Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkes Targetkan Bebas Endemis Malaria pada 2020

Menkes Targetkan Bebas Endemis Malaria pada 2020 Kredit Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek, menargetkan daerah tinggi malaria bebas endemis tahun 2020 dengan pengendalian malaria menuju eliminasi.

"Kita berharap ke depan tidak ada lagi korban jiwa akibat penyakit malaria," kata Menkes di Pandeglang, Minggu (29/4/2018).

Selama ini, daerah endemis penyakit malaria di Indonesia cukup tinggi hingga terdapat 10,7 juta jiwa. Penyebaran malaria di daerah endemis tertinggi tersebar di Provinsi Papua, Papua Barat, dan NTT.

Pada 2017, kata dia, tercatat 514 kabupaten/kota sebanyak 266 atau 52% bebas malaria; 172 kabupaten/kota 33% endemis rendah; 37 kabupaten/kota 7% endemi menengah; 39 kabupaten/kota 8% endemis tinggi.

Pemerintah menargetkan tidak ada lagi daerah tinggi malaria di 2020. Pada 2025 semua kabupaten/kota mencapai eliminasi; 2027 semua provinsi mencapai elminisasi; 2030 Indonesia mencapai eliminasi.

Eliminasi malaria untuk menghentikan penularan dalam satu wilayah geograpi tertentu. Saat ini, kasus malaria terjadi menimpa masyarakat karena masih ditemukan nyamuk malaria. Karena itu, pencegahan penyakit malaria tentu perlu kewaspadaan petugas kesehatan, pemerintah, dan masyarakat.

"Kami bekerja keras agar malaria itu mencapai eliminasi," katanya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ratih Rahayu

Bagikan Artikel: