Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pelindo III Raih Gold Winner di Ajang Revolusi Mental Award 2018

Pelindo III Raih Gold Winner di Ajang Revolusi Mental Award 2018 Kredit Foto: Pelindo III
Warta Ekonomi, Surabaya -

PT Pelindo III kembali meraih kado manis sebagai perusahaan negara di bidang jasa pelabuhan berinovasi untuk mengubah stigma pelabuhan dari semula berantakan menjadi tertib dan modern. 

Perusahaan plat merah ini maraih penghargaan Gold Winner diajang Revolusi Mental Award 2018 katagori BUMN Indonesia Terbaik dalam usaha yang telah menjalankan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) 

"Pelindo III merasa terhormat atas penghargaan BUMN Indonesia Tertib Terbaik yang menjadi apresiasi pada upaya kami mengubah citra pelabuhan untuk menjadi pelabuhan modern yang tertib, sejalan dengan Gerakan Nasional Revolusi Mental yang didorong oleh pemerintah," tegas Corporate Representative Pelindo III Sugiono di Surabaya. Kamis (26/4/2018).

Sugiono juga mengungkapkan, salah satu inovasi maritim yang dilakukan Pelindo III yaitu menghadirkan Surabaya North Quay (SNQ) pada gedung terminal penumpang kapal laut, Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak. 

"Pelindo III mengoptimalkan pemanfaatan infrastruktur logistik untuk ruang publik. SNQ menjadi destinasi maritim yang membawa warga Surabaya menjadi bagian dari komunitas maritim dunia karena bisa berinteraksi dengan turis mancanegara saat ada cruise internasional sandar. Meski ada destinasi wisata, berbagai pengaturan dilakukan agar pelabuhan tetap tertib," ungkapnya.

Ia melanjutkan, inovasi teknologi dengan penerapan Internet of Things (IoT) memegang peranan penting dalam transformasi proses bisnis dan operasional agar lebih tertib. Kini rapat koordinasi perencanaan jasa sandar kapal di Pelabuhan Tanjung Perak sudah dapat dilakukan secara online. Digitalisasi juga masuk pada bisnis medis, di anak perusahaan Pelindo III, RS PHC Surabaya yang kini sudah meluncurkan aplikasi RS PHC Care untuk mempermudah customer mendapatkan layanan dan informasi. Beberapa fitur yang tersedia yaitu pendaftaran pasien baru, pendaftaran rawat jalan, jadwal praktek dokter, fasilitas, alamat, dan lainnya.

Terpisah, Human Capital and General Affair Director Pelindo III, Toto Heli Yanto, mengatakan, hal utama dari upaya mengubah citra pelabuhan yang tertib yaitu internalisasi budaya tertib pada para karyawan. 

"Karena karyawan merupakan modal terpenting dari organisasi. Salah satu fokus transformasi Pelindo III selain aspek process dan technology, ialah faktor people atau SDM (sumber daya manusia)," katanya.

Toto Heli Yanto mengatakan bahwa berbagai inovasi perubahan dilakukan dengan lebih populer untuk menyesuaikan dengan karakteristik mayoritas karyawan yang berusia muda. 

"Agar proses internalisasi kebiasaan positif dapat berjalan efektif mendorong transformasi Pelindo III untuk menjadi perusahaan maritim global," pungkasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Ali Topan
Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: