Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kini, Masyarakat Kalimantan Bisa Nikmati LSP PLN

Kini, Masyarakat Kalimantan Bisa Nikmati LSP PLN Kredit Foto: Andi Aliev
Warta Ekonomi, Balikpapan -

PLN Kalimantan kini memperkenalkan Layanan Satu Pintu (LSP) guna mempermudah masyarakat dalam memperoleh listrik. Sebelumnya LSP diimplementasikan di Pulau Jawa dan Sumatera

Inovasi layanan PLN kepada masyarakat diluncurkan Direktur Bisnis PLN Regional Kalimantan, Machnizon, mengatakan bahwa LSP merupakan reformasi pelayanan dalam program Ease of Getting Electricity atau kemudahan mendapatkan listrik yang merupakan integrasi dari 3 layanan, yaitu wujud sinergi antara Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Lembaga Inspeksi Teknik (LIT) dan PLN. LIT merupakan salah satu perusahaan jasa penyedia sertifikasi untuk menerbitkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) bagi pelanggan.

“Ini merupakan wujud kerjasama PLN bersama dengan pemerintah dimana tujuannya memberikan kemudahan kepada konsumen dan calon konsumen dalam proses pasang baru/ tambah daya sekaligus pengurusan SLO. Semua layanan ini dilaksanakan satu pintu," jelasnya, Selasa (10/4/2018).

Dengan layanan ini konsumen yang ingin pasang baru atau tambah daya prosedurnya menjadi lebih praktis dan tidak rumit. ”Tentunya hal ini merupakan bentuk dukungan PLN untuk meningkatkan kemudahan berbisnis dan berinvestasi. Harapannya, masyarakat semakin dimudahkan dalam mendapatkan listrik sehingga keluhan-keluhan terkait prosedur dan lama pelayanan semakin berkurang," tandas Machnizon.

Wanhar, Kasubdit Kelaikan Teknik dan Keselamatan Ketenagalistrikan menjelaskan bahwa program LSP dilatar belakangi oleh keinginan pemerintah untuk memperbaiki peringkat kemudahan berinvestasi atau berbisnis di Indonesia.

“Pada 2016, Indonesia menduduki peringkat 106 kemudian naik menjadi 91 pada 2017 dan kali ini berhasil menepati peringkat 72. Setiap tahun bank dunia melaksanakan survey terhadap 10 indikator kemudahan berbisnis di Indonesia. Salah 1 dari 10 katergori tersebut adalah Getting Electricity atau kemudahan mendapatkan listrik,” jelas Wanhar. 

Pada tahap awal, program LSP ini diimplementasikan pada konsumen Bisnis dan Industri Daya 100-200 KVA, selanjutnya program ini akan diberlakukan pada seluruh konsumen tegangan rendah (TR).

“Kelebihan Layanan Satu Pintu antara lain Konsumen cukup melakukan 1 (satu) kali permohonan untuk sambungan listrik  dan sertifikasi IML (Instalasi Milik Langganan) atau dapat disebut sebagai instalasi milik konsumen. Kedua Konsumen cukup mendapatkan 1 nomor kode booking  untuk pembayaran biaya penyambungan (BP), Jaminan Langganan (UJL) dan Biaya SLO. Dam ketiga Konsumen juga dapat memperoleh keringanan Biaya Penyambungan melalui metode angsuran,” bebernya.

Kemudahan layanan, dapat dilakukan dengan registrasi permohonan melalui PLN123, Web PLN maupun kantor pelayanan PLN terdekat. Setelah itu, pelanggan dapat memilih LIT tegangan rendah (TR) sebagai lembaga untuk mengurus SLOnya. Setelah memilih, pelanggan kemudian akan mendapatkan kode booking sebagai referensi untuk melakukan pembayaran pada Payment Point Online Bank (PPOB). Kode booking tersebut akan diteruskan kepada LIT-TR dan Ditjen Gatrik untuk ditindaklanjuti proses sertifikasi instalasi listrik milik pelanggan, paralel dengan pembangunan jaringan listrik PLN.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Andi Aliev
Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: