Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertumbuhan Kredit Diperkirakan Lebih Kuat di Triwulan II 2018

Pertumbuhan Kredit Diperkirakan Lebih Kuat di Triwulan II 2018 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Hasil Survei Perbankan yang dilakukan Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan kredit baru pada triwulan II 2018 secara triwulanan (qtq) akan lebih baik dibandingkan sebelumnya. Pada triwulan I 2018 tercatat Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pertumbuhan kredit baru sebesar 75,9%, lebih rendah dari 94,3% pada triwulan sebelumnya.

"Pertumbuhan triwulanan (qtq) kredit baru diperkirakan menguat pada triwulan II 2018 sebagaimana terindikasi dari SBT sebesar 93,1%," tulis BI dalam laporannya di Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Menguatnya pertumbuhan kredit didukung oleh kebijakan penyaluran kredit yang lebih longgar, terutama pada aspek suku bunga kredit yang lebih rendah dan biaya persetujuan kredit yang lebih murah.

"Penurunan suku bunga kredit diperkirakan terjadi pada kredit modal kerja sebesar 3 bps menjadi 11,78% dan suku bunga kredit konsumsi turun 8 bps menjadi 14,50," ungkap BI.

Hasil Survei Perbankan juga mengindikasikan tetap kuatnya optimisme terhadap peningkatan pertumbuhan kredit tahun 2018. Optimisme tersebut didukung oleh perkiraan kondisi ekonomi tahun 2018 yang lebih baik dari tahun sebelumnya, penurunan suku bunga kredit, dan penurunan risiko penyaluran kredit.

Untuk keseluruhan tahun 2018, pertumbuhan kredit diperkirakan mencapai 11,7% (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan realisasi pertumbuhan kredit tahun 2017 sebesar 8,2% (yoy).

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: