Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi: Perizinan Terintegrasi Meluncur Mei 2018

Jokowi: Perizinan Terintegrasi Meluncur Mei 2018 Kredit Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan investasi dan ekspor adalah kunci utama untuk memajukan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah akan terus mendorong kemudahan berinvestasi terutama yang berorientasi ekspor.

Kemudahan itu ditandai dengan akan diluncurkannya sistem perizinan terintegrasi atau online single submission (OSS) pada Mei 2018 nanti. Sistem ini diyakini bisa mempercepat dan memangkas rantai birokrasi.

"Dalam bulan Mei ini kita akan mengeluarkan yang namanya Online Single Submission yang sedang disiapkan sistemnya sehingga nantinya pengurusan izin itu menjadi bukan bertahun-tahun, berbulan-bulan, atau berhari-hari," kata Jokowi di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Dengan sistem ini, Jokowi menargetkan pengurusan izin investasi tidak akan berbulan-bulan, tapi akan hitungan jam.

"Saya sudah minta urusan izin itu kalau menyampaikan ke saya harus dalam sistem yang jam. Artinya, pelaku usaha kalau mengurus izin itu harus jam, bukan hari lagi," tambahnya.

Tidak hanya dari sisi waktu, OSS juga bisa melacak perizinan yang sedang diproses, dengan begitu bisa diketahui proes perizinan tersebut terkendala di mana.

"Dari pusat sampai ke daerah, bisa kita trace, kita telusuri di mana berhentinya, di mana mandegnya. Ini merupakan lompatan dalam pengurusan perizinan yang sedang disiapkan," ujarnya.

Jokowi menyampaikan bahwa di tahun 2017 yang lalu ekspor tumbuh 16,2% dengan surplus perdagangan mencapai US$11,8 miliar.

"Tapi, kita terus akan mendorong agar lebih tinggi lagi dan bisa melompat lebih maju lagi," pungkas Jokowi.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: