Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Angkat Pamor UMKM, Go-Food Festival Digelar Setahun di GBK

Angkat Pamor UMKM, Go-Food Festival Digelar Setahun di GBK Kredit Foto: Go-Food
Warta Ekonomi, Jakarta -

GBK Go-Food Festival yang diadakan selama setahun di Gelora Bung Karno diklaim membantu UMKM kuliner dari berbagai kota di Indonesia meningkatkan skala bisnisnya. Acara ini akan digelar serentak di 11 kota dari tanggal 5 hingga 13 Mei 2018.

Dalam pembukaan GBK Go-Food Festival di kawasan Gelora Bung Karno, CEO dan Founder Go-Jek Nadiem Makarim, mengatakan, Go-Food bisa menjadi agregator kuliner terbesar di Indonesia berkat pengusaha UMKM kuliner yang bermitra dengan Go-Jek.

"Ini saatnya kami membantu mereka supaya bisa berkembang lebih besar lagi. Karena itu, kami menggelar Hari Kuliner Nasional Go-Food dan juga menghadirkan Go-Food Festival," kata Nadiem di Jakarta, Sabtu (5/5/2018).

Nadiem menuturkan dengan membantu UMKM untuk lebih berkembang, Go-Jek bisa semakin memberikan dampak positif kepada ekonomi Indonesia. Karena UMKM sendiri tulang punggung perekonomian Indonesia dan terbukti tahan krisis.

Data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyebutkan, 98% perusahaan yang ada di Indonesia masuk kategori UMKM. Usaha kuliner termasuk salah satu sektor UMKM yang paling berkembang. Hasil survei Badan Ekonomi Kreatif (2018) mengungkapkan usaha kuliner termasuk penyumbang utama PDB dari sektor ekonomi kreatif.

Nadiem menambahkan, alasan dipilihnya Jakarta untuk lokasi Go-Food Festival terbesar karena DKI Jakarta merupakan hub di mana beragam tradisi dan kebudayaan dari seluruh Indonesia berkumpul, termasuk kuliner.

"Kami ingin dampak positif keberhasilan kami membantu UMKM di Jakarta bisa kami tularkan ke kota-kota lain. Selain itu, kami ingin para merchant-merchant yang berasal dari daerah bisa membuka cabang di Ibu Kota dan menjadi semakin dikenal oleh masyarakat luas," terangnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Chief Commercial Expansion Go-Jek Catherine Hindra S. menambahkan, mengadopsi kesuksesan Go-Food Festival yang telah digelar di sembilan lokasi lain, Go-Food ingin merangkul lebih banyak lagi pelaku UMKM kuliner terutama dari daerah untuk bisa membuka cabang dan meningkatkan skala bisnisnya.

"Pada tahap awal, sudah ada UMKM dari 14 kota di Indonesia yang bergabung di GBK Go-FOood Festival, dari Indonesia barat sampai ke timur," ujarnya.

GBK Go-Food Festival menggunakan konsep food court atau pujasera (pusat jajanan serba ada) di mana para pengusaha UMKM dapat menawarkan produk kulinernya.

"Yang berbeda dengan konsep food court pada umumnya, para pengusaha tidak perlu menyiapkan dana besar di muka untuk biaya sewa booth dan jasa pelayan. Kami juga akan menyiapkan seluruh kebutuhan peralatan masak yang biasanya juga cukup mahal bagi para pebisnis mikro," ujar Catherine.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: