2018 di bidang online

Beberapa tahun yang lalu masyarakat masih banyak yang ragu untuk berbelanja di sebuah toko online karena mereka belum terbiasa dan terlalu khawatir akan tertipu mengingat transaksi jual-belinya tidak terjadi secara nyata atau bertemu muka.

Selain itu, bisnis online shop masih didominasi oleh situs-situs besar seperti e-bay dan amazon yang proses pembayarannya memerlukan kartu kredit dan sebagaimana yang kita tahu bahwa tidak semua orang bisa dengan mudah membuat kartu kredit, khususnya masyarakat Indonesia. Saat ini toko online yang dibangun oleh anak negeri sudah hampir setara kepopulerannya dengan online shop sekelas e-bay, Lazada, dan masih banyak lagi.

Ambil contoh saja situs marketplace seperti bukalapak.com karya anak bangsa yang omzetnya sudah mencapai miliar rupiah per bulan. Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa dan patut untuk kita contoh. Kemudian, mudahnya lagi sekarang ini tidak harus pusing  melakukan pembayaran belanja online dengan kartu kredit, melainkan cukup banyak tersedia pilihan metode pembayaran seperti transfer rekening melalui ATM, rekening bersama, maupun e-money.

Cara membuat toko online paling mudah untuk pemula

Sangat banyak jenis toko online yang bisa dibangun dengan mudah, bahkan bisa dilakukan oleh pemula tanpa harus membuat situs web online shop, di antaranya ialah sebagai berikut.

a. Bisnis dropship

Tidak jauh berbeda dengan toko online lainnya, di sini juga akan terjadi transaksi jual-beli. Pemilik online shop bisa menawarkan dagangan yang diperoleh dari supplier melalui akun sosial media Facebook, Instagram, LINE, dan masih banyak lagi.

b. Trade situs forum

Kaskus adalah contoh situs forum yang paling terkenal dan banyak media-media terkemuka yang menyediakan forum dengan kategori jual-beli, seperti Kompas, Detik, dan sebagainya.

c. Marketplace 

Bukalapak merupakan salah satu pasar online (online marketplace) terkemuka di Indonesia (biasa dikenal juga dengan jaringan toko online). Siapa saja bisa daftar dan membuka akun di sana untuk menawarkan dagangan secara online.

Beberapa contoh di atas adalah cara yang mudah dilakukan untuk memulai bisnis toko online meskipun tidak memiliki situs web sendiri dan tentunya akan lebih tepat bagi Anda yang masih pemula.

Melihat tingkat kesibukan masyarakat sekarang ini mereka ingin memperoleh sesuatu yang cepat dan praktis. Belanja secara online bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa menghabiskan banyak waktu. Apalagi, padatnya jalan raya seringkali yang menjadi penghambat dan terbuangnya energi dengan sia-sia.

Berikutnya adalah peluang bisnis bagus di tahun 2018 yang masih memanfaatkan teknologi internet dan memiliki prospek sangat menjanjikan untuk ditekuni ialah program afiliasi. Menjalankan sistem afiliasi raih penghasilan dari internet hingga jutaan per hari.

Bisnis affiliate marketing memang masih belum begitu populer di Indonesia meskipun bagi beberapa bloger sudah banyak yang merasakan nikmatnya penghasilan dari bisnis internet yang satu ini.

Beberapa jenis bisnis afiliasi yang paling umum dilakukan oleh para internet marketer di antaranya ialah sebagai berikut.

a. Afiliasi Amazon

Salah satu yang paling terkenal di dunia dan sangat potensial bisa menghasilkan keuntungan sangat besar apabila Anda memiliki web berbahasa Inggris dan bisa membuat ulasan mengenai produk yang dijual oleh Amazon.

b. Afiliasi Lazada

Adalah sistem affiliate marketing lokal yang jangkauan pasarnya masih terbatas untuk pengunjung web Indonesia meskipun peluang penghasilannya tidak sefantastis Amazon, Clickbank, dan lain sebagainya. 

c. CPA (cost per action) 

Untuk yang satu ini lebih menggiurkan lagi karena pada umumnya pihak pengiklan berani membayar sangat mahal untuk satu action yang berhasil Anda pasarkan.

Dari ketiga contoh bisnis internet tanpa modal tersebut hanya membutuhkan keahlian anda dalam melakukan review atau mengulas sebuah produk dengan harapan ada konsumen yang tertarik kemudian terjadi transaksi.

Untuk setiap transaksi yang terjadi, Anda akan memperoleh komisi dari pemilik produk yang Anda pasarkan dengan nilai yang berbeda-beda.

Tetapi, yang paling direkomendasikan apabila Anda ingin mendapatkan uang dari internet dan telah menguasi sedikit teknik pemasaran secara online ialah mencoba program CPA. Pada bisnis CPA ini Anda akan dibayar jika berhasil mengajak calon konsumen untuk melakukan aksi terhadap link yang Anda rekomendasikan. Bentuk aksi yang dibayar mulai dari tahap registrasi, memasukkan data, hingga terjadinya deal atau validasi yang mana semua akan diperhitungkan dan ada komisinya dari pihak pengiklan.

Program CPA lokal ini adalah accesstrade yang merupakan perusahaan dari Jepang, tetapi sudah hadir di Indonesia sejak 2013 dan telah menjadi pilihan para internet marketing sebagai lahan bisnis online yang paling menjanjikan.

2. Blogger dan Youtubers yang akan menguasai dunia informasi dan hiburan di zaman internet

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan berita bahwa ada seseorang yang bisa menghasilkan uang dari internet hingga ratusan juta rupiah.

Ini memang bukan berita bohong karena di zaman teknologi internet seperti sekarang ini siapa pun bisa mengekspresikan dirinya dengan beragam kreativitas yang dimiliki sehingga dapat menjadikan sumber penghasilan.

Kita seharusnya menyadari bahwa saat ini media hiburan dan informasi sudah tidak lagi tergantung dengan radio, televisi, majalah maupun koran.

Dengan gadget hp, tablet, laptop yang hampir semua orang sudah memilikinya, mereka bisa memperoleh informasi dan hiburan di mana saja dan kapan saja selagi bisa terhubung dengan jaringan internet.

Kalaupun Anda tahu, banyak informasi yang tersebar di internet merupakan hasil aktivitas seorang blogger dan beragam video hiburan yang disediakan oleh situs YouTube ialah karya para Youtubers.

a. Blogger (web blog developer)

Mereka adalah seseorang yang membangun situs web atau blog dengan terus menyediakan beragam info yang sekiranya banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

b. Youtubers

Seseorang yang mengunggah video di situs YouTube dan menuangkan kreativitasnya berupa media visual audio video.

Dari mana penghasilan blogger dan Youtubers?

Mereka akan terus berusaha menyediakan konten yang dapat menarik perhatian banyak pengunjung dan pemirsa. Jika informasi dan hiburan tersebut memiliki kunjungan melimpah, selayaknya media konvensional yang memperoleh penghasilan dari iklan, demikian juga bagi blogger dan Youtubers.

Di sebuah situs web maupun video YouTube yang Anda temui di internet, tidak jarang terdapat iklan yang tampil di sana. Dari situlah mereka memperoleh penghasilan uang.

Semakin banyak pengunjung atau pemirsa yang didapat, peluang meraup penghasilan hingga jutaan per bulan tidak akan sulit untuk didapatkan.

Sekali lagi Anda perhatikan, mulai anak SD hingga mereka yang sudah dewasa saat ini menggunakan gadget untuk mendukung aktivitasnya. Apapun info atau hiburan yang ingin mereka dapatkan cukup dengan mencarinya menggunakan internet.

Masyarakat sekarang sudah mulai meninggalkan media konvensional seperti TV, radio, dan media cetak lainnya. Mereka mau yang lebih praktis dan efisien tanpa harus banyak menyita waktu karena semua penjuru dunia sudah ada di genggaman.

3. Online Service (Bisnis jasa dan layanan secara online)

Pilihan peluang usaha terbaru yang akan booming di 2018 berikutnya adalah bisnis jasa dan layanan yang dikemas dalam media online dan menggunakan jaringan internet.

Beberapa contoh bisnis layanan yang saat ini sudah mulai mengembangkan sayapnya dengan memanfaatkan fitur teknologi jaringan internet, di antaranya ialah sebagai berikut.

a. Transportasi dan booking secara online

Sudah tidak bisa dihindari bahwa bisnis digital yang satu ini dinilai menjadi solusi dalam membantu masyarakat untuk menembus kemacetan kota-kota besar Indonesia seperti sekarang ini. Membandingkan dengan transportasi konvensional, transportasi online lebih disukai konsumen karena kemudahannya.

Sistem transportasi online cukup mudah dipesan hanya dengan satu sentuhan pada aplikasi smartphone, selain konsumen yang merasa lebih nyaman dalam perjalanan karena informasi rute dan data pengemudi dapat diperoleh dengan jelas.

Hal yang tidak kalah menariknya, penghasilan pengemudi Uber di kota-kota besar yang sudah padat dengan tingkat kesibukan yang tinggi bisa mencapai Rp500 ribu per hari. Sangat fantastis bukan? Demikian pula dengan bisnis reservasi atau booking hotel, tiket, maupun delivery barang lainnya yang sudah cukup mudah diakses tanpa beranjak dari tempat Anda berada. 

Sementara kunci kesuksesan dari bisnis digital transportasi online terletak pada kemudahan konsumen dan pelayanan yang memuaskan.

b. Digital Agency sebagai partner para pelaku bisnis online

Untuk menjangkau target market secara online diperlukan strategi khusus bagi suatu merek atau brand dan tentunya dibutuhkan waktu yang panjang untuk dapat melakukannya. Di sinilah digital agency bisa menjadi solusi tepat dalam pemasaran.

Ada beragam solusi yang dapat dikejakan oleh digital agency sebagai strategi pemasaran produk agar konsumen dapat terus menjangkaunya salah satunya dengan mengoptimalkan fitur sosial media. Bisnis ini memiliki peluang cukup baik bahkan untuk tahun 2018 bisa jadi akan berkembang lebih dahsyat dari tahun tahun yang lalu.

Sebenarnya, masih sangat luas lagi peluang usaha jangka panjang yang menjanjikan serta cukup potensial dan bisa menjadi solusi bisnis digital di tahun 2018 apabila Anda terus mengikuti perkembangan teknologi internet dengan totalitas. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: