Portal Berita Ekonomi Senin, 23 April 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 07:13 WIB. BTPN - BTPN mencatat pertumbuhan laba bersih sebesar 12% menjadi Rp535 miliar pada kuartal I-2018.
  • 07:12 WIB. REI - REI menargetkan transaksi Rp5 triliun dari pameran properti REI Mega Expo 2018.
  • 07:10 WIB. BRI - Aset BRI Syariah tumbuh 21,84% di kuartal I 2018.
  • 07:09 WIB. BUMN - Kementerian BUMN terus koordinasi soal holding keuangan.
  • 07:08 WIB. IHSG - Indosurya Sekuritas memprediksikan IHSG akan bergerak menguat di level 6.171-6.389 pada hari ini.
  • 07:05 WIB. IHSG - Binaartha memperkirakan IHSG akan melanjutkan pelemahan dalam perdagangan di awal pekan ini.
  • 07:04 WIB. IHSG - Reliance Sekuritas memperkirakan indeks akan bergerak menguat terbatas dalam sesi dagang hari ini.
  • 07:03 WIB. Bank MNC - Bank MNC berencana untuk mengakuisisi salah satu bank yang masuk kategori BUKU I maupun BUKU II.
  • 07:02 WIB. BUMN - Perusahaan BUMN didorong manfaatkan instrumen SBP untuk danai proyek pembangunan.
  • 20:54 WIB. New York - Menteri Luar Negeri Turki tiba di New York untuk KTT perdamaian PBB.
  • 20:53 WIB. PBB - Lembaga HAM desak PBB terus awasi tindakan pasukan Israel di Gaza.
  • 20:52 WIB. Turki - Erdogan sebut Donald Trump adalah ancaman terbesar Turki.
  • 20:51 WIB. Palestina - Otoritas Malaysia lakukan upaya autopsi jenazah ilmuwan asal Palestina.
  • 20:51 WIB. Hamas - Otoritas Israel bantah dalangi pembunuhan ilmuwan Palestina di Malaysia.
  • 20:49 WIB. Israel - Uni Eropa: Investigasi terhadap Israel perlu dilakukan.

Produk Baru Jadi Merek Populer 2018

Foto Berita Produk Baru Jadi Merek Populer 2018
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Ajang penghargaan merek-merek populer kembali digelar. Indonesia Popular Brand Award (IDPBA) 2018 merupakan ajang ke 8 di tahun ke 4 yang digelar oleh TRAS N CO Indonesia, infobrand.id, dan IMFocus. Penghargaan yang digelar sejak tahun 2015 ini dari tahun ke tahun mengalami perubahan aktivitas digital branding dari merek-merek yang disurvey. 

Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia sekaligus penggagas Indonesia Digital Popular Brand Award 2018, Tri Raharjo mengungkapkan dinamisnya dunia digital saat ini menuntut para pemasar digital untuk cepat beradaptasi, berbenah diri, kreatif mengolah konten dan konsisten berkomunikasi melalui sarana digital. Hal ini seiring dengan data yang dirilis oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang menunjukkan  pengguna internet sebesar 54,68% dari total populasi Indonesia yang mencapai 262 juta orang atau 143,26 juta di tahun 2017.

Dengan data itu, merek-merek yang tidak mampu melakukan hal tersebut, menurut hasil riset yang kami lakukan, popularitas mereka akan tergusur oleh merek lain. Bahkan brand multinasional sekalipun. Namun kami optimis, mayoritas merek telah berbenah diri dan beradptasi dengan dunia digital. 

“Artinya, digitalisasi saat ini mau tidak mau akan menjadi fokus bagi brand-brand untuk berlomba-lomba meraih kepercayaan netizen,” ujar Tri Raharjo.  

Indonesia Digital Popular Brand Award merupakan sebuah penghargaan bergengsi bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brand-nya melalui media digital atau internet sehingga unggul dan popular dibandingkan brand lainnya. Selain itu, Indonesia Digital Popular Brand Award juga merupakan suara netizen dalam mencari, membicarakan, simbol popularitas dan kepercayaan dalam memilih merek

Metodologi riset yang dilakukan, Alex Iskandar, CEO IMFocus, melakukan survey terhadap lebih dari 1.000 brand yang dilekukan sejak bulan Desember 2017 hingga Februari 2018. Survey dilakukan melalui data engine ketiga yang bersifat independen, credible dan accountable dengan menggunakan tiga parameter penilaian, yakni Social Media Based, Website Based, dan Search Engine Based. 

Yang menarik dan berbeda dari tahun sebelumnya, survey kali ini juga menambahkan dua penilaian baru yakni youtube untuk menggantikan twitter. Dan traffic pada penilaian website based, dimana pada tahun lalu tidak ada penilaian traffic pada website. Menurut Alex, youtube saat ini menjadi media search engine terbanyak kedua setelah youtube. Dimana orang menggunakan media ini untuk melihat review berbagai macam produk. 

“Kami juga melihat orang lebih suka melihat video, sementara twitter dan media sosial lainnya saat ini lebih banyak untuk keperluan politik, bukan bisnis,” ujar Alex. 

Adapun peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2018 adalah sebagai berikut, Bank BCA (Kategori Produk Deposito, Kartu Kredit, Kartu Repaid, Call Center Bank, Internet Banking, Mobile Banking), SHARP (Kategori TV LED, AC, Mesin Cuci, Vacuum Cleaner, Mesin Fax), Tata Motors (Kategori Truck & Bus), Marcks (Kategori Bedak Muka Tabur), Salicyl (Kategori Bedak Kesehatan), NusaBoard (Kategori Atap Fiber Cement, Calcium Cilicate Board), Citicon (Kategori Bata/Beton Ringan). 

LGS (Kategori Celana Dalam Pria), KalsiBoard (Kategori Calcium Cilicate Board), Emco (Kategori Cat Kayu Dan Besi), Grand Elephant (Kategori Bata/Beton Ringan), IDEALIFE (Kategori Obat Nyamuk Elektrik), Relaxa (Kategori Permen Mint), Fastron (Kategori Oli Mobil), NIS (Kategori Regulator Tabung Gas), Carvil (Kategori Sandal), OBH Combi (Kategori Obat Batuk), Onda ( Kategori Kran Air), Campina (Kategori Es Krim).

Rucika (Kategori Pipa Air PVC), BNI Taplus (Kategori Produk Tabungan), Fiesta (Kategori Stik Kentang Siap Goreng, Bakso Kemasan Siap Masak), BNI Syariah (Kategori Tabungan Syariah), Prudential (Kategori Perusahaan Asuransi, Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan), Good Day (Kategori Kopi Instan), Kapal Api (Kategori Kopi Bubuk), Citilink (Kategori Low Cost Carrier), Bank BTN (Kategori KPR), Terminix (Kategori Pembasmi Hama), Bodrex (Kategori Obat Sakit Kepala), Bodrex Flu Dan Batuk (Kategori Obat Flu), Hemaviton (Kategori Multivitamin), Revlon (Kategori Maskara, Foundation, Eyeliner). 

“Beberapa produk baru dalam penghargaan kali ini seperti LGS kategori celana dalam pria, Tata Motors untuk truck dan bus, dan NusaBoard untuk atap fiber cement dan calcium cilicate board,” beber Tri Raharjo.

Tag: Tras N Co Research, TRAS N CO Indonesia

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Vicky Fadil

Foto: TRAS N CO Indonesia

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,696.31 3,659.41
British Pound GBP 1.00 19,128.17 18,933.64
China Yuan CNY 1.00 2,184.84 2,163.09
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,863.00 13,725.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,792.35 10,678.05
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,768.01 1,750.35
Dolar Singapura SGD 1.00 10,519.01 10,406.40
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,058.42 16,887.24
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,539.19 3,501.28
Yen Jepang JPY 100.00 12,991.28 12,855.94

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6337.695 -18.206 575
2 Agriculture 1721.541 -3.312 19
3 Mining 1958.128 -0.646 44
4 Basic Industry and Chemicals 794.507 -3.199 70
5 Miscellanous Industry 1293.151 -17.847 44
6 Consumer Goods 2633.301 -33.845 45
7 Cons., Property & Real Estate 510.814 0.450 65
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1076.189 -0.378 64
9 Finance 1148.751 1.106 90
10 Trade & Service 942.468 5.729 134
No Code Prev Close Change %
1 INPS 2,430 3,030 600 24.69
2 RELI 330 400 70 21.21
3 IBST 7,200 8,600 1,400 19.44
4 TRIL 83 99 16 19.28
5 PDES 1,125 1,320 195 17.33
6 AKPI 750 850 100 13.33
7 YPAS 795 900 105 13.21
8 CENT 110 124 14 12.73
9 KICI 198 218 20 10.10
10 GEMA 1,245 1,350 105 8.43
No Code Prev Close Change %
1 TIFA 266 212 -54 -20.30
2 PBSA 1,280 1,080 -200 -15.62
3 TRUS 250 218 -32 -12.80
4 INAI 490 434 -56 -11.43
5 BINA 775 705 -70 -9.03
6 FINN 145 132 -13 -8.97
7 ABBA 74 68 -6 -8.11
8 ALMI 324 298 -26 -8.02
9 DPNS 458 424 -34 -7.42
10 GOLD 472 440 -32 -6.78
No Code Prev Close Change %
1 TIFA 266 212 -54 -20.30
2 SRIL 356 356 0 0.00
3 MNCN 1,405 1,445 40 2.85
4 BHIT 106 110 4 3.77
5 HELI 300 280 -20 -6.67
6 PGAS 2,190 2,320 130 5.94
7 BMTR 565 580 15 2.65
8 IKAI 610 615 5 0.82
9 CENT 110 124 14 12.73
10 TRIL 83 99 16 19.28