Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Produk Baru Jadi Merek Populer 2018

Produk Baru Jadi Merek Populer 2018 Kredit Foto: TRAS N CO Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ajang penghargaan merek-merek populer kembali digelar. Indonesia Popular Brand Award (IDPBA) 2018 merupakan ajang ke 8 di tahun ke 4 yang digelar oleh TRAS N CO Indonesia, infobrand.id, dan IMFocus. Penghargaan yang digelar sejak tahun 2015 ini dari tahun ke tahun mengalami perubahan aktivitas digital branding dari merek-merek yang disurvey. 

Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia sekaligus penggagas Indonesia Digital Popular Brand Award 2018, Tri Raharjo mengungkapkan dinamisnya dunia digital saat ini menuntut para pemasar digital untuk cepat beradaptasi, berbenah diri, kreatif mengolah konten dan konsisten berkomunikasi melalui sarana digital. Hal ini seiring dengan data yang dirilis oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang menunjukkan  pengguna internet sebesar 54,68% dari total populasi Indonesia yang mencapai 262 juta orang atau 143,26 juta di tahun 2017.

Dengan data itu, merek-merek yang tidak mampu melakukan hal tersebut, menurut hasil riset yang kami lakukan, popularitas mereka akan tergusur oleh merek lain. Bahkan brand multinasional sekalipun. Namun kami optimis, mayoritas merek telah berbenah diri dan beradptasi dengan dunia digital. 

“Artinya, digitalisasi saat ini mau tidak mau akan menjadi fokus bagi brand-brand untuk berlomba-lomba meraih kepercayaan netizen,” ujar Tri Raharjo.  

Indonesia Digital Popular Brand Award merupakan sebuah penghargaan bergengsi bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brand-nya melalui media digital atau internet sehingga unggul dan popular dibandingkan brand lainnya. Selain itu, Indonesia Digital Popular Brand Award juga merupakan suara netizen dalam mencari, membicarakan, simbol popularitas dan kepercayaan dalam memilih merek

Metodologi riset yang dilakukan, Alex Iskandar, CEO IMFocus, melakukan survey terhadap lebih dari 1.000 brand yang dilekukan sejak bulan Desember 2017 hingga Februari 2018. Survey dilakukan melalui data engine ketiga yang bersifat independen, credible dan accountable dengan menggunakan tiga parameter penilaian, yakni Social Media Based, Website Based, dan Search Engine Based. 

Yang menarik dan berbeda dari tahun sebelumnya, survey kali ini juga menambahkan dua penilaian baru yakni youtube untuk menggantikan twitter. Dan traffic pada penilaian website based, dimana pada tahun lalu tidak ada penilaian traffic pada website. Menurut Alex, youtube saat ini menjadi media search engine terbanyak kedua setelah youtube. Dimana orang menggunakan media ini untuk melihat review berbagai macam produk. 

“Kami juga melihat orang lebih suka melihat video, sementara twitter dan media sosial lainnya saat ini lebih banyak untuk keperluan politik, bukan bisnis,” ujar Alex. 

Adapun peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2018 adalah sebagai berikut, Bank BCA (Kategori Produk Deposito, Kartu Kredit, Kartu Repaid, Call Center Bank, Internet Banking, Mobile Banking), SHARP (Kategori TV LED, AC, Mesin Cuci, Vacuum Cleaner, Mesin Fax), Tata Motors (Kategori Truck & Bus), Marcks (Kategori Bedak Muka Tabur), Salicyl (Kategori Bedak Kesehatan), NusaBoard (Kategori Atap Fiber Cement, Calcium Cilicate Board), Citicon (Kategori Bata/Beton Ringan). 

LGS (Kategori Celana Dalam Pria), KalsiBoard (Kategori Calcium Cilicate Board), Emco (Kategori Cat Kayu Dan Besi), Grand Elephant (Kategori Bata/Beton Ringan), IDEALIFE (Kategori Obat Nyamuk Elektrik), Relaxa (Kategori Permen Mint), Fastron (Kategori Oli Mobil), NIS (Kategori Regulator Tabung Gas), Carvil (Kategori Sandal), OBH Combi (Kategori Obat Batuk), Onda ( Kategori Kran Air), Campina (Kategori Es Krim).

Rucika (Kategori Pipa Air PVC), BNI Taplus (Kategori Produk Tabungan), Fiesta (Kategori Stik Kentang Siap Goreng, Bakso Kemasan Siap Masak), BNI Syariah (Kategori Tabungan Syariah), Prudential (Kategori Perusahaan Asuransi, Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan), Good Day (Kategori Kopi Instan), Kapal Api (Kategori Kopi Bubuk), Citilink (Kategori Low Cost Carrier), Bank BTN (Kategori KPR), Terminix (Kategori Pembasmi Hama), Bodrex (Kategori Obat Sakit Kepala), Bodrex Flu Dan Batuk (Kategori Obat Flu), Hemaviton (Kategori Multivitamin), Revlon (Kategori Maskara, Foundation, Eyeliner). 

“Beberapa produk baru dalam penghargaan kali ini seperti LGS kategori celana dalam pria, Tata Motors untuk truck dan bus, dan NusaBoard untuk atap fiber cement dan calcium cilicate board,” beber Tri Raharjo.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: