Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Empat BUMN Ini Ditugaskan Selesai Bangun Pelabuhan pada 2019

Empat BUMN Ini Ditugaskan Selesai Bangun Pelabuhan pada 2019 Kredit Foto: Mochamad Ali Topan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menugaskan empat perusahaan BUMN untuk membangun dan mengembangkan sarana pelabuhan dari kawasan barat hingga Timur Indonesia.

Keempat BUMN tersebut yakni PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), dan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero).

"Kementerian BUMN terus berkomitmen untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo," kata Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN, Ahmad Bambang, melalui keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (28/4/2018).

Ahmad Bambang mengatakan seluruh pembangunan pelabuhan tersebut ditargetkan selesai pada 2019 demi terciptanya konektivitas antarwilayah di Tanah Air dan mewujudkan program tol laut yang dicanangkan pemerintah.

Selain bisa menjadi alat pemersatu, lanjut dia, terciptanya konektivitas juga akan memberi dampak yang sangat positif bagi perekonomian. Biaya logistik bisa turun dan berdampak pada penurunan harga-harga komoditas.

Adapun detail proyek yang dikerjakan BUMN pelabuhan tersebut, PT Pelindo I mendapat bagian membangun Terminal Petikemas Tanjung Pinang yang akan memiliki kapasitas 80 ribu TEUs; Terminal Multi Purpose Kuala Tanjung yang akan memiliki kapasitas 700 ribu TEUs; Terminal Petikemas Belawan fase II yang akan memiliki kapasitas 3 juta TEUs; dan Terminal Petikemas Sibolga yang akan memiliki 50 ribu TEUs. Semua proyek tersebut dijadwalkan akan rampung pada 2018.

Sementara itu, PT Pelindo II atau Indonesia Port Corporation (IPC) membangun Terminal Kijang Pontianak yang akan memiliki kapasitas 1,5 juta TEUs yang dijadwalkan selesai pada 2019. Adapula Pelabuhan Sorong di Papua yang saat ini masih dalam proses uji kelayakan.

Kemudian, PT Pelindo III menggarap proyek Terminal Petikemas Teluk Lamong akan memiliki kapasitas 1,5 juta TEUs; Pembangunan Pelabuhan Benoa untuk Kapal Pesiar (5.000 penumpang); pembangunan Pelabuhan dan Terminal Petikemas Gilimas, Lombok, yang akan memiliki kapasitas 1juta TEUs + 5000 pax Cruise yang ditargetkan selesai pada Mei 2019.

Pelindo III juga telah menyelesaikan pembangunan Terminal Petikemas yang sudah operasi pada 2017 dengan kapasitas 500-750 ribu TEUs. Pelabuhan tersebut, yakni Maumere, Waingapu, Kalabahi dan Kupang.

Pelindo IV akan menggarap proyek Makassar New Port dan Pelabuan Bitung. Proyek pengembangan Makassar New Port sendiri ditargetkan akan rampung pada 2019. (FNH/Ant)

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: