Portal Berita Ekonomi Rabu, 16 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 11:01 WIB. Pertamina - Pertamina melaksanakan lifting perdana crude oil bagian PT CPI di Blok Rokan.
  • 10:58 WIB. JNE - JNE menaikkan tarif ongkir dengan kenaikan rata-rata sebesar 20%.
  • 10:58 WIB. PGN - PGN akan menyalurkan gas bumi untuk salah satu pelanggan industri di Lampung.
  • 10:25 WIB. Diskon - Jelang tutup bisnis, Central Neo Soho adakan dskon besar-besaran hingga 90%. 
  • 10:24 WIB. Retail - Central Department Store di Neo Soho Mall akan ditutup pada 18/02/2019 mendatang. 
  • 08:59 WIB. IHSG - Naik lagi, IHSG dibuka menguat 0,13% ke level 6.417,13 di awal perdagangan, Rabu (16/01/2019).
  • 08:36 WIB. ULN - BI: Total utang Indonesia baik utang pemerintah maupun swasta mencapai US$372,9 miliar.
  • 08:35 WIB. Citilink - Akhir Januari, Citilink akan hapus layanan bagasi gratis.
  • 08:35 WIB. BNI - Kuartal II 2019 BNI berencana menerbitkan surat utang hingga Rp8 triliun.
  • 08:10 WIB. PTBA - PTBA membidik penjualan batu bara pada tahun ini mencapai 24 juta-26 juta ton.
  • 08:07 WIB. Mandiri - Mandiri menargetkan punya 50.000 agen Laku Pandai di 2019.
  • 08:06 WIB. BNI - Kinerja saham BNI tercatat menguat 2,27% sepanjang tahun berjalan 2019.
  • 07:49 WIB. Himbara - Himbara memasang target pertumbuhan bisnis yang lebih moderat pada 2019.
  • 07:48 WIB. PLN - PLN akan memfasilitasi 9 pengembangan listrik swasta dalam proyek energi terbarukan.
  • 07:43 WIB. UMKM - Posisi pembiayaan UMKM ekspor sebesar 15.900 dengan penjaminan sebesar Rp310 miliar.

Produk Baru Jadi Merek Populer 2018

Foto Berita Produk Baru Jadi Merek Populer 2018
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Ajang penghargaan merek-merek populer kembali digelar. Indonesia Popular Brand Award (IDPBA) 2018 merupakan ajang ke 8 di tahun ke 4 yang digelar oleh TRAS N CO Indonesia, infobrand.id, dan IMFocus. Penghargaan yang digelar sejak tahun 2015 ini dari tahun ke tahun mengalami perubahan aktivitas digital branding dari merek-merek yang disurvey. 

Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia sekaligus penggagas Indonesia Digital Popular Brand Award 2018, Tri Raharjo mengungkapkan dinamisnya dunia digital saat ini menuntut para pemasar digital untuk cepat beradaptasi, berbenah diri, kreatif mengolah konten dan konsisten berkomunikasi melalui sarana digital. Hal ini seiring dengan data yang dirilis oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang menunjukkan  pengguna internet sebesar 54,68% dari total populasi Indonesia yang mencapai 262 juta orang atau 143,26 juta di tahun 2017.

Dengan data itu, merek-merek yang tidak mampu melakukan hal tersebut, menurut hasil riset yang kami lakukan, popularitas mereka akan tergusur oleh merek lain. Bahkan brand multinasional sekalipun. Namun kami optimis, mayoritas merek telah berbenah diri dan beradptasi dengan dunia digital. 

“Artinya, digitalisasi saat ini mau tidak mau akan menjadi fokus bagi brand-brand untuk berlomba-lomba meraih kepercayaan netizen,” ujar Tri Raharjo.  

Indonesia Digital Popular Brand Award merupakan sebuah penghargaan bergengsi bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brand-nya melalui media digital atau internet sehingga unggul dan popular dibandingkan brand lainnya. Selain itu, Indonesia Digital Popular Brand Award juga merupakan suara netizen dalam mencari, membicarakan, simbol popularitas dan kepercayaan dalam memilih merek

Metodologi riset yang dilakukan, Alex Iskandar, CEO IMFocus, melakukan survey terhadap lebih dari 1.000 brand yang dilekukan sejak bulan Desember 2017 hingga Februari 2018. Survey dilakukan melalui data engine ketiga yang bersifat independen, credible dan accountable dengan menggunakan tiga parameter penilaian, yakni Social Media Based, Website Based, dan Search Engine Based. 

Yang menarik dan berbeda dari tahun sebelumnya, survey kali ini juga menambahkan dua penilaian baru yakni youtube untuk menggantikan twitter. Dan traffic pada penilaian website based, dimana pada tahun lalu tidak ada penilaian traffic pada website. Menurut Alex, youtube saat ini menjadi media search engine terbanyak kedua setelah youtube. Dimana orang menggunakan media ini untuk melihat review berbagai macam produk. 

“Kami juga melihat orang lebih suka melihat video, sementara twitter dan media sosial lainnya saat ini lebih banyak untuk keperluan politik, bukan bisnis,” ujar Alex. 

Adapun peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2018 adalah sebagai berikut, Bank BCA (Kategori Produk Deposito, Kartu Kredit, Kartu Repaid, Call Center Bank, Internet Banking, Mobile Banking), SHARP (Kategori TV LED, AC, Mesin Cuci, Vacuum Cleaner, Mesin Fax), Tata Motors (Kategori Truck & Bus), Marcks (Kategori Bedak Muka Tabur), Salicyl (Kategori Bedak Kesehatan), NusaBoard (Kategori Atap Fiber Cement, Calcium Cilicate Board), Citicon (Kategori Bata/Beton Ringan). 

LGS (Kategori Celana Dalam Pria), KalsiBoard (Kategori Calcium Cilicate Board), Emco (Kategori Cat Kayu Dan Besi), Grand Elephant (Kategori Bata/Beton Ringan), IDEALIFE (Kategori Obat Nyamuk Elektrik), Relaxa (Kategori Permen Mint), Fastron (Kategori Oli Mobil), NIS (Kategori Regulator Tabung Gas), Carvil (Kategori Sandal), OBH Combi (Kategori Obat Batuk), Onda ( Kategori Kran Air), Campina (Kategori Es Krim).

Rucika (Kategori Pipa Air PVC), BNI Taplus (Kategori Produk Tabungan), Fiesta (Kategori Stik Kentang Siap Goreng, Bakso Kemasan Siap Masak), BNI Syariah (Kategori Tabungan Syariah), Prudential (Kategori Perusahaan Asuransi, Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan), Good Day (Kategori Kopi Instan), Kapal Api (Kategori Kopi Bubuk), Citilink (Kategori Low Cost Carrier), Bank BTN (Kategori KPR), Terminix (Kategori Pembasmi Hama), Bodrex (Kategori Obat Sakit Kepala), Bodrex Flu Dan Batuk (Kategori Obat Flu), Hemaviton (Kategori Multivitamin), Revlon (Kategori Maskara, Foundation, Eyeliner). 

“Beberapa produk baru dalam penghargaan kali ini seperti LGS kategori celana dalam pria, Tata Motors untuk truck dan bus, dan NusaBoard untuk atap fiber cement dan calcium cilicate board,” beber Tri Raharjo.

Tag: Tras N Co Research, TRAS N CO Indonesia

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Vicky Fadil

Foto: TRAS N CO Indonesia

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6408.784 72.668 625
2 Agriculture 1585.036 -7.210 21
3 Mining 1844.340 15.139 47
4 Basic Industry and Chemicals 895.845 21.295 71
5 Miscellanous Industry 1394.631 2.064 46
6 Consumer Goods 2652.095 37.658 51
7 Cons., Property & Real Estate 480.742 8.835 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1130.455 19.871 71
9 Finance 1213.694 9.336 91
10 Trade & Service 786.524 2.437 153
No Code Prev Close Change %
1 TIRA 186 250 64 34.41
2 INPP 525 650 125 23.81
3 LPCK 1,900 2,340 440 23.16
4 OCAP 268 330 62 23.13
5 MLPL 84 99 15 17.86
6 MTSM 177 206 29 16.38
7 SDMU 55 62 7 12.73
8 UNIT 240 268 28 11.67
9 IMAS 2,560 2,840 280 10.94
10 HDFA 158 174 16 10.13
No Code Prev Close Change %
1 ARTA 1,310 1,000 -310 -23.66
2 ABDA 5,600 4,480 -1,120 -20.00
3 BEEF 318 268 -50 -15.72
4 TFCO 765 665 -100 -13.07
5 KICI 290 260 -30 -10.34
6 SKBM 560 510 -50 -8.93
7 TPMA 242 222 -20 -8.26
8 POLI 1,575 1,445 -130 -8.25
9 INTD 175 161 -14 -8.00
10 RIGS 228 210 -18 -7.89
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 348 342 -6 -1.72
2 INPC 74 79 5 6.76
3 UNTR 26,000 25,600 -400 -1.54
4 WSKT 1,975 2,090 115 5.82
5 TRAM 182 190 8 4.40
6 ASII 8,150 8,150 0 0.00
7 PTSN 1,630 1,520 -110 -6.75
8 TLKM 3,850 3,930 80 2.08
9 KPAS 220 222 2 0.91
10 BBRI 3,790 3,780 -10 -0.26